Resmi Jadi Tersangka Kasus Suap, Azis Syamsuddin Mengundurkan Diri sebagai Wakil Ketua DPR RI

Wakil Ketua DPR RI Fraksi Partai Golkar Azis Syamsuddin ditetapkan sebagai tersangka kasus suap penanganan perkara di Kabupaten Lampung Tengah


zoom-inlihat foto
Wakil-Ketua-DPR-Azis-Syamsuddin-usai-memenuhi-panggilan-KPK.jpg
KOMPAS.com/IRFAN KAMIL
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin usai memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (9/6/2021).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Penetapan tersangka kepada Azis Syamsuddin menambah daftar panjang para politisi yang terlibat dalam kasus suap.

Buntut dari kasusnya itu, Azis Syamsuddin pun mengundurkan diri dari jabatannya, yakni Wakil Ketua DPR RI Fraksi Partai Golkar.

Pengunduran diri tersebut ia sampaikan melalui surat resmi kepada DPP Partai Golkar dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir pun menjelaskan hal itu ke hadapan publik.

"Partai Golkar dengan ini memberitahukan bahwa saudara Azis Syamsuddin telah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 kepada DPP Partai Golkar dan Ketua Umum DPP Partai Golkar," jelas Adies Kadir melalui pernyataan resmi DPP Partai Golkar di Kantor Fraksi Partai Golkar, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip dari Tribunnews.com, Sabtu (25/9/2021).

Adies Kadir pernah menjadi anggota DPRD Surabaya pada tahun 2009-2014. Ia juga menduduki kursi anggota DPR RI fraksi Partai Golkar periode 2019-2024.
Adies Kadir pernah menjadi anggota DPRD Surabaya pada tahun 2009-2014. Ia juga menduduki kursi anggota DPR RI fraksi Partai Golkar periode 2019-2024. (fraksigolkar.or.id)


Baca: Azis Syamsuddin

Baca: Adies Kadir

Dalam kesempatan yang sama, Adies Kadir mengungkapkan, untuk pengganti Azis Syamsuddin akan dibahas secara internal melalui mekanisme DPP Golkar.

"Terkait dengan penggantinya, Partai Golkar akan memproses dalam waktu dekat," imbuhnya.

Seperti diketahui, Azis Syamsuddin resmi ditetapkan sebagai tersangka atas kasus suap pengangan perkara di Kabupaten Lampung Tengah.

Namun, Azis sempat 3 kali mangkir dari panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupdi (KPK) karena terpapar COVID-19.

Sayangnya, hal itu hanya alasan semata.

Karena setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kesehatan Azis, ia dinyatakan negatif COVID-19.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Azis Syamsuddin tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Jumat (24/9/2021) sekira pukul 19.53 WIB.
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Azis Syamsuddin tiba di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Jumat (24/9/2021) sekira pukul 19.53 WIB. (Tribunnews.com/ Ilham Rian Pratama)

Baca: Azis Syamsuddin Dijemput Paksa KPK, Wakil Ketua MKD: Ini Diluar Dugaan Kami

Baca: Azis Syamsudin Dikabarkan Jadi Tersangka, Sufmi Dasco: Mari Menganut Asas Praduga Tak Bersalah

Sehingga pada hari ini, Sabtu (25/9/2021), Azis Syamsuddin dibawa ke Gedung Merah Putik KPK yang ada di Jakarta Selatan.

KPK akan mengorek informasi dari Azis Syamsuddin terkait kasus suap penanganan perkara di Kabupaten Lampung Tengah tersebut.

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/PUAN)

Baca selengkapnya soal KKB di sini

 











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved