Begini Sejarah Penetapan Hari Pahlawan yang Diambil Soekarno dari Pertempuran Surabaya

Hari Pahlawan Nasional ditetapkan oleh Soekarno pada 1959 yang diambil dari peristiwa Pertempuran Surabaya saat melawan Sekutu.


zoom-inlihat foto
hotel-yamato2.jpg
(Kompas/ Bahana Patria Gupta)
Pemuda menyerbu Hotel Yamato dalam rekonstruksi peristiwa perobekan bendera merah putih biru pada 19 September 1945 di Jalan Tunjungan, Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (19/9). Perobekan bendera tersebut merupakan awal perjuangan pemuda Surabaya mempertahankan kemerdekaan. Puncaknya adalah ultimatum oleh Sekutu pada 10 November 1945 yang berakhir dengan pertempuran besar dan diperingati sebagai Hari Pahlawan.(Kompas/ Bahana Patria Gupta)


TRIBUNNEWSWIKI.COM - 10 November ditetapkan sebagai hari nasional yang setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Penetapan hari pahlawan pada 10 November diambil dari pertempuran Indonesia melawan Sekutu di Surabaya pada 1945.

Alasan lain kenapa 10 November dijadikan Hari Pahlawan yakni karena pada saat itu, pertempuran yang terjadi di Surabaya adalah perang terbesar Indonesia setelah masa Kemerdekaan.

Pasalnya, meski Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, para penjajah tidak dengan mudah melepaskan cengkeramannya.

Kemudian di tahun 1950-an, 10 November mulai dibicarakan menjadi hari pahlawan.

Penetapan hari pahlawan tersebut diutarakan oleh Soekarno sebagai pengingat akan jasa-jasa para pahlawan.

Keputusan Soekarno tersebut didasari oleh usulan Sumarsono, mantan pimpinan tertinggi gerakan Pemuda Republik Indonesia (PRI) yang ketika itu turut berperan besar dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan bangsa bersama arek-arek Suroboyo.

Diketahui, Soekarno menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan sebagai upaya sang proklamator untuk melegitimasi peran militer dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Baca: Hari Pahlawan Nasional - Ini 10 Film Perjuangan yang Bisa Kamu Tonton, Battle of Surabaya Paling Pas

Baca: Peringati Hari Pahlawan 10 November, Berikut Rekomendasi Film Perjuangan Indonesia

Berkaitan dengan legitimasi tersebut, Bung Karno turut menyematkan gelar kepahlawanan kepada figur-figur yang secara historikal turut berperan dalam pertempuran tersebut.

Penetapan 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional didasari keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved