Percepat Vaksinasi Covid-19, Jokowi Targetkan 2 Juta Dosis Per Hari Mulai Akhir Agustus 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan penyuntikan 2 juta dosis vaksin Covid-19 dalam sehari pada akhir Agustus 2021.


zoom-inlihat foto
Petugas-medis-melakukan-vaksinasi-Covid-19-kepada-warga-Rusun-Tanah-Tinggi-Jakarta-Pusat.jpg
Tribunnews/Herudin
Petugas medis melakukan vaksinasi Covid-19 kepada warga Rusun Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Senin (14/6/2021).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan penyuntikan 2 juta dosis vaksin Covid-19 dalam sehari, dimulai akhir Agustus 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Sigit berujar bahwa target pemerintah dalam menyuntikkan vaksin Covid-19 sebanyak 1 juta sehari pada 1 Juli 2021 lalu, telah terwujud.

Hal tersebut disambut baik, sehingga Presiden Jokowi kini memasang target 2 juta dosis vaksin dalam sehari dimulai pada akhir Agustus 2021 mendatang.

Baca: Jokowi Turunkan Harga Tes PCR, Iwan Fals: Lebih Alhamdulillah Lagi Kalau Gratis Kayak Vaksin

Baca: Sertifikat Vaksin Covid-19 Belum Muncul Meski Sudah Vaksin? Ini Penyebabnya

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat menggelar konferensi pers seudai melakukan pertemuan di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2021).
Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat menggelar konferensi pers seusai melakukan pertemuan di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/1/2021). (Tribunnews/Jeprima)

“Pak Presiden berikan target bahwa di akhir bulan (Agustus) nanti tembus di angka 2 juta (dosis vaksin per hari). Tentunya ini perlu ada langkah-langkah bagaimana agar angka dicanangkan ini bisa diwujudkan," kata Listyo kepada wartawan, Rabu (18/8/2021), dikutip TribunnewsWiki dari Tribunnews.

Dengan demikian, Sigit menjelaskan bahwa pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan telah menggelorakan dan melakukan percepatan vaksinasi massal.

Lebih lanjut, Sigit menuturkan bahwa TNI dan Polri juga bergerak untuk mendukung program pemerintah terkait dengan akselerasi vaksinasi.

“Berbagai macam strategi melaksanakan vaksinasi tentunya sudah kami lakukan mulai dari gerai vaksinasi, serbuan vaksinasi TNI-Polri, vaksinasi mobile untuk sentuh wilayah tak terjangkau, dan beberapa waktu lalu pada saat ide itu saya munculkan bagaimana lakukan percepatan,” tuturnya.

Baca: Simak Cara Memperbaiki Kesalahan Data pada Sertifikat Vaksin Covid-19

Baca: Listyo Sigit Prabowo

Sigit sendiri kini bersyukur karena target dari vaksinasi merdeka di DKI Jakarta telah mencapai 100 persen untuk vaksinasi dosis pertama

Capaian tersebut sudah terjadi sejak 8 Agustus 2021.

Tercapainya target tersebut, kata Sigit, lantaran berkat adanya pengorganisasian dan kerja keras para relawan, Pemerintah Daerah (Pemda) serta elemen masyarakat yang sudah bergotong royong mengejar target dari Pemerintah terkait vaksinasi.

"Vaksinasi ini bisa dilaksanakan di level terbawah di tingkat RW, di 900 RW kalau tidak salah dibantu kekuatan 3 ribu lebih tim relawan. Sehingga kemudian capaian itu bisa tercapai,” katanya.

Hal tersebut, lanjut Sigit, harus menjadi batu lompatan untuk mengejar target Pemerintah terkait upaya proses pencapaian kekebalan komunal (herd immunity) masyarakat Indonesia sebesar 70 persen.

“Dan kegiatan ini tentunya saya perintahkan seluruh wilayah lakukan replikasi dan adopsi apa yang dilakukan Polda Metro Jaya," ujar Sigit.

Baca: Vaksin Sinovac

Baca: Vaksin AstraZeneca

Dengan demikian, lanjut Sigit, sehingga vaksinasi Pemerintah pusat yang diperkuat TNI-Polri untuk mendukung percepatan vaksinasi di daerah provinsi maupun kabupaten bisa berjalan dengan baik dan percepatan dan hasilnya betul-betul dirasakan masyarakat.

Walaupun capaian dosis pertama di DKI Jakarta sudah 100 persen, Sigit memberikan tantangan kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk merampungkan 100 persen di dosis kedua.

"Tapi masih saya tantang akhir Agustus, awal September dosis kedua 100 persen saya serukan seluruh wilayah lakukan yang sama kita bahu membahu dan kerjasama. Kemenkes, TNI, dan Polri untuk dukung kegiatan seluruh wilayah di provinsi maupun kabupaten," ungkap Sigit.

Dengan begitu, kata Sigit, upaya target Pemerintah untuk membentuk Herd Immunity dengan wujudkan vaksinasi 70 persen masyarakat Indonesia bisa tercapai.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar vaksinasi Covid-19 di sini











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Kecelakaan di Tol Cipularang, Truk

    Insiden kecelakaan terjadi di KM 91 Tol Cipularang,
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved