Diam-diam Pemain Timnas Indonesia U-19 Ini Segera Main di Eropa, Siapa Dia?

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Brylian Aldama ternyata kini tinggal selangkah lagi bergabung dengan klub asal Kroasia, NHK Rijeka.


zoom-inlihat foto
aldama-kroasia.jpg
Instagram @brylianaldamaa
Brylian Aldama, pemain Timnas Indonesia U-19 yang segera bergabung dengan klub Kroasia, NHK Rijeka.


TRIBUNNEWSWIKI.COM -Sejak era dahulu kala, sudah ada pemain asal Indonesia yang mampu berkiprah di beberapa klub di Eropa.

Contohnya pada era 90'an, ada rombongan pemain muda asal Indonesia yang sempat menjajal Sampdoria dan beberapa klub-klub di benua tersebut.

Namun, berangkatnya mereka ke Italia waktu itu dikarenakan program PSSI Primavera Barretti dengan mengirim serombongan pemain muda Timnas Indonesia untuk belajar mengembangkan bakat sepak bola disana.

Sehingga, previlese untuk mendapatkan kesempatan bermain di klub Eropa pun lebih terbuka diawali oleh jalur peningkatan kualitas pemain oleh PSSI yang dilaksanakan pada tahun 1993 tersebut.

Misalnya yang terjadi pada penyerang legendaris Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto yang mampu berkarier di Sampdoria Primavera dan klub Swiss, FC Luzern.

Selain Baretti, PSSI juga sempat meluncurkan program Sociedad Anonima Deportivo (SAD) Uruguay pada 2008 lalu.

Meski begitu, dari deretan pemain lulusan SAD Uruguay, mereka kesulitan hanya sekedar untuk menembus persaingan di klub-klub menengah di negara Amerika Selatan, padahal pemain bisa menembus Timnas Indonesia.

Tren pemain Indonesia bermain di luar negeri kini tak lagi dengan program-program demikian, mengingat peran agensi sepak bola yang semakin kuat di era olahraga modern ini.

Salah duanya terjadi pada Egy Maulana Vikri yang sedang di Lechia Gdansk (Polandia) dan Witan Sulaiman di FK Radnik Surdulica (Serbia).

Kini, satu nama yang akan bergabung dengan klub Eropa adalah Bagus Kahfi, penyerang Timnas Indonesia U-19 dan akan bergabung dengan tim cadangan atau kedua FC Utrecht, klub di Liga Belanda. 

Baca: Drama Berakhir Bahagia: Kontrak 18 Bulan Menanti Bagus Kahfi, Klub Eropa Manakah yang Jadi Tujuan?





Halaman
1234
Penulis: Haris Chaebar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

  • Semur Jengkol

    Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang diolah
  • Minnie (G)I-DLE

    Dia melakukan debut aktingnya dalam serial Netflix "So
  • Kasus Dugaan Penelantaran Anak, Kuasa

    W membeberkan dugaan penelantaran status dan nafkah dari
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved