CEO Sekaligus Pendiri TikTok, Zhang Yiming, Resign Akhir Tahun Ini: Miliki Kekayaan Rp526,4 Triliun

Ia akan meninggalkan peran ini karena tidak punya keterampilan manajerial dan lebih suka membaca dan melamun daripada menjalankan perusahaan.


zoom-inlihat foto
CEO-Bytedance-Zhang-Yiming-pendiri-dan-ceo-tiktok.jpg
STR / AFP
Foto ini diambil pada 23 April 2018 menunjukkan CEO Bytedance Zhang Yiming berbicara selama 1st Digital China Summit di Fuzhou, di provinsi Fujian timur China. CEO Miliarder China dari Bytedance, pembuat aplikasi video TikTok, pada 20 Mei 2021, mengatakan dia akan meninggalkan peran tersebut karena dia tidak memiliki keterampilan manajerial dan lebih suka "membaca dan melamun" daripada menjalankan raksasa teknologi itu.


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Pendiri sekaligus CEO perusahaan induk TikTok di China, Zhang Yiming, memutuskan untuk mundur dari jabatannya pada akhir tahun 2021.

Zhang Yiming beralasan ingin berfokus pada strategi jangka panjang.

Melansir The New York Times, dalam surat yang ia tulis kepada para karyawannya, Zhang Yiming akan menyerahkan jabatannya kepada Head of Human Resources ByteDance Liang Rubo.

"Setelah menyerahkan peran saya sebagai CEO, dan melepaskan diri dari tanggung jawab manajemen harian, saya akan memiliki ruang untuk mengeksplorasi strategi jangka panjang, budaya organisasi dan tanggung jawab sosial, dengan perspektif yang lebih obyektif tentang perusahaan," tulis Zhang Yiming seperti diberitakan pada Sabtu (29/5/2021).

Surat, yang diposting ByteDance di situsnya, tidak membahas apakah transisi kepemimpinan akan memengaruhi peran Zhang sebagai ketua perusahaan.

Baca: Zhang Yiming

Baca: Segini Kekayaan Bella Poarch, Artis TikTok Sekaligus Penyanyi Build A Bitch yang Trending

Logo TikTok
Logo TikTok (Forbes)

Perwakilan ByteDance tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Zhang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO pada usia 38 tahun.

Ia mendirikan perusahaan tersebut pada tahun 2012 lalu, dan kini telah bernilai sekitar 400 miliar dolar AS atau Rp5.720 triliun (kurs Rp14.300).

Zhang telah memimpin ByteDance dengan berfokus pada ekspansi global.

Dia telah mematahkan semangat hierarki internal dan mencoba menumbuhkan tenaga kerja yang memotivasi diri sehingga perusahaan dapat terus berkembang tanpa kehilangan ketangkasan saat memulai.

Baca: Video Viral di TikTok: Tak Tahu Kaca Jendela Tembus Pandang, Aksi Pasangan Bule Ini Jadi Tontonan

“Seringkali, ketika perusahaan dewasa dan berkembang, banyak yang jatuh ke dalam perangkap CEO. menjadi terlalu sentral - mendengarkan presentasi, menangani persetujuan dan membuat keputusan secara reaktif,” Zhang menulis dalam suratnya kepada karyawan.

“Ini mengarah pada ketergantungan berlebihan pada ide-ide yang sudah ada di perusahaan,” lanjutnya.

Foto ini diambil pada 23 April 2018 menunjukkan CEO Bytedance Zhang Yiming berbicara selama 1st Digital China Summit di Fuzhou, di provinsi Fujian timur China. CEO Miliarder China dari Bytedance, pembuat aplikasi video TikTok, pada 20 Mei 2021, mengatakan dia akan meninggalkan peran tersebut karena dia tidak memiliki keterampilan manajerial dan lebih suka
Foto ini diambil pada 23 April 2018 menunjukkan CEO Bytedance Zhang Yiming berbicara selama 1st Digital China Summit di Fuzhou, di provinsi Fujian timur China. CEO Miliarder China dari Bytedance, pembuat aplikasi video TikTok, pada 20 Mei 2021, mengatakan dia akan meninggalkan peran tersebut karena dia tidak memiliki keterampilan manajerial dan lebih suka "membaca dan melamun" daripada menjalankan raksasa teknologi itu. (STR / AFP)

Penggantinya sebagai CEO, Liang, kuliah di perguruan tinggi yang sama: Universitas Nankai, di kota Tianjin, Tiongkok timur.

Keduanya mendirikan perusahaan lain bersama sebelum memulai ByteDance.

“Sebenarnya, saya tidak memiliki beberapa keterampilan yang membuat seorang manajer ideal,” tulis Zhang dalam suratnya.

Baca: Tak Terima Diusir Donald Trump dari AS, ByteDance Gugat Pelarangan TikTok di Negeri Paman Sam

"Demikian pula, saya tidak terlalu sosial, lebih memilih aktivitas soliter seperti online, membaca, mendengarkan musik, dan melamun tentang apa yang mungkin bisa dilakukan."

Berdasarkan data Forbes, Zhang Yiming kini memiliki nilai kekayaan sekitar 36,8 miliar dolar AS atau Rp526,24 triliun.

File foto yang diambil pada 5 Agustus 2020 ini menunjukkan seorang karyawan sedang berjalan di luar markas ByteDance, pemilik aplikasi berbagi video TikTok, di Beijing. CEO Miliarder China dari Bytedance, pembuat aplikasi video TikTok, pada 20 Mei 2021, mengatakan dia akan meninggalkan peran tersebut karena dia tidak memiliki keterampilan manajerial dan lebih suka
File foto yang diambil pada 5 Agustus 2020 ini menunjukkan seorang karyawan sedang berjalan di luar markas ByteDance, pemilik aplikasi berbagi video TikTok, di Beijing. CEO Miliarder China dari Bytedance, pembuat aplikasi video TikTok, pada 20 Mei 2021, mengatakan dia akan meninggalkan peran tersebut karena dia tidak memiliki keterampilan manajerial dan lebih suka "membaca dan melamun" daripada menjalankan raksasa teknologi itu. (Noel Celis / AFP)

CEO TikTok itu tercatat berada pada peringkat ke-39 orang terkaya di dunia pada tahun 2021 ini, dan tercatat di peringkat kesembilan dalam daftar orang terkaya di China.

Didirikan pada tahun 2012, ByteDance adalah perusahaan internet global pertama di China.

Dengan TikTok, perusahaan ini telah mencapai tingkat kesuksesan komersial dan pengaruh budaya yang tidak dikelola oleh pembangkit tenaga teknologi lain di negara itu di luar perbatasan China.





Halaman
12






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved