Wisatawan Masuk Jogja Wajib Rapid Tes Antigen, 3 Perbatasan Diperketat Antisipasi Lonjakan Covid-19

Wisatawan yang ingin memasuki Yogyakarta wajib lakukan Rapid tes antigen, 3 perbatasan bakal dijaga ketat demi antisispasi penyebaran covid-19


zoom-inlihat foto
palang-jalan-malioboro.jpg
Net
Palang jalan Malioboro


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Wisatawan yang masuk Yogyakarta wajib tes antigen mulai hari ini, tiga perbatasan dijaga ketat demi antisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Pengetatan ini mulai dilakukan hari ini, Kamis (11/2/2021).

Penjagaan akan dilakukan di tiga titik perbatasan DIY yakni wilayah timur di jalur Prambanan-Yogyakarta, wilayah barat di perbatasan Temon, Kulon Progo-Purworejo, dan sisi utara Tempel, Sleman-Magelang.

Kebijakan ini diambil oleh Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) demi mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 di DIY.

Hal tersebut disampaikan oleh Noviar Rahmad, koordinator bidang penegakan hukum Satpol PP DIY, Selasa (9/2/2021).

Dikutip dari Tribun Jogja, penjagaan di perbatasan DIY tersebut sebagai langkah antisipasi adanya lonjakan wisatawan saat libur perayaan Imlek tahun ini.

"Penjagaan di tiga perbatasan akan dimulai pada 11 hingga 14 Februari karena takutnya ini menjadi libur panjang. Tujuannya untuk mengantisipasi lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Imlek. Bagi yang ingin masuk ke DIY semuanya wajib menunjukkan surat keterangan negatif hasil rapid test antigen," ujar Noviar.

Ilustrasi Malioboro Jogja, yang kini jumlah pengunjungnya menurun selama PPKM
Ilustrasi Malioboro Jogja, yang kini jumlah pengunjungnya menurun selama PPKM (Instagram.com/@moh_aslanhidayat.02)

Aturan yang mewajibkan pengendara luar DIY untuk menyertakan surat keterangan negatif rapid antigen juga berlaku untuk pekerja asal daerah luar DIY yang setiap harinya bekerja di wilayah DIY.

"Yang setiap harinya laju (pulang-pergi) dari daerah luar DIY yang bekerja atau keperluan lain dan masuk ke DIY juga wajib menyertakan surat negatif rapid antigen, karena kami tidak tahu apakah mereka benar-benar laju atau tidak," kata Noviar.

Sementara untuk razia di perbatasan wilayah tersebut menyesuaikan Instruksi Kementerian Dalam Negeri (Inmendagri) tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) berbasis mikro.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved