Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam adalah pondok pesantren berbasis Islam yang terletak di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.


zoom-inlihat foto
Pondok-Assalam-3.jpg
Instagram.com/assalaamsolo
Ekstrakulikuler Pencak Silat Tapak Suci.

Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam adalah pondok pesantren berbasis Islam yang terletak di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam adalah pondok pesantren berbasis Islam yang terletak di Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. 

Santri yang mondok di Pondok Assalam tidak hanya mondok saja, tetapi juga bersekolah.

Di sini ada beberapa jenis sekolah dari SMP hingga SMA sederajat.

Adapun sekolah-sekolah tersebut ialah MTS, TKS, MA, SMA, dan SMK. (1)

 

Sholat di Masjid.
Sholat di Masjid. (Instagram.com/assalaamsolo)

 

Baca: Pondok Modern Darussalam Gontor

  • Sejarah


Pesantren Modern Assalaam Islam atau biasa disingkat PPMI Assalaam adalah sebuah lembaga pendidikan Islam swasta di bawah naungan Yayasan Majelis Pendidikan Islam (YMPI) Surakarta yang didirikan oleh Bapak Abdullah H. Marzuki (RIP) dan Hj. Siti Aminah Abdullah.

PPMI Assalaam didirikan pada tanggal 17 Syawal 1402 H bertepatan dengan tanggal 7 Agustus 1982 M.

Bertempat di Jalan Yosodipuro No. 56 Punggawan Surakarta, terletak di atas lahan seluas 2.845 m, PPMI ini adalah sumbangan dari keluarga H. Abdullah Marzuki (RIP) dan Hj. Siti Aminah Abdullah, pemilik industri percetakan PT Tiga Serangkai Solo.

Santri sedang murojaah di Masjid.
Santri sedang murojaah di Masjid. (Instagram.com/assalaamsolo)

Baca: SMK Muhammadiyah Bligo


Sebelum PPMI Assalaam berdiri, kegiatan pendidikan yang disiapkan YMPI adalah Madrasah Diniyyah Awaliyah.

Kemudian karena banyaknya permintaan dari masyarakat, YMPI mendirikan MTs (Sekolah Menengah Pertama Islam) dengan sistem asrama.

Hal ini yang menjadi cikal bakal pendirian pesantren yang diberi nama Pondok Pesantren Punggawan.

Pada tanggal 20 Juli 1985 nama Assalaam resmi digunakan, sekaligus menandai dimulainya penggunaan kampus baru di Desa Pabelan, Kartasura, di atas tanah wakaf seluas 5,6 hektar dari keluarga.

Baca: Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA Surakarta)

Bapak Marzuki Abdullah H. (alm) dan Hj. Siti Aminah Abdullah.

Bangunan yang ada saat itu terdiri dari ruang kelas, gedung olah raga (GOR), asrama siswa, rumah guru dan pengasuh, dan dapur.

Bersamaan dengan itu, YMPI juga mendirikan Madrasah Aliyah (MA) sebagai kelanjutan dari MTs. Assalaam, sebagai jawaban atas tuntutan masyarakat terhadap PPMI Assalaam.

Pada tahun 1986/1987 YMPI mendirikan Madrasah Takhashushiyyah, sebuah kelas persiapan bagi calon siswa yang akan melanjutkan ke MA Assalaam dan dulunya berasal dari SMP/MTs - Sekolah Menengah Pertama di luar Assalaam.

Baca: Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Pada tahun 1988/1989 Sekolah Menengah Atas Assalaam didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mengikuti perkembangan pendidikan yang terjadi di luar Assalaam.

Pada tahun 2005/2006 didirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mengambil program keahlian Ilmu Komputer dan Jaringan.

SMK bermaksud untuk menghasilkan tenaga profesional yang memiliki pemahaman tetap terhadap nilai-nilai keislaman.

Dalam perkembangan selanjutnya, Yayasan Majelis Pendidikan Islam (YMPI) Surakarta yang diketuai oleh Hj. Siti Aminah Abdullah.

YMPI memperluas areal Pondok (Pesantren) dengan membeli sebidang tanah di Desa Gonilan, Kartasura seluas 38.600 m2.

Santriwati sedang berada di Masjid.
Santriwati sedang berada di Masjid. (Instagram.com/assalaamsolo)

Baca: Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP)

Kawasan ini kini telah dikembangkan untuk menampung kurang lebih 2.450 siswa untuk belajar, dilengkapi dengan kompleks perumahan guru dan pengasuh, lapangan olah raga serta fasilitas lainnya.

Dengan demikian saat ini PPMI Assalaam menempati areal seluas kurang lebih 10 hektar dengan berbagai fasilitas penunjang yang terbilang lengkap dan modern.

Di usianya yang ke 33 tahun pada tahun 2015 lalu, PPMI Assalaam telah mencatat ribuan alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan negara lain di dunia.

Alumni Assalaam terwujud dalam sebuah organisasi bernama IKMAS (Ikatan Keluarga Ma'had Assalaam Surakarta) dan telah berkiprah di berbagai bidang di lingkungan masyarakat dan pemerintahan. (2)

  • Visi dan Misi


Visi

Mewujudkan manusia yang memiliki keseimbangan Spiritualitas, Intelektual dan Moral menuju generasi ulul albab yang memiliki komitmen tinggi terhadap kemajuan umat berlandaskan Al-Qur'an dan Sunnah.

Misi

1. Mewujudkan pendidikan Islam yang berorientasi pada kualitas tinggi, berdaya saing tinggi dan bertumpu pada sikap Spiritualitas, Intelektual dan Moralitas guna melahirkan kader-kader umat yang akan menjadi “rahmatan Lil Alamin”, kebahagiaan bagi seluruh alam semesta. (Qs. 9: 122)

2. Mengembangkan desain sistem kerja pesantren dengan manajemen yang profesional berdasarkan ajaran Islam untuk menciptakan suasana kehidupan di komplek Asrama yang tertib, aman, dan damai (Qs.56: 25-26; Qs.9: 105; Qs.67: 2)

3. Meningkatkan citra positif lembaga pendidikan Islam (Pondok Pesantren) yang berwawasan luas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi informasi serta budaya Islam modern. (3)

  • Motto dan Lima Keterampilan Dasar



Motto

Keseimbangan: Spiritualitas, Intelektualitas dan Moralitas.

Lima Keterampilan Dasar

1. Memiliki Pandangan Komprehensif dalam Sains & Teknologi.
2. Belajar dengan tekun Ajaran Islam.
3. Mempertahankan Karakter Berbudi Luhur.
4. Dengan Tekad Dakwah Ajaran Islam.
5. Kepemimpinan Bertekad.

  • Fasilitas


Untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar (KBM) bagi para mahasiswa, dan dalam upaya melahirkan umat masyarakat, PPMI Assalaam dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain sebagai berikut.

1. Masjid

Masjid dengan kapasitas 5.000 jemaah, pusat ibadah dan studi Islam, sebagai wujud pengabdian kepada Allah SWT.

Selain kegiatan fardhu, masjid assalaam juga berfungsi untuk kegiatan bakti sosial (Komunitas Terbuka Bersama, ijab qabul, Haji Manasik, pengajian akbar) juga untuk kegiatan kemahasiswaan.

2. Kelas

Sebanyak 102 ruang kelas dengan uraian sebagai berikut: ruang kelas ukuran 7 x 8 m sebanyak 84 ruang, dan ruang kelas berukuran 8 x 9 m sebanyak 18 ruang, sebagai tempat kegiatan belajar mengajar dan ekstrakurikuler, yang kesemuanya dilengkapi dengan AC , dan Proyektor LCD dan jaringan Internet.

3. Laboratorium

Gedung Laboratorium Matematika dan Sains 2 lantai yang terdiri dari:

- Laboratorium Fisika
- Laboratorium Kimia
- Laboratorium Biologi
- Laboratorium Multimedia dilengkapi komputer monitor LCD 17 inchi, dan koneksi internet 24 jam sebanyak 3 ruangan yang masing-masing memuat 40 unit komputer.

 

Baca: SMK Muhammadiyah Kesesi


4. Komputer

5 ruangan Laboratorium Komputer yang masing-masing berisi 30 unit komputer.
2 ruangan Laboratorium Bahasa dengan masing-masing 50 stand.
Perpustakaan

5. Gedung Perpustakaan dengan lebih dari 25.000 buku sebagai koleksinya, mengikuti ruang baca yang luas, serta 2 ruang audio visual terpisah untuk siswa laki-laki dan perempuan dengan fasilitas AC.

6. Fasilitas olahraga

Sebuah. Dalam ruangan, terdiri dari empat lapangan bulu tangkis dan beberapa tenis meja.
b. Di luar ruangan, terdiri dari lapangan sepak takraw, bola voli, dan basket putra dan putri, lapangan sepak bola, dan empat arena futsal.

7. Gedung kantor

Gedung perkantoran berlantai dua yang digunakan sebagai pusat kegiatan manajerial dan administrasi.

8. Ruang Guru

Dua ruangan untuk asatidzah (guru).

9. Assalaam Center

gedung 6 lantai sebagai pusat kantor administrasi unit sekolah, Assalaam ZIS Center, organisasi siswa, dan fasilitas olah raga dalam ruangan, auditorium, warnet, Laboratorium Ilmu, bank, ABC (Assalaam Business Cooperation) dan panggung pertunjukan seni.

10. Ruang rapat

Ruang pertemuan / aula terdiri dari empat (4) ruang,
Sebuah. Lantai 2 berkapasitas 200 orang
b. Lantai 1 ruang pertemuan berkapasitas 20 orang.
c. Lantai 2 (Komplek Putri) berkapasitas 400 orang.
d. Lantai 1 Assalaam Center berkapasitas 1500 orang.

Santriwati sedang sholat.
Santriwati sedang sholat. (Instagram.com/assalaamsolo)

 

Baca: Universitas Aufa Royhan

11. Pusat Medis Assalaam

Assalaam Medic Care (AMC), dilengkapi dengan petugas dan spesialis medis, psikolog, kebidanan, dokter gigi, dokter kulit, dan ruangan tempat menginap pasien pria dan wanita, serta ambulans.

12. Ruang makan

Resto Assalaam, dilengkapi dengan dapur (peralatan masak), merupakan dapur modern dan higienis, serta fasilitas makan untuk pelajar putra dan putri yang dilengkapi dengan televisi.

13. Asrama

Asrama dengan kapasitas 2.450 siswa ini terdiri dari:

Kamar besar laki-laki (kamsartra) 55 kamar, kamar besar perempuan (kamsatri) 31 kamar, dengan fasilitas tempat tidur double deck, lemari pakaian, kipas angin plafon, kamar mandi di luar.

Ruangan untuk menampung 3 siswa laki-laki (kagatra) 22 ruangan, untuk tiga siswa perempuan (kagatri) 32 ruangan, dengan fasilitas lemari, meja / kursi untuk belajar dan tempat tidur, serta kamar mandi di luar.

Kamar yang dapat menampung empat siswa laki-laki (kapatra) 66 kamar, untuk menampung empat siswa perempuan (kapatri) 126 kamar dengan lemari, meja / kursi belajar, tempat tidur, dan kamar mandi di dalam.
Gazebo

Ruang gazebo untuk istirahat dan dapat digunakan untuk orang tua ketika mengunjungi putra / putrinya di pondok pesantren. Selain itu gazebo juga digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler lainnya

14. Astronomi Kubah

Observatorium dan Anjungan Astronomi untuk mengamati bulan baru, benda-benda angkasa dan peristiwa astronomi lainnya, serta tempat belajar bagi para penggiat astronomi di Indonesia.

15. Perumahan Guru

Kompleks perumahan untuk pengasuh di dalam kompleks sebanyak 40 unit dan 24 unit di luar kompleks. (4)

  • Kegiatan Ekstrakurikuler Santri


1. Muhadlarah
Merupakan kegiatan untuk melatih kemampuan orasi santri serta kemampuan berpidato di depan santri yang lain. Santri dibuat perkelompok dan berlatih bergantian secara bergilir. Diadakan 2-3 kali pertemuan selama sepekan masing-masing ± 1 jam, menggunakan tiga bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia).

2. Muhadatsah
Merupakan kegiatan melatih kemampuan berbicara dalam dua bahasa (Arab dan Inggris) yang dilakukan dengan sesama santri secara rutin di bawah pengawasan pembimbing untuk membantu kosa kata yang belum diktahui. Dengan target santri terbiasa berbincang dengan dua bahasa tersebut.

3. Tazwidul Mufrodat
Merupakan kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Arab yang dilakukan melalui penambahan kosa kata baru oleh seorang pembimbing. Santri dibagi menjadi beberapa kelompok atau per kels.

Ekstrakulikuler Pramuka.
Ekstrakulikuler Pramuka. (Instagram.com/assalaamsolo)

Baca: Universitas Faletehan

4. Halaqah
Merupakan kegiatan kajian pembinaan dan kajian keagamaan yang dilakukan oleh seorang pembimbing (Ustadz/ karyawan), dengan cara santri dibuat perkelompok (perkamar). Pertemuan dilakukan sekali sepekan ± 45 menit. Di samping itu terdapat pula kelompok-kelompok kajian keagamaan santri yang dibentuk untuk satu tujuan yaitu mengkaji ilmu agama Islam. Setiap kelompok berkisar antara 20-30 orang.

5. Teater.
6. Nasyid.
7. Qiro’ah.
8. Kaligrafi.
9. Mading.
10. PERSSAS (Persatuan Sepak Bola Santri Assalaam)
11. VOLTA (Volley Ball Santri Assalaam)
12. Bola Basket
13. Bulu Tangkis
14. Renang
15. Sepak Takraw
16. Tenis Meja
17. Pencak Silat
18. Taekwondo.
19. Kelompok Karya Ilmiah
20. Latihan Leadership/ Kepemimpinan
21. AWMCOM (Assalaam Webmaster Community)
22. Jurnalistik
23. DBA NEWS (MA Assalaam)
24. SMART MAGAZINE (SMA Assalaam)
25. MATRIX (SMK Assalaam)
26. AL QALAM (MTs Assalaam)
27. CASA (Club Astronomi Santri Assalaam). (5)

 

  • Kontak


Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam
Jl. Garuda Mas Pabelan Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah Indonesia (0271) 718741

(TribunnewsWiki.com/Bangkit N)



Informasi
Nama Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam
Lokasi Desa Pabelan Kecamatan Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah
Maps Kartasura, Jalan Garuda Mas, Pabelan, Sukoharjo - Surakarta, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57102
   


Sumber :


1. assalaam.or.id


Editor: Febri Ady Prasetyo




KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved