Israel Defense Forces (IDF)

Israel Defense Forces (IDF) atau juga bisa disebut sebagai Pasukan Pertahanan Israel adalah sebutan bagi Angkatan Pertahanan Israel.


zoom-inlihat foto
Logo-Israel-Defence-Forces-IDF-Pasukan-Pertahanan-Israel.jpg
The Australian Jewish News - The Times of Israel
Logo Israel Defense Forces (IDF) Pasukan Pertahanan Israel

Israel Defense Forces (IDF) atau juga bisa disebut sebagai Pasukan Pertahanan Israel adalah sebutan bagi Angkatan Pertahanan Israel.




  • Informasi Awal #


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Israel Defense Forces (IDF) atau juga bisa disebut sebagai Pasukan Pertahanan Israel adalah sebutan bagi Angkatan Pertahanan Israel, yang terdiri atas Angkatan Darat Israel, Angkatan Udara Israel, dan Angkatan Laut Israel.

Israel Defense Forces dibentuk pada 14 Mei 1948 dengan terbentuknya negara Israel "untuk melindungi penduduk Israel dan melawan segala bentuk terorisme yang mengancam kehidupan sehari-hari".

IDF menggantikan Haganah (khususnya, cabang operasionalnya, Palmach) sebagai militer permanen dari negara Yahudi ini.

Ke dalamnya juga bergabung unsur-unsur sebelumnya dari Brigade Yahudi yang berperang di bawah bendera Britania pada masa Perang Dunia II.

Setelah dibentuknya IDF, dua organisasi bawah tanah Yahudi, Etzel dan Lehi, bergabung dengan IDF dalam suatu konfederasi longgar, tetapi diizinkan beroperasi secara independen di sejumlah sektor hingga akhir Perang Arab-Israel 1948.

Setelah itu, kedua organisasi ini dibubarkan, dan anggota-anggotanya diintegrasikan ke dalam IDF.

IDF modern terbentuk pada periode antara 1949 hingga 1956 melalui pengalaman yang diperoleh dari konflik-konflik regional dengan tetangga-tetangga Arab mereka.

Dari 1956 hingga 1966, IDF menghadapi lebih sedikit konflik dan menggunakan waktu ini untuk membeli perlengkapan baru dan berubah dari sebuah militer pemula menjadi sebuah kekuatan tempur yang profesional.

Pada masa ini pula konon Israel mengembangkan kemampuan nuklir mereka.

Setelah masa damai selama satu dasawarsa, IDF menghadapi serangkaian peperangan dengan tetangga-tetangganya.

Baca: Negara Palestina

Baca: Masjid Al-Aqsa

  • Tenaga/Pasukan #


Dinas biasa

Laki-laki dan perempuan Yahudi dan Druze yang berusia di atas 18 tahun dikenai wajib dinas militer nasional, meskipun pengecualian dapat diberikan atas alasan-alasan agama, fisik maupun psikologis.

Laki-laki dalam komunitas Haredi dapat memilih untuk dikecualikan sementara mereka belajar di Yeshiva, sebuah praktik yang menjadi sumber ketegangan, meskipun sebagian program yeshiva seperti Hesder menyediakan kesempatan untuk berdinas.

Laki-laki berdinas di IDF selama tiga tahun, sementara perempuan dua tahun atau kadang-kadang kurang dari dua tahun.

Terkadang IDF dapat meminta perempuan yang menjadi relawan dalam posisi tempur untuk berdinas selama tiga tahun karena tentara-tentara tempur harus menjalani periode latihan yang lama.

Perempuan dalam posisi tempur juga dituntut untuk berdinas sebagai perwira cadangan setelah diberhentikan dari dinas biasa, sebelum mereka menikah atau hamil.

Dinas cadangan

Setelah dinas biasa, kaum laki-laki dapat dipanggil untuk menjalani dinas cadangan hingga satu bulan setiap tahunnya, sampai mencapai usia 43-45 tahun dan dapat dipanggil untuk tugas aktif dengan segera pada saat-saat krisis.

Banyak tentara yang telah berdinas bersama-sama dalam dinas aktif tetap bertemu dalam tugas cadangan selama bertahun-tahun setelah mereka dibebastugaskan.

Sebuah lelucon Israel terkenal menyebut warga sipil sebagai tentara yang sedang cuti selama 11 bulan.

Meskipun tetap siap untuk dipanggil pada masa-masa krisis, kebanyakan laki-laki Israel, dan praktis semua kaum perempuan, tidak benar-benar melakukan dinas cadangan pada tahun tertentu.

Satuan-satuan mereka tidak selalu memanggil semua perwira cadangan mereka setiap tahunnya, dan berbagai pengecualian dapat diberikan.

Baru-baru ini diusulkan sebuah rancangan undang-undang untuk memperbaiki dinas cadangan, mengurangi maksimum usia dinas hingga 40 tahun, menjadikannya semata-mata sebagai pasukan darurat, serta banyak lagi perubahan lainnya terhadap struktur yang ada sekarang.

Namun, ambang usia bagi banyak perwira cadangan yang posisinya tidak didaftarkan, akan dipatok pada 49 tahun. Undang-undang ini mulai diberlakukan pada 13 Maret 2008.

Dinas Penjaga Perbatasan

Beberapa tentara IDF menjalani wajib dinas militer mereka di Mishmar Ha Gvool (Magav) atau Polisi Perbatasan Israel.

Begitu pasukan-pasukan itu menyelesaikan latihan tempur IDF mereka, mereka menjalani latihan tambahan kontra-terorisme dan Penjaga Perbatasan.

Mereka kemudian ditempatkan pada salah satu dari satuan-satuan Penjaga Perbatasan di sekeliling negara.

Satuan-satuan Penjaga Perbatasan berperang berdampingan dengan satuan-satuan tempur IDF.

Mereka juga bertanggung jawab atas keamanan daerah-daerah perkotaan yang padat, seperti misalnya Kota Yerusalem.

Minoritas di IDF

Orang-orang Arab Druze dan Circassian, seperti orang-orang Yahudi Israel, dikenai wajib militer di IDF.

Mulanya, mereka dimasukkan dalam satuan khusus yang dinamai "Satuan Minoritas", yang masih ada hingga sekarang, dalam bentuk batalyon patroli Harev.

Tetapi sejak 1980-an, tentara-tentara Druze telah semakin gencar memprotes praktik ini, yang mereka anggap sebagai suatu bentuk segeregasi dan tidak memberikan akses untuk berdinas di satuan-satuan yang lebih bergengsi.

Militer telah semakin banyak menerima tentara Druze ke dalam satuan-satuan tempur biasa dan memberikan mereka akses ke pangkat-pangkat yang lebih tinggi.

Pada tahun-tahun belakangan, beberapa perwira Druze telah mencapai pangkat di IDF bahkan hingga Mayor Jenderal, dan banyak yang memperoleh bintang kehormatan.

Namun, beberapa orang Druze masih mengeluhkan diskriminasi dan khususnya tidak dilibatkan dalam Angkatan Udara, meskipun pembatasan resmi dengan alasan keamanan untuk tingkat rendah bagi Druze telah cukup lama dihapuskan.

Penerbang Druze pertama lulus pendidikan terbangnya pada 2005, tetapi namanya dirahasiakan karena ia adalah anggota Angkatan Udara, dan merupakan cucu dari seorang Druze Suriah.

Druze Suriah sendiri diketahui membelot dari pertempuran di Ramat Yohanan pada masa perang kemerdekaan, di mana sekitar 1000 tentara dan perwira Druze membelot dan bergabung dengan Israel.

  • Kepala Staff #


Sebagai Kepala Staf Umum adalah yang tertinggi dari Komandan IDF dan bertanggung jawaban kepada Menteri Pertahanan dan Perdana Menteri.

Semua Kepala Staf Umum memiliki pangkat Letnan Jenderal atau Umum

1. Yaakov Dori (1948-1949)

2. Yigael Yadin (1949-1952)

3. Mordechai Maklef (1952-1953)

4. Moshe Dayan (1953-1958)

5. Chaim Laskov (1958-1961)

6. Tzvi Tzur (1961-1964)

7. Yitzhak Rabin (1964-1968)

8. Haim Bar-Lev (1968-1972)

9. David Elazar (1972-1974)

10. Mordechai Gur (1974-1978)

11. Rafael Eitan (1978-1983)

12. Moshe Levi (1983-1987)

13. Dan Shomron (1987-1991)

14. Ehud Barak (1991-1995)

15. Amnon Lipkin-Shahak (1995-1998)

16. Shaul Mofaz (1998-2002)

17. Moshe Ya'alon (2002-2005)

18. Dan Halutz (2005-2007)

19. Gabi Ashkenazi (2007-)

Baca: Israel

Baca: Jalur Gaza

(TribunnewsWiki.com/Septiarani)



Menteri Pertahanan Ehud Barak
Didirikan 1948
   




KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved