Sihar Sitorus

Dalam perjalanan kariernya, nama Sihar Sitorus juga dikenal dalam dunia olehraga. Ia pernah menjadi pimpinan klub PSMS Medan dan juga menjadi anggota Exco PSSI, Ketua Komite Kompetisi PSSI dan Wakil Ketua Staf Ahli Timnas Indonesia.


zoom-inlihat foto
Sihar-Sitorus.jpg
siharsitorus.com
Sihar Sitorus pernah mencalonkan diri menjadi Wakil Gubernur Sumatera Utara pada Pilkada 2018 bersama Djarot Saiful Hidayat, namun harus kalah dengan pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajecksyah.

Dalam perjalanan kariernya, nama Sihar Sitorus juga dikenal dalam dunia olehraga. Ia pernah menjadi pimpinan klub PSMS Medan dan juga menjadi anggota Exco PSSI, Ketua Komite Kompetisi PSSI dan Wakil Ketua Staf Ahli Timnas Indonesia.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus Pane atau secara singkat dikenal dengan nama Sihar Sitorus merupakan anggota Komisi XI DPR RI periode 2019-2024 dari Fraksi PDI Perjuangan yang dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Mahkamah Agung RI bersama 574 anggota DPR RI lainnya, Selasa 1 Oktober 2019.

Sihar terpilih sebagai anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan II Sumatera Utara yang meliputi 19 Kabupaten/Kota, 233 kecamatan, 361 desa dan jumlah DPT 3,1 jiwa (meliputi Kabupaten Samosir, Tobasa, Humbahas, Taput, Sibolga, Tapteng, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Padang Sidimpuan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Gunung Sitoli, Nias, Nias Utara, Nias Barat, dan Nias Selatan) dan meraup suara tertinggi se-Sumatera Utara (30 kursi diperebutkan sebesar 185.918 suara).

Sihar lahir di Jakarta, 12 Juli 1968, ia dikenal sebagai pengusaha di bidang perkebunan.

Ia mengawali kariernya sebagai akuntan di PT Freeport Indonesia pada tahun 1993 - 1995. (1)

Sihar Sitorus
Sihar Sitorus pernah mencalonkan diri menjadi Wakil Gubernur Sumatera Utara pada Pilkada 2018 bersama Djarot Saiful Hidayat, namun harus kalah dengan pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajecksyah.

 

  • Karier


Putra kedua pengusaha terkenal D. L. Sitorus ini memang terbilang baru pertama kali duduk sebagai Anggota DPR RI.

Namun debutnya dalam dunia politik khususnya sebagai kader PDI Perjuangan menasional setelah Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan menunjuk langsung dirinya sebaga Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018-2022 bersama Djarot Saiful Hidayat.

Hal ini sekaligus menunjukkan jati dirinya sebagai salah satu kader yang cukup diperhitungkan di PDI Perjuangan. Bahkan dalam keterangan pers di Lenteng Agung, pada 7 Januari 2018 dalam penunjukan Cagubsu dan Cawagubsu, Megawati selaku Ketum PDI-Perjuangan mengaku harus rebutan dengan Menko PMK, Puan Maharani dimana sebelumnya, Sihar merupakan tenaga ahli di kementerian tersebut.

Meski harus menerima keunggulan lawan mereka yakni Edy Rahmayadi dan Musa Rajecksyah, pasangan yang akrab dikenal DJOSS oleh pendukungnya memperoleh suara yang cukup baik yakni 2.424.960 suara atau 42,42 persen dari suara total.

Sihar selanjutnya menerima penugasan lagi oleh Ketum PDI Perjuangan untuk menjadi Calon Legislatif Anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Dapil II Sumatera Utara dengan nomor urut 2.

Pada Pemilihan Legislatif 2014, Sihar sebagai Ketua Umum Relawan Rakyat Merah Putih dipercaya menjadi juru kampanye nasional bersama 120 tokoh-tokoh PDI Perjuangan. Demikian pula saat Pilpres 2014, Sihar ditunjuk sebagai juru kampanye untuk mendulang suara kemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Badan Pemenangan Pemilu Presiden 2014 Jokowi-JK yang terdaftar di KPU mencatat Sihar menjadi Tim Ahli bersama Sukardi Rinakit, Andreas Pareira, Arie Sumarmo, Arif Budimanta, Ady Prasetyono, Heri Achmadi, Ida Fauziyah, M Prakosa, Muhtosim Arief, Musdah Mulia, Pataniari Siahaan, Rizal Sukma, Syaifullah Mashum, Sakti Wahyu Trenggono, dan Silverius Sonny.

Nama Sihar Sitorus juga bukan menjadi sosok asing dalam dunia olahraga.

Ia menjadi pengasuh beberapa klub sepakbola Medan United FC, Medan Chiefs, Pro Duta Football Club, dan Nusaina FC, dia juga pernah memimpin klub PSMS Medan.

Tak hanya itu, Sihar juga memiliki peran cukup kuat dalam tubuh organisasi induk sepakbola, ia pernah menduduki posisi sebagai anggota Exco PSSI, Ketua Komite Kompetisi PSSI dan Wakil Ketua Staf Ahli Timnas Indonesia.

Ia juga memiliki akademi sepakbola yaitu Akademi Sepakbola Medan United dan Boca Juniors Football Schools Indonesia.

Baca: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Baca: Megawati Soekarnoputri

  • Riwayat Pendidikan


SD Sekolah Dasar, Bunda Hati Kudus. Tahun: 1974 - 1980
SMP Sekolah Penengah Pertama , Bunda Hati Kudus. Tahun: 1980 - 1983
SMA IPS, SMA Pangudi Luhur. Tahun: 1984 - 1987
DIPLOMA Dipl. Bus. Programme, Strathclyde Univ. Glasgow. Tahun: 1998 -
S1 BS In Bus. Admin, University Of Arizona. Tahun: 1987 - 1991
S2 Master Of BA, Creighton University. Tahun: 1991 - 1993
S3 Doktor Of BA, Manchester Buisnees school. Tahun: 2005

  • Riwayat Pekerjaan


PT. Freeport Indonesia , Sebagai: Akuntan . Tahun: 1993 - 1995
Bidang Perkebunan

Riwayat Organisasi

PDI Perjuangan
Calon Wakil Gubrnur pada Pilgubsu 2018 dan Pileg 2019

Riwayat Pergerakan

Gerakan Anak Muda peduli Rakyat - Sekjend. Tahun: 2007 - 2009

 

(TribunnewsWiki.com/Niken Aninsi)



Nama Lengkap Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus Pane
Nama Sihar Sitorus
Lahir Jakarta, 12 Juli 1968
Riwayat Karier Anggota DPR RI (2019-2024)
Fraksi PDI Perjuangan
Dapil Sumatera Utara II








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved