Menag Ingin Jadikan Candi Borobudur Pusat Ibadah Umat Buddha Dunia, Ganjar: Banyak Sekali Manfaatnya

Gus Yaqut optimis Borobudur bisa jadi pusat ibadah umat Buddha dunia, Ganjar respon positif


zoom-inlihat foto
jokowi-dan-ganjar-di-candi-borobudur.jpg
TRIBUNNEWS/SETPRES/RUSMAN
ILUSTRASI - Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan jajaran menteri terkait mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jumat (29/1/2015). Jokowi meninjau langsung pelaksanaan rencana pengembangan destinasi Borobudur dan Badan Pengelola Kawasan Pariwisata Borobudur, dalam rangka penerapan Tahun Percepatan Akselerasi untuk mewujudkan pencapaian target pembangunan di sektor pariwisata.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berencana menjadikan Candi Borobudur sebagai pusat ibadah umat Buddha di dunia.

Gus Yaqut, sapaan akrab Menag, optimis dengan rencana tersebut.

Dirinya mengaku siap untuk mengawal persiapan yang dibutuhkan umat Buddha.

Hal itu disampaikan Menag saat berdiskusi dengan Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha Kementerian Agama Caliadi di rumah dinas Menag, Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan.

"Kita berharap segenap ormas keagamaan dan majelis Buddha bersatu padu dalam mewujudkan Borobudur sebagai sentral rumah ibadah umat Buddha dunia."

"Misalnya dalam perayaan Waisak dan perayaan keagamaan lainnya," ujar Menag, Kamis (28/1/2021).

Pertemuan tersebut juga membahas program penguatan persaudaraan umat Buddha.

Respon Wakil Ketua DPD RI

Menanggapi rencana ini, Wakil Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin menyampaikan respon positif, sebagaimana diberitakan Tribunnews.com, Senin (1/2/2021).

"Borobudur bukan hanya tentang umat Budha saja, lebih dari itu, Borobudur merupakan akar sejarah perjalanan perkembangan kehidupan spiritualitas bangsa Indonesia. Jadi dengan membuat Candi Borobudur menjadi pusat ibadah umat Budha di dunia, saya yakin akan terjadi Multiplier Effect yang luar biasa bagi kehidupan sosial, ekonomi, politik, serta budaya Indonesia," ujarnya Minggu (31/01/2021).





Halaman
1234






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved