Pemerintah Keluarkan Aturan tentang PPKM Mikro yang Akan Dilaksanakan 9-22 Februari 2021

PPKM mikro merupakan tindak lanjut dari PPKM yang telah dilaksanakan sebanyak dua kali.


zoom-inlihat foto
Ilustrasi-pengunjung-toko-PPKM.jpg
Kontan
Ilustrasi pengunjung toko menggunakan protokol kesehatan saat pelaksanaan PPKM di Jawa dan Bali. PPKM mikro akan dilaksanakan pada 9—22 Februari 2021.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah melalui Kementerian Dalam negeri (Kemendagri) mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 3 Tahun 2021 tentang pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Instruksi yang diterbitkan pada Sabtu, (6/2/2021), tersebut juga memuat pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan.

Kedua aturan itu dibuat untuk mengendalikan penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

PPKM mikro direncakanan bakal dilaksanakan pada 9 hingga 22 Februari 2021.

PPKM mikro merupakan tindak lanjut dari PPKM yang telah dilaksanakan sebanyak dua kali, dari 12 Januari hingga 8 Februari 2021.

Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Safrizal, mengatakan selama dua periode PPKM, penularan Covid-19 belum berhasil diturunkan sehingga perlu dilakukan pembatasan dengan skala yang lebih kecil.

Nantinya, seluruh kelurahan/desa dalam suatu kabupaten/kota yang memberlakukan PPKM mikro wajib menerapkan pembatasan yang ditetapkan pemerintah.

Baca: Apa Itu PPKM Berskala Mikro? Kebijakan Baru Jokowi yang Mulai Berlaku pada 9 Februari 2021

Ilustrasi pelaksanaan PPKM.
Ilustrasi pelaksanaan PPKM. (KOMPAS.COM/FARIDA)

"Misalnya Kota Depok, maka seluruh kelurahan di Kota Depok seluruhnya dilakukan PPKM mikro," kata Safrizal dalam Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang ditayangkan YouTube Pusdalops BNPB, Minggu (7/2/2021).

Adapun pembatasan yang diterapkan dalam PPKM mikro yakni pusat perbelanjaan atau mal wajib tutup pukul 21.00 tanpa toleransi.

Sebelumnya, pada PPKM jilid 2, mal hanya boleh beroperasi hingga pukul 20.00.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved