3,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Resmi Diterima Indonesia dari Amerika Serikat

Resmi tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (1/8/2021), Indonesia terima hibah 3,5 juta dosis vaksin Moderna dari AS.


zoom-inlihat foto
indonesia-terima-sumbangan-vaksin-dari-as-vaksin-Moderna.jpg
Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden
Menlu Retno Marsudi memberikan keterangan pers menyambut kedatangan vaksin Moderna, Kamis (15/07/2021) sore, secara virtual.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Indonesia resmi mendapat 3,5 juta dosis Vaksin Moderna dari Amerika Serikit pada Minggu (1/8/2021).

Vaksin yang diberikan itu terdiri dari vaksin jadi dan vaksin siap pakai.

Pemberian vaksin tersebut dilakukan setelah adanya kerjasama Dose-sharing dan Covax Facility.

Dengan penambahan ini, Indonesia telah menerima bantuan vaksin lebih dari 178 juta dosis, baik vaksin jadi maupun curah.

Senin ini, Indonesia juga akan mendapat hibah vaksin AstraZeneca dari Pemerintah Inggris hasil kerjasama bilateral.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kedatangan vaksin tersebut membuat jumlah vaksin yang diterima Indonesia sebesar 178.357.880 dosis.

"Dengan ketibaan vaksin Moderna 3,5 juta dosis pada hari ini, maka dalam catatan Kementerian Luar Negeri, Indonesia telah menerima 178.357.880 dosis," kata Retno dalam keterangan virtual saat kedatangan Vaksin Covid-19 Tahap 32 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu.

Seorang petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin Moderna untuk melawan COVID-19 di pusat vaksinasi di Asuncion, pada 6 Juli 2021.
Seorang petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin Moderna untuk melawan COVID-19 di pusat vaksinasi di Asuncion, pada 6 Juli 2021. (NORBERTO DUARTE / AFP)


Retno mengatakan, total jumlah vaksin yang telah diterima Indonesia tersebut terdiri dari 144.700.280 vaksin curah (bulk) dan 33.657.600 dosis vaksin jadi.

Dari COVAX Facility, kata dia, saat ini Indonesia telah menerima sebesar 19.704.960 dosis vaksin jadi secara gratis.

Termasuk di dalamnya adalah vaksin 3,5 juta dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat tersebut.

"Saya mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan kepada pemerintah Amerika Serikat atas dukungan tambahan vaksin Moderna," kata dia.

Baca: Vaksin Moderna

Baca: Indonesia Terima Banyak Donasi Vaksin Covid-19, AS Sumbang 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna

Retno menambahkan, pemerintah Indonesia akan bekerja keras mengamankan pengadaan vaksin bagi rakyat Indonesia.

Bahkan pada Agustus ini, kata dia, akan terdapat serangkaian ketibaan vaksin di Indonesia.

Salah satunya pada Senin (2/8/2021) pukul 15.40 WIB, Indonesia akan menerima 620.000 dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan dukungan kerja sama dose sharing bilateral dari pemerintah Inggris.

"Dengan terus berdatangannya vaksin dari berbagai sumber ke Indonesia, kita dapat mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat yang diharapkan dapat menekan penyebaran Covid-19 dan menekan angka hosiptalisasi," ucap dia, dikutip dari Kompas.com.

Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam Keterangan Pers Bersama menyambut kedatangan vaksin COVID-19 Moderna, Minggu (11/07/2021) secara virtual.
Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam Keterangan Pers Bersama menyambut kedatangan vaksin COVID-19 Moderna, Minggu (11/07/2021) secara virtual. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)


Targetkan 70 Persen Vaksinasi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini pemerintah terus berupaya menyelesaikan proses vaksinasi Covid-19 yang ditargetkan mencapai 70 persen dari keseluruhan penduduk Indonesia pada akhir 2021.

Jika cakupan vaksinasi telah mencapai 70 persen, menurutnya daya tular virus corona penyebab Covid-19 bisa diperlambat.

Pasalnya, dengan capaian itu kekebalan komunitas atau herd immunity sudah mulai terbentuk.

"Kita masih berproses menuju pada vaksinasi 70 persen yang kita harapkan nanti akhir tahun ini bisa kita selesaikan Insya Allah," ujar Jokowi saat menyampaikan sambutan pada penyerahan banpres produktif untuk usaha mikro dan usaha kecil yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

"Kalau sudah 70 persen paling tidak daya tular dari virus ini menjadi agak terhambat kalau sudah tercapai yang namanya kekebalan komunal atau herd immunity," lanjutnya.

Baca: Viral Antrean Vaksinasi di Batam Langgar Prokes, Ribuan Warga Saling Dorong dan Berdempetan

Baca: Vaksin Sinovac


(Tribunnewswiki.com/Rest)







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved