Sejarah Hari Perempuan Internasional, Diperingati Setiap 8 Maret, Berawal dari Penindasan

Begini sejarah Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day, yang diperingati setiap tanggal 8 Maret.


zoom-inlihat foto
hari-perempuan-internasional.jpg
Istimewa
International Women's Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional. Selalu diperangati setiap tanggal 8 Maret


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Saat membuka laman utama Google hari ini Senin (8/3/2021), kita akan disuguhkan doodle logo berupa dua telapak tangan saling menggenggam menyerupai bentuk huruf "O" kedua kata "Google" dengan latar belakang tangan-tangan lain yang terangkat ke atas.

Doodle Google tersebut dibuat khusus untuk merayakan Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (IWD), yang jatuh setiap tanggal 8 Maret.

Setiap tahun, 8 Maret, diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (IWD), untuk merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik perempuan.

Mengutip laman IWD, Hari Perempuan Internasional juga dirayakan sebagai kampanye untuk mempercepat tercapainya kesetaraan gender.

Pada perayaan Hari Perempuan Internasional tahun 2021, tema yang diusung adalah 'Choose to Challenge' atau 'Memilih untuk Menantang'.

Tema tersebut bermakna sebagai seruan kepada semua pihak untuk menantang dan menyerukan tentang bias dan ketidaksetaraan gender, serta merayakan pencapaian perempuan.

Hari Perempuan Sedunia 8 Maret
Hari Perempuan Sedunia, 8 Maret 2021.

Baca: Hari Persahabatan Dunia, UNICEF Gandeng BTS Luncurkan Video Kampanye #EndViolence

Baca: Hari Pers Nasional (HPN)

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Melansir NBC News, 8 Maret 2019, KaeLyn Rich, penulis buku Girls Resist! A Guide to Activism, Leadership and Starting a Revolution, mengatakan, cikal bakal perayaan Hari Perempuan Internasional dapat ditelusuri hingga tahun 1900-an.

"Saya rasa banyak orang melihat IWD sebagai bagian dari Women's History Month, atau bagian dari perayaan umum pencapaian perempuan dan pemahaman mereka berhenti di situ," kata Rich.

"Pada awalnya, IWD adalah hari protes massa dan aksi kolektif yang diorganisir oleh dan untuk perempuan," kata dia.





Halaman
1234
Editor: Putradi Pamungkas




KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved