Buah Duwet (Jamblang)

Buah duwet atau jamblang (Syzygium cumini) adala buah yang banyak ditemukan di Asia Selatan, seperti India, Bangladesh, Pakistan, dan Sri Lanka.


zoom-inlihat foto
Buah-Duwet2.jpg
hellosehat
Buah Duwet

Buah duwet atau jamblang (Syzygium cumini) adala buah yang banyak ditemukan di Asia Selatan, seperti India, Bangladesh, Pakistan, dan Sri Lanka.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Buah duwet atau buah jamblang (Syzygium cumini) adalah buah yang banyak ditemukan di kawasan Asia Selatan, seperti India, Bangladesh, Pakistan, dan Sri Lanka.

Tidak hanya itu, buah ini juga cukup populer pada sejumlah daerah di Indonesia.

Buah duwet juga dikenal dengan banyak nama, seperti jamblang, jambolan, plum hitam, plum jawa, hingga blackberry Indian.

Buah ini sekilas terlihat mirip dengan buah anggur hitam, tetapi sebenarnya buah duwet termasuk dalam jenis suku jambu-jambuan.

Selain dikonsumsi, buah duwet banyak digunakan dalam pengobatan herbal atau tradisional sejak dahulu.

Ada banyak penyakit yang diklaim dapat disembuhkan dengan menggunakan buah duwet, tetapi yang paling populer adalah khasiat buah ini dalam mengatasi penyakit diabetes.

Hampir semua bagian pada pohon buah duwet memiliki kandungan nutrisi dan fitokimia yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi pohon duwet paling banyak terdapat pada bagian buahnya.

Buah duwet mengandung protein, lemak, serat kasar, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, kalsium, magnesium, zat besi, dan berbagai mineral lainnya.

Buah ini juga memiliki kandungan rafinosa, glukosa, fruktosa, asam sitrat, asam galat, serta antosianin sebagai pigmen pewarna kulit buah duwet. (1)

Buah Duwet
Buah Duwet

Baca: Buah Pir

  • Kandungan Gizi


Dalam penyajian sebanyak 100 gram, berikut kandungan gizi yang ada pada buah duwet.

Air: 80,2 gram

Energi: 80 kalori

Karbohidrat: 18,2 gram

Serat: 0,9 gram

Protein: 0,5 gram

Lemak: 0,6 gram

Vitamin C: 130 miligram (2)

Baca: Buah Kawista

  • Manfaat


Meningkatkan Kinerja Saluran Kemih

Manfaat buah jamblang yang pertama adalah membantu meningkatkan kinerja saluran kemih. Manfaat ini didapatkan berkat adanya kandungan asam galat di dalam buah tersebut.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Buah jamblang memiliki kandungan glukosida. Berkat adanya senyawa tersebut, buah ini berkhasiat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka robek atau luka bakar.

Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah jamblang memiliki kandungan tanin, yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Dalam 100 gram buah jamblang terkandung 1,5-2 miligram zat besi, 16 miligram kalsium, 36 miligram magnesium, dan 16,7 miligram fosfor.

Adanya kandungan tersebut membuat buah ini mampu membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Menurunkan Risiko Anemia

Tak hanya baik untuk tulang dan gigi, kandungan zat besi di dalam buah jamblang juga dapat berperan dalam membantu proses pembentukan sel darah merah. Ini membuat terhindar dari risiko anemia atau kurang darah.

Membantu Menurunkan Gula Darah

Meskipun memiliki rasa yang manis, kandungan oleanolic di dalam buah jamblang ternyata dapat menjaga kadar gula darah agar tidak meningkat. Hal tersebut membuat buah jamblang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Membantu Memperlancar Pencernaan

Buah jamblang mengandung tinggi serat. Jika dikonsumsi secara rutin dan teratur, manfaat buah jamblang yang bisa dirasakan adalah mengatasi konstipasi atau sembelit, gangguan usus, mual, diare, dan disentri.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C di dalam buah jamblang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Karena itu, konsumsi buah ini secara rutin dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit infeksi, seperti pilek, asma, atau penyakit menular lainnya.

Menjaga Kesehatan Gusi

Buah jamblang banyak diolah untuk diambil ekstraknya, agar lebih mudah dikonsumsi. Ekstrak buah jamblang juga banyak digunakan untuk membantu mengatasi kondisi gingivitis atau radang gusi.

Memiliki Sifat Antikanker

Peneliti berpendapat bahwa kandungan fitokimia bioaktif di dalam buah jamblang, termasuk senyawa polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat antikanker dan kemo-preventif. (3)

Baca: Daun Mint (Peppermint)

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Anindya)



Nama Buah Duwet (jamblang)
Nama Latin Syzygium cumini
Suku Jambu-jambuan
   


Sumber :


1. sehatq.com
2. hellosehat.com
3. klikdokter.com






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Ramalan Zodiak Besok Selasa 27

    Berikut ini adalah ramalan zodiakmu untuk hari esok
  • Ramalan Zodiak Cinta Besok Selasa

    Berikut ramalan zodiak cinta besok Selasa 27 Juli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved