Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo

Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo merupakan pondok pesantren berbasis Islam yang terletak di kecamatan Blimbing, kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.


zoom-inlihat foto
Pondok-Pesantren-Modern-Imam-Syuhodo-2.jpg
Instagram.com/imamsyuhodoofficial
Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo

Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo merupakan pondok pesantren berbasis Islam yang terletak di kecamatan Blimbing, kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo merupakan pondok pesantren berbasis Islam yang terletak di kecamatan Blimbing, kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. 

Santri yang belajar di sini terbagi menjadi dua tingkatan, yakni tingkat MTS dan SMA.

Dalam hal ini maka dalam pengajarannya pun berbeda. 

Hal ini menjadi bagus, karena dengan seperti ini maka santri akan menerima ilmu sesuai dengan kebutuhannya. 

Selain belajar ilmu agama, santri juga belajar ilmu-ilmu pengetahuan umum. (1)

 

Para pengajar di Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo
Para pengajar di Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo (Instagram.com/imamsyuhodoofficial)

Baca: Pondok Modern Darussalam Gontor

  • Sejarah


Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo (PPMIS) adalah salah satu pesantren Muhammadiyah dengan system pendidikan modern yang didirikan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Blimbing daerah Sukoharjo pada tahun 1994.

Dengan No. SK. PCM : 194/SK.PC/I.A/1.a/1994.

Pesantren ini terletak di desa Wonorejo, kecamatan Polokarto, kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

PPMIS ini berdiri, berangkat dari semangat mencetak kader persyarikatan Muhammadiyah khususnya dan kader islam pada umumnya diharapankan mampu ikut berperan dalam mencerdaskan bangsa melalui amal usaha pendidikan dengan system pesantren.

Baca: Universitas Al Washiliyah Medan (UNIVA Medan)

PPMIS berdiri atas gagasan para sesepuh Muhammadiyah Cabang Blimbing.

Saat itu mendapatkan wakaf tanah seluas 10.308 m2 dari Koperasi Batik Sukowati Bekonang sekitar tahun 1970.

Bapak ‘Adnan, Bapak Muh. Busroni dan Bapak Marwah Mukti selaku Ketua Batik Sukowati dan Ketua Pimpinan Muhammadiyah Cabang Blimbing, dalam amanahnya berpesan bahwa tanah wakaf dan bangunannya itu harus menjadi pesantren.

Baca: Universitas Fort De Kock

Pada tahun 1970 Pimpinan Cabang Muhammadiyah Blimbing memulai pembangunan beberapa gedung, dan pada tahun 1975 beberapa gedung telah selesai terbangun.

Namun keinginan membuka program pesantren belum bisa terwujud karena kekurangan sumberdaya manusia yang mampu dan mau ikut mengelola pesantren.

Sambil menunggu personil yang siap dalam membina pesantren, lantas gedung yang sudah terbangun itu sementara digunakan untuk sekolah diniyah sore.

Seiring berjalannya waktu, bangunan yang hanya digunakan untuk sekolah diniyah sore, akhirnya disepakati untuk berdiri Madrasah Tsanawiyah.

Ekstrakulikuler Tapak Suci
Ekstrakulikuler Tapak Suci (Instagram.com/imamsyuhodoofficial)

Baca: Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam

Ditahun 1985 Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Blimbing berdiri. Dan ditunjuklah Bapak H. Umar Ma’ruf sebagai kepala Madrasah.

Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Blimbing inilah yang nantinya menjadi cikal bakal berdirinya pesantren.

Pada Tahun 1994, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dalam rapat pengurus bertekad untuk merealisasikan cita-cita para tokoh terdahulu yaitu mendirikan pondok pesantren. Dalam perjalanannya maka Pimpinan Cabang Muhammadiyah Blimbing membentuk kepanitian pendirian pondok pesantren.

Salah satu yang menjadi pembahasan penting adalah apa nama pesantrennya.

Muncul beberapa usulan diantaranya; AL MANAR dan IMAM SYUHODO, setelah berdiskusi maka nama IMAM SYUHODO menjadi nama pesantren yang akan berdiri itu.

Nama salah seorang tokoh Islam, beliau hafal Al Qur’an. Masyarakat sekitar mengenalnya dengan sebutan Kyai Apil Qur”an (istilah ini diberikan oleh Paku Buwono Ke IV karena Kyai Imam Syuhodo hafal Al Quran dan dalam mendalami agama islam, Paku Buwono berguru kepada Beliau) dan beliaulah yang mendakwahkan Islam pertama kali di Desa Wonorejo kemudian mendirikan Masjid Agung di Desa Wonorejo abad ke 17.

Imam Syuhodo dipilih bukan tanpa dasar dan hanya untuk mengenangnya saja.

Namun jauh dari itu, besar harapan dengan kebesaran namanya pondok pesantren yang berdiri ini bisa berkiprah menghasilkan santriwan/santriwati yang mau dan mampu mendakwahkan Islam dan bertafaquh fiddin sebagaimana yang dilakukan Kyai Imam Syuhodo.

Setelah semua kesiapan matang dan nama sudah didapatkan, ditahun I995 secara resmi Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo Muhammadiyah Cabang Blimbing berdiri dan membuka pendaftaran santri baru.

Berkat izin Allah SWTdan dengan dukungan semua pihak 24 santri berhasil mengisi pesantren baru ini untuk bertafaqquh fiddin.

Berkat Rahmat dari Allah swt, perjuangan para pengurus yayasan dan kegigihan para pengasuh pesantren mengantarkan Pondok Pesantren Imam Syuhodo hingga sekarang mampu terus berkembang membina aqidah dan akhlak serta ikut mencerdaskan anak bangsa.

Seiring berjalannya waktu, kepercayaan masyarakat kepada pesantren ini menggerakkan mereka untuk ikut andil besar dalam suksesnya pengembangan pesantren baik fisik bangunan hingga wakaf tanah yang diserahkan ke pesantren ini.

Yang lebih menggembirakan lagi adalah semakin besarnya minat masyarakat untuk mempercayakan putra – putrinya menuntut ilmu di pesantren ini.

Dan pada tahun 1997 Pesantren mendapat ijin Operasional Departemen Agama Kanwil Depag Propinsi Jawa Tengah dengan no ijin Kanwil Depag: WK/5.e/PP.00.72344/1997 dan Badan Hukum : 23628/MPK/74.

Dengan sistem pendidikan pesantren modern yang dikembangkan, besar harapan PPMIS mampu menjadi secercah cahaya yang akhirnya menjadi solusi problematika umat pada saat ini dan masa yang akan datang. (2)

 

  • Visi dan Misi


Visi

Terwujudnya alumni santri yang memiliki keimanan yang besar, beraqidah shohihah, berakhlaq karimah, intelektual-tual, dan mempunyai semangat juang beramar ma’ruf nahi mungkar sehingga tercipta masyarakat yang diridhoi allah SWT.

Misi

1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang berorentasi pada pemahaman dan pendalaman agama Islam yang benar.

2. Meningkatkan kinerja Pondok Pesantren Modern yang berbasis pada profesional yang Islami untuk menghasilkan suasana kehidupan Pondok Pesantren yang kondusif dan berkemajuan.

3. Menumbuhkembangkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan yang berbasis kepesantrenan keseimbangan antara Iman dan Ilmu Pengetahuan.

  • Tata Tertib dan Sanksi


Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo Muhammadiyah Cabang Blimbing Daerah Sukoharjo didirikan dengan tujuan : Membina para santri dan warga pondok pesantren agar menjadi insan muslim yang berkualitas, bertaqwa, berprestasi, mandiri, berakhlak mulia, memiliki pengetahuan yang luas tentang agama islam.

Selain itu juga sanggup beramar ma’ruf nahi mungkar dalam rangka menegakkan risalah islamiyah serta rajin bertafaqquh fiddin seumur hidup.

Bahwa sesungguhnya tujuan di atas hanya dapat tercapai dengan adanya pelaksanaan pendidikan dan pengajaran dalam suatu komplek pondok pesantren yang tertib dan disiplin.

Semua itu dilaksanakan dengan niat dasar semata-mata karena Alloh swt. Mengingat hal-hal tersebut di atas perlu diterapkan suatu Tata Tertib Pondok Pesantren yang setiap santri wajib menaatinya.

Baca: Universitas Bondowoso (UNIBO)

Mengingat bahwa pembinaan santri harus memiliki prosedur yang baik, maka pedoman tata tertib ini kami buat berdasarkan skala huruf dan angka ( Point ) yang kita terapkan disetiap pelanggaran.

Besar harapan dengan prosedur ini pembinaan santri akan lebih maksimal dan berdampak positif.

Ketentuan Umum

1. Santri yang melanggar tata tertib dikenai sanksi.

2. Macam-macam sanksi ditetapkan menurut kebijaksanaan pengasuhan.

3. Tata tertib ini dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu bila dipandang perlu.

4. Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib ini, sepenuhnya diserahkan ke bagian pengasuhan.

Macam-Macam Sanksi

Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo Muhammadiyah Cabang Blimbing Daerah Sukoharjo telah menyusun dan menetapkan 2 ( Dua ) macam tata tertib yang harus dipatuhi para santri yaitu :

1. Tata tertib Pondok.

2. Tata tertib Sekolah.

Kedua tata tertib ini sudah terpadu, maksudnya apabila santri melanggar tata tertib sekolah sama artinya melanggar tata tertib pondok dan sebaliknya. (3)

 

  • Ekstrakulikuler


Ekstrakulikuler Wajib

1. Muhadloroh (pidato).

2. Hizbul Wathan (HW).

3. Tapak Suci.


Ekstrakulikuler Pilihan

1. Halaqoh Hadist.

2. Halaqoh Tahfizd.

3. Kokam.

4. Sapala (Santri Pecinta Alam).

5. Futsal.

6. Archery.

7. Badminton.

  • Prestasi


Prestasi Unit Mts Pontren Imam Syuhodo 

1. Juara 1 Lccai Muslim Semaga Se Eks Surakarta.

2. Juara 1 Tilawah Putra Aksioma Kab Sukoharjo.

3. Juara 1 Pidato Bahasa Arab Putra Aksioma Kab Sukoharjo.

4. Juara 1 Mdi Sma Mta Skas Se Eks Surakarta.

5.Juara 2 Pidato Bahasa Arab Putri Aksioma Kabupaten Sukoharjo.

6.Juara 1 Kaligrafi Aksioma Kabupaten Sukoharjo.

7.Juara 2 Biologi Kompetisi Sains Madrasah Kab Sukoharjo.

8.Juara 3 Tilawah Putri Aksioma Kabupaten Sukoharjo.

9.Juara 3 Hadroh Putri Aksioma Kab Sukoharjo.

10.Juara 2 Putra Tenis Meja Aksioma Kab Sukoharjo.

Baca: Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP)

11.Juara 2 Putri Tenis Meja Aksioma Kab Sukoharjo.

12.Juara Umum Tingkat Pengenal Jambore Daerah Sukoharjo.

13.Juara 2 Fisika Ksm Kabupaten Sukoharjo.

14.Juara 1 Matematika Ksm Kabupaten Sukoharjo.

15.Juara 2 Pencak Silat Porseni Sesukoharjo.

16.Juara 3 Pencak Silat Porseni Sesukoharjo.

17.Juara 3 Bulu Tangkis Liga Santri Sesukoharjo.

18.Juara 3 Sepak Bola Liga Santri Sesukoharjo.

19.Juara 2 Pidato Bahasa Indonesia Se Jawa Ma Pk Fair 2017.

20.Juara Harapan 2 Tahfidzul Qur’an Se Jawa Ma Pk.

21. Juara 1 Kaligrafi Tingkat Daerah.

22. Juara 3 Pidato Bahasa Indonesia Tingkat Daerah.

23. Juara 3 Cerdas Cermat Islam Tingkat Daerah.

24. Juara 2 Olympicad IPA Tingkat Daerah.

25. Juara 2 Azan Tingkat Daerah.

26. Juara 2 ISMU IN ARABIC Tingkat Daerah.

27. Juara 2 Seni Tapak Suci Tingkat Daerah.

28. Juara 3 ISMU IN ENGLISH Tingkat Daerah.

29. Juara 3 Kaligrafi Tingkat Daerah.

30. Juara 3 Badminton Tunggal Putra Tingkat Daerah.

31. Juara 3 Badminton Ganda Putra Tingkat Daerah.

32. Juara 2 Sepak Takraw Tingkat Daerah.

33. Juara 2 Tapak Suci Kelas C Tingkat Daerah.

34. Juara 3 Tapak Suci Kelas D Tingkat Daerah.

35. Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia Tingkat Nasional.

36. Juara 3 Musabaqah Hifdzil Qur’an Tingkat Nasional.

37. Juara 1 Panahan Tradisional Tingkat Nasional.

38. Juara 2 ISMU ARABIC Olimpicad Tingkat Nasional.

39. Juara 2 Musabaqah Fahmil Qur’an Olimpicad Tingkat Nasional. 

Piala juara.
Piala juara. (Instagram.com/imamsyuhodoofficial)

Baca: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Prestasi SMA Muhammadiyah  Pondok Pesantren Imam Syuhodo

1. Juara 2 Olimpiade Fisika Isf (Soloraya).

2. Juara 2 Olimpiade Astronomi Isf (Soloraya).

3. Juara 3 Olimpiade Astronomi Isf (Soloraya).

4. Juara 1 Ipsi Skh.

5. Juara 1 Debat Bhs, Indonesia Skh (Pais).

6. Juara 1 Pidato Bhs Indonesia Skh (Pais).

7. Finalis Olimpiade Propinsi Bhs Arab.

8. Juara 5 Lomba Memanah, Tingkat Karesidenan Surakarta.

9.  Juara 1 Futsal Putra Lomba Fortasi.

10. Juara 1 MTQ Lomba Fortasi.

11. Juara Umum 3 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo.

12. Juara 2 Invitasi Futsal Antar SMA/MA Kabupaten Sukoharjo.

13. Juara 2 Cabang Tilawatil Qur’an Gol. SLTA/SMK/MA Putri Kemenag.

14. Juara 3 Lomba Film Pendek Tingkat SMA/SMK Sederajat Kabupaten Sukoharjo.

15. Juara 1 Olympiade Bahasa Arab Tingkat Nasional.

16. Juara 2 Musabaqah Hifdzil Program Study Ilmu Hadits UAD.

17. Juara 2 Musabaqah Hifdzil Hadits Program Ilmu Hadits UAD. (4)

 

 

  • Alamat Kantor


Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 154 Desa Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.

(TribunnewsWiki.com/Bangkti N)



Informasi
Nama Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo
Lokasi Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 154 Desa Wonorejo Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah.
   


Sumber :


1. www.imamsyuhodo.sch.id








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Johanis Tanak

    Johanis Tanak adalah Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi
  • Rasamala Aritonang

    Rasamala Aritonang adalah mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi
  • Viral Video 14 Detik Pasangan

    Polisi sebut perekam dan penyebar video viral 14
  • Abu Tumin

    Abu Tumin adalah ulama besar, ahli fikih, dan
  • Banyak Warga Rusia Ingin Kabur,

    Banyak warga Rusia yang melarikan diri ke negara
© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved