Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP)

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Tengah dengan akreditasi institusi B.


zoom-inlihat foto
umpp-logo.jpg
umpp.ac.id
Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Jawa Tengah dengan akreditasi institusi B.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan atau UMPP adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan berdiri pada 3 Februari 2018.

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan saat ini dipimpin oleh Rektor bernama Dr. Nur Izzah, S.Kp., M.Kes.

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan beralamat di Jl. Raya Ambokembang No.8, Kambang Tengah, Ambokembang, Kec. Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah 51172, Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan di bawah naungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

  • Sejarah


Rencana penyatuan ketiga Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Kota dan Kabupaten Pekalongan sebenarnya sudah lama dimunculkan, tepatnya sekitar tahun 2010. Saat itu Pimpinan ketiga Perguruan Tinggi, yaitu STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (Mokhamad Arifin), STIE Muhammadiyah Pekalongan (Sobrotul Imtikhanah) dan Politeknik Muhammadiyah Pekalongan (Khoirul Anam), mencari informasi tentang persyaratan pendirian Universitas, diantaranya yang menyatakan bahwa Universitas harus memiliki jumlah Program Studi Sarjana sejumlah minimal 10 Program Studi. Karena kondisi saat itu STIKES Muhammadiyah Pekajangan baru memiliki satu Program Studi Sarjana, yaitu S-1 Keperawatan dan STIE Muhammadiyah Pekalongan juga baru memiliki satu Program Studi Sarjana, yaitu S-1 Akuntansi, maka ketiga Perguruan Tinggi tersebut sepakat untuk menunda penggabungan tersebut dan tiap instutusi dapat menambah Program Studi Sarjananya.

Beberapa tokoh yang turut andil dalam upaya penyatuan tiga perguruan tinggi menjadi universitas adalah sebagai berikut : Drs. H. Farid Achwan (PDM Kabupaten Pekalongan), Drs. H. Riyantho Chadiri (PCM Pekajangan), Drs. H. Edi Supardi (Penasehat PDM Kota Pekalongan), H. Hasan Bisri S.Ag (PDM Kota Pekalongan).

Di tahun 2017 rencana pembentukan Universitas Muhammadiyah Pekalongan mulai dihidupkan lagi, mengingat keadaan saat itu jumlah Program Studi Sarjana untuk STIKES Muhammadiyah Pekajangan dan STIE Muhammadiyah Pekalongan sudah bertambah masing-masing menjadi 3 (tiga) Program Studi Sarjana sehingga jumlahnya menjadi enam (6) Program Studi. Tanggal 10 Desember 2017 bertempat di hotel Horison Pekalongan dilakukan Deklarasi penyatuan ketiga Perguruan Tinggi tersebut oleh PCM Pekajangan, PDM Kota Pekalongan dan PDM Kabupaten Pekalongan, serta BPH (Badan Pembina Harian) masing-masing dari ketiga Perguruan Tinggi tersebut.

Berdasarkan arahan dari KOPERTIS Wilayah VI dan Majelis Dikti dan Litbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, bahwa untuk mempermudah penyatuan, hendaknya Perguruan Tinggi yang akan bersatu agar bernaung dalam nama yayasan yang sama. Untuk itu pada bulan Januari 2018 diurus perubahan nama badan penyelenggara yang sama yaitu atas nama Persyarikatan Muhammadiyah, yang sebelumnya masing-masing Perguruan Tinggi bernaung dibawah PCM dan PDM masing-masing Perguruan Tinggi tersebut berada. Pada tanggal 4 April 2018 salinan Surat Keputusan Menristekdikti terkait penyamaan nama Badan Penyelenggara diberikan, sehingga ketiga Perguruan Tinggi tersebut sudah bernaung dibawah Persyarikatan Muhammadiyah.

Beberapa tokoh yang saat itu berperan aktif adalah : Drs. H. Farid Achwan (Penasehat PDM Kabupaten Pekalongan), Drs. H. Edi Supardi (Penasehat PDM Kota Pekalongan), dr. H. Achmad Dahlan, Sp.OG (PCM Pekajangan), Drs. H. Mulyno (PDM Kabupaten Pekalongan), Drs. H. Pasrum Efendi (PDM Kota Pekalongan), Ds. Chamdi Rochmat (Mantan kertin Wiayah VI Jawa Tengah).

Pertemuan selanjutnya dilakukan pada tanggal 3 Februari 2018 di hotel Namira di hadiri oleh para Pimpinan Daerah dan PCM serta BPH Masing-masing PTM di Pekalongan Raya dan di hadiri oleh PP Muhammadiyah Majelis Dikti Litbang di sepakati penyatuan 3 PTM yang telah di tanda tangani dalam berita acara resmi.

Pada tanggal 14 Februari 2018 bertempat Kampus 2 Stikes Muhammadiyah Pekajangan diadakan pertemuan antara PDM Kota dan Kabupaten Pekalongan serta PCM Pekajangan, Pengurus BPH dan Pimpinan masing–masing Perguruan Tinggi tersebut dengan Majlis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah untuk pengarahan dan konsolidasi terkait langkah-langkah yang harus dilakukan terutama Program Studi baru yang akan diusulkan untuk pemenuhan persyaratan yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti.

Pada waktu itu juga di susun Tim pendiri Universitas Muhammadiyah Pekalongan dan disepakati melalui rapat bersama antara PDM Kota dan Kabupaten Pekalongan, PCM Pekajangan, Anggota BPH dan Pimpinan masing–masing Perguruan Tinggi tersebut mengenai nama, yaitu dengan nama Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP), penyusunan Anggota BPH dan Pengelola UMPP, serta LOGO/LAMBANG yang selanjutnya diajukan ke PP Muhammadiyah lewat Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah untuk mendapat persetujuan. Tanggal 3 Mei 2018, PP Muhammadiyah dan Majelis Dikti dan Litbang menerbitkan Surat Rekomendasi dan Surat Keputusan (SK) terkait Badan Pembina Harian (BPH), Rektor dan Wakil Rektor.

Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan memiliki lambang yang digambarkan dalam bentuk lingkaran dikelilingi canting yang didalamnya ada logo persyarikatan Muhammadiyah, padi dan kapas serta tulisan “UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PEKAJANGAN PEKALONGAN”.

Baca: Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta (ITSPKU)

UMPP gedu
Salah satu gedung Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

  • Visi dan Misi


Visi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan :

Menjadi Universitas yang unggul di tingkat Nasional berdasarkan nilai-nilai Islam pada tahun 2029.

Misi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan :

·      Menyelenggarakan pembinaaan dan pengembangan Iman dan Taqwa berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan

·      Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan standar keilmuan nasional dan internasional terkini yang terintegrasi dengan nilai- nilai Islami

·      Mengembangkan penelitian berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan terkini

·      Melaksanakan pengabdian masyarakat atas dasar perkembangan IPTEK dan tanggung jawab

  • Program Studi


Berikut program studi di Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan :

Diploma (D3) :

Akuntansi

Keperawatan

Kebidanan

Manajemen Informatika

Teknik Elektronika

Teknik Mesin

Sarjana (S1) :

Akuntansi

Ekonomi Syariah

Manajemen

Keprawatan

Sarjana Fisioterapi

Farmasi

Pendidikan Jasmani Dan Olahraga

  • Organisasi


Struktur organisasi Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan :

Pimpinan Universitas

Rektor : Dr. Nur Izzah, S.Kp., M.Kes

Wakil Rektor I : Arifin, S.Kp., M.Kep

Wakil Rektor II : Sobrotul Imtikhanah, S,E,, M.Si

Wakil Rektor III : Aslam Fatkhudin, S.Kom., M.Kom

  • Kontak


Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan :

Jl. Raya Ambokembang No.8, Kambang Tengah, Ambokembang, Kec. Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah 51172, Indonesia

Telepon/Fax : 0285 785 179/0285 785 555

Email: admin@umpp.ac.id

Informasi pendaftaran mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

(Tribunnewswiki.com/Ris)



Nama Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
Alamat Jl. Raya Ambokembang No.8, Kambang Tengah, Ambokembang, Kec. Kedungwuni, Pekalongan, Jawa Tengah 51172, Indonesia
Google Map google.com/maps/place/Universitas+Muhammadiyah+Pekalongan+Pekajangan+(UMPP)
Situs umpp.ac.id
Rektor Dr. Nur Izzah, S.Kp., M.Kes


Sumber :


1. umpp.ac.id








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Diperiksa KPK Selama 5 Jam,

    Selama 5 jam diperiksa, Anies dicecar penyidik KPK
Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved