Howard Schultz

Howard Schultz merupakan seorang pengusaha dan penulis yang dikenal sebagai pemilik, ketua dan CEO Starbucks Coffee Company.


zoom-inlihat foto
Howard-Schultz.jpg
youtube.com
Howard Schultz

Howard Schultz merupakan seorang pengusaha dan penulis yang dikenal sebagai pemilik, ketua dan CEO Starbucks Coffee Company.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Howard Mark Schultz adalah seorang pengusaha, penulis dan pernah menjabat sebagai ketua dan CEO Starbucks Coffee Company.

Starbucks Coffee Company didirikan oleh Jerry Baldwin, Gordon Baker dan Zev Siegl dan Howard Schultz adalah seorang karyawan yang akhirnya bisa menjadi pemilik perusahaan tersebut.

Pada Oktober 2020, Howard masuk dalam daftar ke-209 sebagai orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan total kekayaan 4,3 milyar dollar.

  • Kehidupan Pribadi


Howard Schultz lahir pada 19 Juli 1953 di Brooklyn, New York, Amerika Serikat dari pasangan Fred Schultz, supri truk dan mantan polisi Angkatan Darat AS dan Elaine. (1)

Howard dibesarkan bersama saudara-saudaranya di Canarsie Bayview Houses dari New York City Housing Authority.

Baca: Starbucks

Keluarganya miskin, dan saat usia 12 tahun Howard bekerja sebagai loper koran serta penjaga toko pada usia 16 tahun. 

Howard bersekolah di Canarsie High School, dia unggul dalam olahraga dan saat lulus pada 1971, dianugerahi beasiswa atletik ke Universitas Michigan Utara.

Howard menjadi orang pertama di keluarganya yang kuliah, akhirnya dia berhasil lulus dan menerima gelar sarjana di bidang Komunikasi pada tahun 1975.

Pada tahun 1982, Schultz menikahi Sheri Kersch, mereka memiliki dua anak dan tinggal di lingkungan Madison Park di Seattle , setelah sebelumnya tinggal di dekat Madrona.

Baca: Kopi Guatemala

  • Karier


Setelah Howard Schultz lulus, dia bekerja untuk Xerox Corporation, dan segera dipromosikan sebagai Sales Manager. (2)

Kemudian, Howard bekerja sebagai produsen mesin pembuat kopi dari sebuah perusahaan Swedia, Hammarplast, pada tahun 1979.

Pada tahun 1981, Howard mengunjungi kedai biji kopi yang berbasis di Seattle bernama Starbucks Coffee Company.

Starbucks sering memesan begitu banyak benda khusus pembuat kopi dari Hammerplast di tempat Schultz bekerja.

Baca: Kedai Ragusa Es Italia

Starbucks merupakan sebuah perusahaan kopi dan kedai kopi di Seattle, Washington yang didirikan oleh tiga orang guru, Jerry Baldwin, Zev Siegl dan Gordon Bowker.

Schultz mencoba kopi buatan Starbucks dan dia sangat menyukai cita rasa kopi tersebut dan menurutnya adalah kopi terenak di dunia.

Pada tahun 1982, akhirnya Howard Schultz bergabung dengan Starbucks sebagai Manager Retail Operations and Marketing

Pada tahun 1983, Schultz dalam perjalanan ke Milan, Italia, untuk berbelanja kopi, dia memerhatikan kedai kopi dengan konsep Café di Italia.

Sekembalinya, Howard membujuk pemilik Starbucks untuk membuat cafe agar lebih berhasil dan mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi Starbucks.

Baca: Kedai Kopi Es Tak Kie

Jerry Baldwin, pendiri Starbucks menolak ide tersebut, lalu Schultz meninggalkan Starbucks pada tahun 1985 untuk memulai bisnisnya sendiri. 

Pada 1986, Howard membuka kedai kopi di Seattle bernama “Il Giornale” dan kedai kopi tersebut sangat laris.

Pada tahun 1987, perusahaan dan kedai kopi Starbucks akan dijual dan Howard membelinya dengan pinjaman kredit dan akhirnya dia menjadi pemilik tunggal Starbucks.

Howard Schultz membuat konsep baru untuk kedai kopi Starbucks dengan memberikan materi latihan untuk para staffnya dan menjadi kunci sukses kedai kopi tersebut.

Pada tahun 1992, Howard berhasil membuka kedai kopi Starbucks di New England, Boston, Chicago, dan California.

Baca: Bong Kopitown Jogja

Starbucks juga menjadi perusahaan publik, dan memasang saham Starbucks di New York Stock Exchange.

Pada tahun 1996, Howard membuka cabang Starbucks di Jepang, Singapura, Korea, Taiwan, Inggris, Belanda, Swedia dan Israel.

Howard Schultz berhasil membuka 2.400 cabang Starbucks di Amerika Serikat dan 350 cabang di seluruh Eropa dan Asia pada April 2000.

Pada tahun 2000, Howard mengundurkan diri sebagai CEO Starbucks tetapi masih menjadi anggota dewan dan fokus pada ekspansi usaha. 

Howard Schultz membeli NBA Seatlle, Supersonic atau tim bola basket terkenal di Seattle dan menyerahkan posisi CEO kepada Orin C. Smith.

Baca: Warung Kopi Klotok

Namun, pada 2008, Howard kembali memimpin perusahaan saat terjadi krisis ekonomi dan dia akhirnya menutup 900 café.

Howard Schultz menangani krisis yang terjadi di Starbucks, dengan memecat beberapa eksekutif, menutup ratusan kedai, dan kembali melatih para karyawannya membuat espresso. (3)

Pada Desember 2016, Howard kembali mengundurkan diri dari CEO Starbucks setelah berhasil menangani berbagai krisis yang terjadi.

Howard Schultz berhasil meningkatkan Starbucks dari 11 kedai kopi di Seattle menjadi 28.000 kedai kopi di 77 negara.

Pada 4 Juni 2018, Schultz mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari manajemen aktif Starbucks, setelah 37 tahun berhasil membuat Starbucks dikenal di seluruh dunia.

Baca: Solo Kopi

Pada awal 2019, Schultz merilis kelas online yang membahas topik kepemimpinan bisnis yang dibahas dalam bukunya di platform MasterClass.

Pada 2019, Howard menerbitkan buku keempatnya, “From the Ground Up: A Journey to Reimagine the Promise of America”.

(TribunnewsWiki.com/Mirta)



Info Pribadi Howard Schultz
Pendidikan Universitas Michigan Utara
Kelahiran Brooklyn, 19 Juli 1953
Karier Pengusaha, Penulis
   


Sumber :


1. www.biografiku.com
2. www.infobiografi.com
3. en.wikipedia.org








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Kakak Korban Pembunuhan di Subang

    Meski belum terungkap dalang dibalik kasus pembunuhan ibu
  • Ratusan Siswa SMPN di Purbalingga

    Ratusan siswa SMPN di Mrebet, Purbalingga, terkonfirmasi positif
Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved