Pembelot Korea Utara Berenang Selama 6 Jam dan Merangkak via Saluran Air agar Bisa ke Korsel

Pria Korea Utara itu berenang selama enam jam menuju Korea Selatan dan kemudian merangkak melalui pipa drainase di bawah kawat berduri.


zoom-inlihat foto
pembelot-korea-utara-06.jpg
YONHAP / AFP via Getty Images
Pasukan Korea Utara berpatroli di perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan. Seorang pria, yang dilaporkan berusia 20-an, diketahui berhasil berenang melintasi perbatasan maritim Korea Utara dan Selatan meski harus menempuhnya hingga enam jam.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Seorang pelarian dari Korea Utara berhasil keluar dari negaranya setelah berenang selama enam jam dan merangkak melalui saluran air. 

Pihak berwenang Korea Selatan mengakui bahwa mereka telah gagal bertindak setelah seorang pembelot Korea Utara terlihat di kamera pengintai di dekat pantai Goseong, Gangwon, dengan peralatan renang.

Pria Korea Utara itu berenang selama enam jam menuju Korea Selatan dan kemudian merangkak melalui pipa drainase di bawah kawat berduri dalam upaya untuk membelot.

Pria, yang dilaporkan berusia 20-an, diketahui telah berenang melintasi perbatasan maritim Korea Utara dan Selatan dan kemudian masuk melalui pipa drainase, dikutip Daily Star, Kamis (18/2/2021).

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan pria itu pertama kali terlihat di kamera pengintai yang melewati pos pemeriksaan militer pada pukul 04.20 pagi.

Dia tidak ditangkap oleh militer sampai tiga jam kemudian ketika dia memasuki zona kontrol sipil yang terlarang.

Baca: Korea Utara Retas Pfizer, Berupaya Curi Data Vaksin dan Perawatan Covid-19, Padahal Klaim Nol Kasus

pembelot korea utara 01
Patroli perbatasan gagal menemukan pembelot Korea Utara.

Pakaian selam dan sirip yang digunakan pria itu kemudian ditemukan di pantai di Goseong, Gangwon, serta helm yang bisa dilepas yang digunakan oleh nelayan Korea Utara.

Zona ini terletak 2,5 meter di selatan Zona Demiliterisasi, atau DMZ, yang bertindak sebagai penyangga antara kedua Korea yang bertetangga tapi sudah lama bertikai.

Menurut harian Korea Selatan, JoongAng, pria itu adalah warga negara Korea Utara yang telah menyatakan keinginannya untuk membelot ke Korea Selatan di masa lalu.

Baca: Kasus Covid-19 Dunia Capai 100 Juta, Korea Utara Kini Waspada Penuh Meski Klaim Nol Kasus

Tidak jelas di mana pria itu tinggal saat ini.





Halaman
1234
Editor: haerahr






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved