Taman Lalu Lintas Bandung

Taman Lalu Lintas atau juga bisa disebut Taman Ade Irma Suryani adalah sebuah taman rekreasi yang berlokasi di jantung kota Bandung, Jawa Barat.


zoom-inlihat foto
Taman-Lalu-Lintas-Bandung.jpg
tamanlalulintasbandung.com
Taman Lalu Lintas Bandung

Taman Lalu Lintas atau juga bisa disebut Taman Ade Irma Suryani adalah sebuah taman rekreasi yang berlokasi di jantung kota Bandung, Jawa Barat.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Taman Lalu Lintas atau juga bisa disebut Taman Ade Irma Suryani adalah sebuah taman rekreasi yang berlokasi di jantung kota Bandung, Jawa Barat.

Selain sebagai taman dan tempat bermain, Taman Lalu Lintas juga dijadikan pusat latihan membaca rambu-rambu lalu lintas.

Taman Lalu Lintas bisa diartikan sebagai sebuah taman lalu lintas atau traffic taman anak-anak di mana mereka dapat mempelajari aturan jalan.

Anak-anak dari usia minimum ( berusia 10 tahun dalam beberapa kasus ) diperbolehkan untuk menggunakan sepeda atau mobil bertenaga pedal untuk menavigasi jalan-jalan dan beroperasi sesuai dengan peraturan lalu lintas.

Biasanya pengunjung yang datang ke Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution ini adalah rombongan dari sekolah – sekolah.

Baca: Kota Mini Lembang

Baca: Kampung Daun Bandung

Warga mengisi liburan tahun baru di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, Kota Bandung, Kamis (1/1/2014). Libur Tahun Baru tempat wisata di Kota Bandung ramai dikunjungi warga hingga mengakibatkan sejumlah ruas jalan protokol di pusat kota terjadi kemacetan.
Warga mengisi liburan tahun baru di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, Kota Bandung, Kamis (1/1/2014). Libur Tahun Baru tempat wisata di Kota Bandung ramai dikunjungi warga hingga mengakibatkan sejumlah ruas jalan protokol di pusat kota terjadi kemacetan. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

 

  • Tujuan


Salah satu tujuan dari taman lalu lintas adalah untuk meningkatkan kesadaran keselamatan lalu lintas di kalangan anak-anak usia sekolah.

Banyak taman lalu lintas yang memungkinkan anak-anak untuk mendapatkan pengalaman dalam perjalanan di persimpangan jalan-jalan.

Dengan menggunakan sepeda atau tantangan keselamatan pejalan kaki lainnya dalam lingkungan yang sangat terkendali tanpa kendaraan bermotor yang sebenarnya.

Taman lalu lintas dibuat karena kepedulian akan kesadaran keselamatan lalu lintas.

Kesadaran ini dipekenalkan dari usia dini dengan cara bermain.

Dari adanya fasilitas ini diharapkan kesadaran keselamatan ditingkatkan dan terus terbawa sampai dewasa dan menularkan kedisiplinan kepada orang dewasa.

Baca: Farmhouse Lembang

Baca: Museum Barli

Sejumlah anak ditemani orang tuanya bermain di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, Kota Bandung, Rabu (25/12/2013). Libur Natal yang bertepatan dengan awal liburan sekolah menyebabkan sejumlah tempat wisata dan arena bermain di Kota Bandung dipadati pengunjung dari dalam dan luar kota. Tidak hanya itu, di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung pun terjadi kepadatan kendaraan yang didominasi kendaraan luar kota khususnya Jakarta.
Sejumlah anak ditemani orang tuanya bermain di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, Kota Bandung, Rabu (25/12/2013). Libur Natal yang bertepatan dengan awal liburan sekolah menyebabkan sejumlah tempat wisata dan arena bermain di Kota Bandung dipadati pengunjung dari dalam dan luar kota. Tidak hanya itu, di sejumlah ruas jalan di Kota Bandung pun terjadi kepadatan kendaraan yang didominasi kendaraan luar kota khususnya Jakarta. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

  • Sejarah


Awalnya tempat ini dijadikan pusat komando pertahanan Hindia Belanda di Nusantara, selain gedung Paleis Legercommandant yang sudah berubah fungsi menjadi gedung Markas Komando Daerah Militer III/Siliwangi.

Gedung Departement van Oorlog atau Departemen Peperangan yang oleh warga disana dinamakan Gedung Sabahu sebab dibangun di atas tanah seluas sabahu (0,7 hektare), sekarang sudah menjadi gedung Markas Komando.

Dua gedung itu berlokasi di Jalan Aceh dan Jalan Kalimantan yang sekaligus menjadi batas utara dan timur dari satu lahan yang terbuka.

Di sebelah selatan dibatasi oleh Jalan Belitung dan di sebelah barat dibatasi oleh Jalan Sumatera.

Lahan terbuka ini awalnya merupakan tempat latihan baris serdadu Belanda.

Namun, setelah dibangun lapangan baru yang sekarang menjadi Stadion Siliwangi, tempat ini ditinggalkan, kemudian selanjutnya dijadikan taman.

  • Sarana


Zona Air

Pada zona ini, anak-anak dapat berenang pada kolam yang telah disediakan, yang mana terdapat berbagai kolam renang lengkap dengan riverside di pinggirannya.

Kolam renang tersebut memiliki air yang dangkal, sehingga anak-anak dapat bermain air tanpa takut tenggelam.

Anak – anak akan merasa betah saat berenang, karena area tersebut dikelilingi pepohonan yang membuat suasana lebih sejuk menyegarkan dan asri.

Zona Kota

Di tempat ini terdapat berbagai sarana edukasi dalam berlalu lintas, seperti terminal bus, amfiteater, stasiun kereta api, permainan lalu lintas, dan kantor pengelola.

Pada zona kota, anak-anak dapat bermain dan bersepeda di jalanan yang telah diaspal.

Apalagi, jalan tersebut sudah dilengkapi dengan marka jalan dan lampu lalu lintas, sehingga anak – anak dapat belajar secara langsung mengenai edukasi berlalu lintas.

Zona Gunung

Di area ini terdapat berbagai wahana lengkap dengan area playground.

Ada juga beberapa fasilitas berupa cafetaria, area piknik, rumah pohon dan Gedung Serba Guna di dalamnya.

Baca: Taman Mekarsari

Baca: Taman Ujung Sukasada

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Nama Taman Lalu Lintas Bandung
Alamat Jl. Belitung No.2A, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
   


Sumber :


1. id.wikipedia.org
2. www.wisataidn.com








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved