Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri merupakan kawasan taman nasional dengan ekosistem asli berbagai flora dan fauna yang dilindungi.


zoom-inlihat foto
Taman-Nasional-Meru-Betiri.jpg
wongjember.com
Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri merupakan kawasan taman nasional dengan ekosistem asli berbagai flora dan fauna yang dilindungi.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Taman Nasional Meru Betiri adalah kawasan pelestarian alam yang juga menjadi kawasan hutan lindung dengan berbagai jenis fauna dan flora endemic.

Taman Nasional Meru Betiri mempunyai ekosistem asli yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budaya, pariwisata dan rekreasi.

Taman Nasional Meru Betiri atau TNMB memiliki luas sekitar 58.000 hektar yang termasuk dalam bekas lahan perkebunan, hutan lindung dan kawasan pesisir pantai selatan Pulau Jawa.

meru betiri
Mobil khusus yang melaju melewati sungai dan dapat ditumpangi oleh para pengunjung Taman Nasional Meru Betiri

  • Sejarah


Sejak tahun 1931, Pemerintah Hindia Belanda sudah mengelola dan menjadikan Taman Nasional Meru Betiri sebagai kawasan hutan lindung. (1)

Kemudian, pada 1972 Kementerian Pertanian menetapkan Taman Nasional Meru Betiri sebagai suaka margasatwa untuk harimau Jawa.

Baca: Taman Nasional Lore Lindu

Pada tahun 1997, Kawasan tersebut resmi ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh Kementerian Kehutanan dengan hanya mengambil kawasan hutan.

  • Kegiatan Wisata


Para pengunjung dapat merasakan petualangan di kawasan hutan yang masih terjaga kelestariannya di Taman Nasional Meru Betiri. (2)

Terdapat mobil khusus yang dapat ditumpangi oleh para pengunjung, yang membawa mengelilingi hutan dan melaju di sebuah sungai.

Baca: Taman Nasional Lorentz

Di Taman Nasional ini pengunjung juga dapat menemukan berbagai tanaman langka, seperti Bunga Padmosia (Rafflesia zollingeriana Kds.) dan Glintungan (Bischofia javanica).

Berbagai fauna langka yang dilindungi juga dapat ditemukan di TNMB ini seperti, Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Macan Tutul (Panthera pardus) dan Banteng (Bos javanicus).

Pihak pengelola dan masyarakat juga bekerjasama dalam pelestarian Penyu Hijau (Chelonia mydas) yang ada di kawasan pantai di Taman Nasional Meru Betiri.

Penyu adalah satwa khas Meru Betiri, selain penyu hijau terdapat juga jenis penyu lain seperti penyu belimbing, penyu lekang dan penyu sisik di penangkaran Pantai Sukamade, ujung timur TNMB.

Baca: Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Meru Betiri juga mempunyai berbagai tempat yang dapat dikunjungi seperti, Pantai Rajegwesi, Pantai Batu, Teluk Hijau, dan Goa Jepang.

  • Lokasi


Taman Nasional Meru Betiri berlokasi di Kecamatan Pasanggaran, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember, Jawa Timur. (3)

Taman Nasional Meru Betiri berada di antara dua kabupaten, akses yang dapat ditempuh yaitu melalui Banyuwangi dengan waktu tempuh 4 jam dan Jember, waktu tempuh 2 jam.

Baca: Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Biaya masuk di Taman Nasional Meru Betiri yaitu Rp 5.000 – Rp 7.500 per orang, buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB. (TribunnewsWiki.com/Mirta)



Lokasi Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember
Retribusi Rp 5.000 - Rp 7.500
Google Map https://goo.gl/maps/RD2a3guACeJUXeU88
   


Sumber :


1. merubetiri.id
2. www.banyuwangibagus.com
3. www.nativeindonesia.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Bawa Bukti Foto CCTV Ditendang

    Kuasa hukum Ijonk menjelaskan bahwa dalam tindak KDRT
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved