Rizieq Shihab Salahkan Mahfud MD soal Kerumunan Penjemputannya, Menko Polhukam Angkat Suara

Mahfud MD membantah tuduhan Rizieq Shihab bahwa kerumunan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta pada November 2020 lalu adalah salah pemerintah.


zoom-inlihat foto
rizieq-shihab-tiba-di-polda-metro-jaya-pada-sabtu-12122020.jpg
(Kompas.com/Sonya Teresa )
Mahfud MD membantah tuduhan Rizieq Shihab bahwa kerumunan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta pada November 2020 lalu adalah salah pemerintah.


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat suara merespon tuduhan Rizieq Shihab kepadanya.

Rizieq mengaku heran mengapa kerumunan yang timbul saat dirinya tiba di Bandara Soekarno-Hatta sebelumnya malah tidak diproses hukum.

Padahal, kata dia, saat itu Mahfud MD yang menyampaikan kepada publik bahwa dirinya akan tiba di Tanah Air pada 10 November 2020 dan mempersilakan massa menjemput.

Melalui cuitan di Twitter, Mahfud MD mengunggah video konferensi pers saat ia mengizinkan Rizieq Shihab pulang dari Arab Saudi ke Indonesia pada November 2020 lalu.

Dalam video tersebut ia menegaskan bahwa pemerintah tak melarang Rizieq untuk pulang.

Baca: 4 Poin Penting Larangan Mudik Lebaran 2021:  Mulai Berlaku pada 6-17 Mei, Cuti Hanya Sehari

Baca: Tabrakan Kereta Api Mesir Tewaskan 32 Penumpang, Disebabkan Orang Tak Dikenal Tarik Rem Darurat

Menkopolhukam, Mahfud MD memberikan keterangan pers terkait pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Amien Rais dan sejumlah perwakilan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021). Menurut Mahfud MD, kedatangan Amien Rais beserta KH Abdullah Hehamahua, KH Muhyiddin Junaidi, Marwan Batubara, Firdaus Syam, Ahmad Wirawan Adnan, Mursalim, dan Ansufri Id Sambo guna membahas laporan Komnas HAM terkait peristiwa tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Cikampek beberapa waktu lalu.
Menkopolhukam, Mahfud MD menegaskan bahwa kerumunan saat penjemputan Rizieq Shihab di bandara Soekarno Hatta bukanlah kesalahan pemerintah. (Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Rusman)

Sebab Rizieq masih memiliki hak-hak hukum.

Ia pun tak melarang masyarakat atau pengikut Rizieq Shihab menjemput ketika mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) tiba di bandara Soekarno Hatta.

Namun Mahfud menegaskan bahwa harus mematuhi protokol kesehatan.

“Dari video tersebut jelas, waktu itu pulangnya HRS memang diizinkan dan dikawal secara resmi sebagai diskresi pemerintah via Polhukam sampai ke Petamburan,” tulis Mahfud MD, seperti dikutip Tribunnewswiki.com dari Twitter-nya @mohmahfudmd, Sabtu (27/3/2021).

Menjawab tuduhan Rizieq yang menyebut bahwa kerumunan yang ada di Petamburan dan Megamendung bukan keputusan yang diambil pemerintah.





Halaman
123






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved