Penambahan Alat Berat Diupayakan untuk Mempercepat Evakuasi Longsor Sumedang

Kendala yang dihadapi saat ini ialah, jenis dan karakteristik tanah yang sangat sensitif dengan air, sehingga akan mempersulit proses evakuasi.


zoom-inlihat foto
tim-sar-gabungan-terpaksa-harus-merobohkan-bangunan-taman-kanak-kanak-tk-an-nur.jpg
TRIBUN JABAR / HILMAN KAMALUDIN
Tim SAR gabungan terpaksa harus merobohkan bangunan Taman Kanak-Kanak (TK) An-Nur dalam melakukan pencarian korban tertimbun longsor di Perum Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, RT 3/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Tim SAR kembali menemukan korban tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat.

Jenazah tersebut ditemukan pada pukul 09.00 WIB (13/1/2021) di sektor 2 evakuasi, yakni di belakang Masjid An-Nur seperti dilansir dari Kompas TV pada Rabu (13/1/2021) siang.

Jasad korban segera diidentifikasi dengan langsung dibawa petugas menggunakan mobil jenazah ke puskesmas terdekat.

Korban berjenis kelamin laki-laki ini nantinya akan diidentifikasi oleh petugas dinas kesehatan dan tim DVI (Disaster Victim Identification) Polda Jawa Barat.

Baca: Wakil Bupati Sumedang Tak Beri Izin Warga Tinggal di Daerah Rawan Longsor

Kepala Kantor SAR Jawa Barat, Deden Ridwansyah, menjelaskan, dengan ditemukannya satu jasad korban pagi tadi, menandakan total korban yang ditemukan bertambah menjadi 17 orang.

"Sekitar pukul 09.00, alhamdulillah kita bisa menemukan 1 korban kembali, sehingga total korban yang sudah ditemukan 17, dengan kondisi meninggal dunia," ungkap Deden Ridwansyah.

Evakuasi korban longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (11/1/2020).
Evakuasi korban longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (11/1/2020). (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Upaya Evakuasi Terus Dilanjutkan

Hingga sekarang, tim SAR dan petugas gabungan lainnya terus melakukan pencarian korban yang dinyatakan masih hilang sekira 23 korban longsor. 

Deden mengatakan, konsentrasi pencarian masih tetap pada 3 sektor, namun ada penambahan penugasan, yaitu pembuangan material.

"Sesuai dengan rencana operasi, konsentrasi saat ini tetap di 3 sektor. Namun kita sedang melakukan penambahan untuk pembuanagn material, dan tentunya ini sangat membantu sekali untuk mempermudah proses pencarian," ucap Deden saat ditemui di lokasi longsor.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved