Usamah bin Ladin (Osama bin Laden)

Usamah bin Muhammad bin Awwad bin Ladin atau sering dipanggil Usamah bin Ladin (Osama bin Laden) merupakan pendiri Al Qaeda yang bertanggung jawab atas peristiwa 11 September 2001.


zoom-inlihat foto
Usamah-bin-Ladin-Osama-bin-Laden-pada-tahun-2001.jpg
Wikipedia
Usamah bin Muhammad bin Awwad bin Ladin atau sering dipanggil Usamah bin Ladin (Osama bin Laden) merupakan pendiri Al Qaeda yang bertanggung jawab atas peristiwa 11 September 2001.

Usamah bin Muhammad bin Awwad bin Ladin atau sering dipanggil Usamah bin Ladin (Osama bin Laden) merupakan pendiri Al Qaeda yang bertanggung jawab atas peristiwa 11 September 2001.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Usamah bin Muhammad bin Awwad bin Ladin atau sering dipanggil Usamah bin Ladin (Osama bin Laden) merupakan pendiri Al Qaeda yang bertanggung jawab atas peristiwa 11 September 2001.

Usamah dilahirkan di Jeddah, Arab Saudi, kawasan pantai Laut Merah pada 10 Maret 1957.

Usamah merupakan anak ke-17 dari 52 bersaudara, dan putra dari Muhammad bin Ladin, seorang petani dari Yaman yang kemudian bermigrasi ke Arab Saudi setelah Perang Dunia II.

Pada 1 Mei 2011, pasukan Amerika membunuh Osama bin Laden, di kompleksnya di dekat Islamabad, Pakistan.

Para pejabat intelijen percaya bahwa Usamah merupakan pihak yang bertanggung jawab atas banyakanya tindakan terorisme yang mematikan, seperti pengeboman Kedutaan Besar AS di Kenya dan Tanzani.

Tak hanya itu, dia juga berada di daftar "paling dicari" FBI selama lebih dari satu dekade, lantaran tragedi 11 September 2001 yang dilakukan terhadap Pentagon dan World Trade Center (WTC). (1) (2)

Osama Bin Laden, pimpinan organisasi Al Qaeda
Osama Bin Laden, pimpinan organisasi Al Qaeda (Tribun Manado - Tribunnews.com)

Baca: Monumen Perang Dunia II

Baca: Federal Bureau of Investigation (FBI)

  • Masa Muda


Ketika berusia remaja, Usamah bin Ladin telah bergabung dengan gerakan ultra konservatif, yakni sebuah gerakan politik dalam agama Islam yang sebagian mengadopsi pemahaman Salafy.

Usamah juga pernah masuk ke dalam dinas kepolisian yang menegakkan hukum-hukum syariah.

Usamah menempuh pendidikannya di Universitas King Abdul Aziz di Jeddah, di mana ia berguru pada salah satu guru yakni Sheikh Abdullah Azzam.

Sheikh Abdullah Azzam ini yang kemudian diketahui sebagai tokoh utama yang memainkan peran memobilisasi dukungan bangsa Arab bagi kaum Mujahidin yang berperang melawan pendudukan Uni Soviet atas Afganistan.

Osama bin Laden kemudian berhasil menyelesaikan studinya dengan gelar sarjana pada tahun 1979 dalam bidang Ekonomi dan Manajemen. (1)

Baca: Al Qaeda

Baca: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mujahidin Tolitoli (STIE Mujahidin)

  • Politik Ekstrem


Berdasarkan catatan biografi tokoh dunia, dijelaskan bahwa Osama menggunakan Islam dengan pemahaman yang ekstrem sebagai landasan beragama dan keyakinan politiknya.

Ketika berada di bangku perkuliahan pada akhir 1970-an, ia menjadi pengikut yang percaya bahwa semua Muslim harus bangkit dalam perang ekstrem, untuk menciptakan satu negara Islam.

Gagasan itu menarik bagi anak muda seperti Osama bin Laden, yang membenci apa yang dilihatnya sebagai pengaruh Barat yang tumbuh di kehidupan Timur Tengah.

Pada tahun 1979, pasukan Soviet menginvasi Afghanistan, sehingga Osma bin Laden pergi ke Peshawar, sebuah kota Pakistan yang berbatasan dengan Afghanistan, untuk bergabung dengan gerakan perlawanan.

Ia juga mendorong para pemuda agar datang dari seluruh Timur Tengah untuk menjadi bagian dari perang Afghanistan.

Kemudian muncullah organisasi yang disebut Maktab al-Khidamat (MAK), yang berfungsi sebagai jaringan rekrutmen global dan memberikan pelatihan kepada para tentara migran, yang dikenal sebagai "Arab Afghanistan".

Selain itu, disebutkan bahwa Osama bin Laden bersama rekan-rekannya kemungkinan merupakan kelompok yang mempraktikkan pan-Islamisme. (2)

  • Al-Qaeda


Pada tahun 1988, Osama bin Laden membentuk sebuah kelompok yang disebut Al-Qaeda, yang fungsinya lebih berfokus pada tindakan simbolis terorisme dari pada kampanye militer.

Setelah Soviet menarik diri dari Afghanistan pada 1989, Osama bin Laden kembali ke Arab Saudi untuk meningkatkan penggalangan dana dalam misi baru yang lebih kompleks.

Tetapi, keluarga kerajaan Saudi yang relatif pro-Barat khawatir bahwa retorika pan-Islamis bin Laden yang berapi-api bisa mengakibatkan masalah di kerajaan, sehingga, mereka berusaha membuatnya diam sebisa mungkin.

Upaya yang dilakukan pihak kerajaan Saudi yakni dengan mengambil paspornya dan menolak tawarannya, mengirim “orang Arab Afghanistan” untuk menjaga perbatasan setelah Irak menginvasi Kuwait pada 1990.

Kemudian, Saudi justru meminta bantuan Amerika Serikat, yang sangat bertentangan dengan Osama bin Laden.

Mengetahui hal itu, Osama merasa dihina dan bersumpah untuk membentuk Al-Qaeda menjadi "penguasa dunia" suatu hari.

Pada wwal tahun berikutnya, Osama bin Laden bertolak dari Arab Saudi menuju Sudan yang mempunyai basis kelompok yang lebih militan.

Setelah satu tahun mempersiapkan kembali, Al-Qaeda akhirnya melakukan penyerangan untuk pertama kalinya dengan meledakkan bom di sebuah hotel di Aden, Yaman, yang menampung pasukan Amerika dalam perjalanan ke misi penjaga perdamaian di Somalia.

Akan tetapi, tidak ada orang Amerika yang tewas dalam ledakan tersebut. (2)

Baca: Arab Saudi

Baca: Hari Ini Dalam Sejarah: 7 Oktober 2001 Awal Serangan AS ke Afganistan

  • Gerakan Militan


Usamah bin Ladin bersama rekan-rekannya secara esktrem mendorong gerakan militan dengan sungguh-sungguh.

Salah satunya, mereka melatih dan mempersenjatai pemberontak Somalia hingga membunuh 18 prajurit Amerika di Mogadishu pada 1993.

Selain itu, mereka juga yang bertanggung jawab terhadap pengeboman World Trade Center di New York pada tahun 1993.

Pada tahun 1995, mereka juga melancarkan aksi percobaan pembunuhan terhadap presiden Mesir Hosni Mubarek.

Masih di tahun yang sama, mereka melakukan pengeboman di pusat pelatihan Pengawal Nasional AS di Riyadh.

Pada 1996, mereka terlibat pula sebagai otak di balik bom truk yang menghancurkan Menara Khobar, sebuah kediaman militer Amerika di Dharan. (2)

Baca: Al-Baghdadi Meledakkan Dirinya, Pentagon Rilis Foto & Video Penyerbuan Tentara AS ke Markas ISIS

Baca: Hari ini dalam Sejarah: 3 November 2014, One World Trade Center Resmi Dibuka

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Nama Usamah bin Muhammad bin Awwad bin Ladin
Lahir Riyadh, Arab Saudi, 10 Maret 1957
Wafat Abbottabad, Pakistan, 2 Mei 2011
Anggota Dewan Al-Qaeda
   


Sumber :


1. id.wikipedia.org
2. internasional.kompas.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved