Pejabat Partai Myanmar Tewas dalam Tahanan karena Diduga Disiksa Aparat Junta Militer

Zaw Myat Linn, tokoh dari Partai NLD adalah orang kedua yang tewas dalam tahanan, sementara lebih dari 60 pengunjuk rasa tewas sejak kudeta militer.


zoom-inlihat foto
tewas-myanmar-06.jpg
Handout / Myitkyina News Journal / AFP
Foto yang diambil pada 8 Maret 2021 dan dirilis pada 9 Maret oleh Myitkyina News Journal menunjukkan seorang biarawati memohon kepada polisi untuk tidak menyakiti pengunjuk rasa di Myitkyina di negara bagian Kachin Myanmar, di tengah tindakan keras terhadap demonstrasi menentang kudeta militer. Dilaporkan seorang pejabat partai NLD tewas setelah disiksa dalam tahanan sementara lebih dari 60 pengunjuk rasa tewas selama pengendalian demo antikudeta militer Myanmar.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Penguasa militer Myanmar tidak saja menembaki hingga tewas 60-an pengunjuk rasa yang menentang kudeta militer.

Junta militer Myanmar juga disebut melakukan penyiksaan terhadap tahanan dari Partai National League for Democracy (NLD) di dalam ruang tahanan.

Saat melakukan kudeta, junta militer Myanmar memang menangkapi puluhan anggota Partai NLD, termasuk tokoh sentral partai ini, Aung San Suu Kyi.

Zaw Myat Linn, nama tokoh dari Partai NLD ini adalah orang kedua yang tewas dalam tahanan dalam beberapa hari terakhir, sementara lebih dari 60 pengunjuk rasa telah tewas sejak kudeta militer.

Myat Linn meninggal dalam tahanan setelah dia ditangkap pada hari Selasa, kata seorang mantan anggota parlemen, tokoh partai kedua yang tewas dalam penahanan dalam beberapa hari, dikutip Al Jazeera, Rabu (10/3/2021).

Zaw Myat Linn meninggal dalam tahanan setelah dia ditahan di Yangon sekitar pukul 01:30 pagi, kata Ba Myo Thein, seorang anggota majelis tinggi parlemen yang dibubarkan.

Baca: Makam Kyal Sin, Gadis 19 Tahun yang Tewas Ditembak, Digali Aparat Myanmar demi Keperluan Forensik

tewas myanmar 01
Para pengunjuk rasa berlindung di balik perisai buatan sendiri setelah gas air mata ditembakkan selama demonstrasi menentang kudeta militer di Yangon pada 8 Maret 2021.

“Dia terus berpartisipasi dalam protes,” kata Ba Myo Thein.

Saat ini kerabat mencoba untuk mengambil jenazah di Rumah Sakit Militer.

Baik militer maupun polisi tidak menanggapi panggilan untuk memberikan komentar.

Baca: PROFIL Angel, Demonstran Viral yang Tewas Ditembak Aparat di Kepala saat Aksi Tolak Kudeta Myanmar

Zaw Myat Linn, yang mengelola institut kejuruan di kota terbesar Myanmar, adalah pejabat NLD kedua yang tewas dalam tahanan dalam beberapa hari terakhir.





Halaman
1234
Editor: haerahr






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved