TKA Dilarang Masuk Indonesia per 23 Juli, hanya WNA yang Miliki Dokumen Ini yang Diterima

Pemerintah menerbitkan aturan pembatasan tenaga kerja asing (TKA). TKA tak lagi boleh masuk Indonesia per 23 Juli 2021.


zoom-inlihat foto
WNA-China-masuk-ke-indonesia-saat-larangan-mudik.jpg
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Dua dari 47 warga negara asing (WNA) asal Fouzhou, China, mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (6/5/2021).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengumumkan adanya pembatasan untuk warga asing.

Per 23 Juli 2021, tenaga kerja asing tak lagi diperbolehkan masuk ke Indonesia.

Pembatasan perluasan terhadap orang asing masuk ke Indonesia tertuang dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021.

Dalam peraturan yang resmi berlaku sejak 21 Juli 2021 ini, tenaga kerja asing (TKA) yang sebelumnya datang ke Indonesia sebagai bagian dari proyek strategis nasional, tak lagi bisa masuk tanah air.

Meskipun TKA dibatasi, pemerintah memberikan kelonggaran bagi warga asing yang memegang visa khusus.

Yasonna menjelaskan, dalam Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021, orang asing yang boleh memasuki wilayah Indonesia hanya pemegang visa diplomatik dan visa dinas.

Lalu, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap, orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, serta awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya.

Pelabuhan Rakyat Paotere, Kecamatan Ujungtanah, Makassar, Sulsel, yang diabadikan menggunakan kamera drone, Sabtu (23/1/2016). Pelabuhan yang berjarak sekitar lima kilometer dari pusat kota ini merupakan satu di antara pelabuhan rakyat warisan tempo dulu yang masih bertahan dan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14 sewaktu memberangkatkan sekitar 200 armada Perahu Phinisi ke Malaka. Sekarang ini masih dipakai sebagai tempat berlabuh kapal rakyat untuk untuk bongkar muat dan antar barang lintas pulau di Indonesia.
Pelabuhan Rakyat Paotere, Kecamatan Ujungtanah, Makassar, Sulsel, yang diabadikan menggunakan kamera drone, Sabtu (23/1/2016). Pelabuhan yang berjarak sekitar lima kilometer dari pusat kota ini merupakan satu di antara pelabuhan rakyat warisan tempo dulu yang masih bertahan dan bukti peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo sejak abad ke-14 sewaktu memberangkatkan sekitar 200 armada Perahu Phinisi ke Malaka. Sekarang ini masih dipakai sebagai tempat berlabuh kapal rakyat untuk untuk bongkar muat dan antar barang lintas pulau di Indonesia. (TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR)

"Dengan demikian, tenaga kerja asing yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga, kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia, sebagaimana diatur dalam peraturan ini,"

"Perluasan pembatasan orang asing yang masuk ke Indonesia ini dilakukan dalam rangka menekan penyebaran Covid-19," ujar Yasonna lewat keterangan tertulis, Rabu (21/7/2021).

Permenkumham ini sekaligus menggantikan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.





Halaman
123






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved