Daftar 10 Daerah dengan UMK dan UMP Tertinggi, Karawang dan DKI Jakarta Paling Tinggi

Menaker mengatakan yang menetapkan UMP di setiap daerah adalah para gubernur


zoom-inlihat foto
ilustrasi-upah-minimum.jpg
Tribun Palu
Ilustrasi upah minimum. Karawang menjadi daerah dengan UMK tertinggi di Indonesia.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah memilih tidak menaikkan upah minimum untuk tahun 2021.

Dengan demikian, upah minimum tahun depan sama dengan upah minimum saat ini. 

Kementerian Ketenagakerjaan sudah meminta semua gubernur untuk mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) di masing-masing wilayahnya pada 1 November 2020.

Sementara itu, bupati atau wali kota diminta mengumumkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) paling lambat tanggal 21 November 2020.

Meski demikian, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan yang menetapkan UMP di setiap daerah adalah para gubernur.

Kemnaker hanya meminta agar menyesuaikan kondisi saat ini dengan beberapa latar belakang salah satunya kemerosotan perekonomian nasional.

"Sekali lagi ini yang akan menetapkan adalah para gubernur," kata Ida pada Minggu, (1/11/2020), dikutip dari Kompas.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata (kiri), bersama Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, memberikan keterangan usai pertemuan tertutup antara KPK dengan Kementerian Ketenagakerjaan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020). Pertemuan antara KPK dengan Kementerian Ketenagakerjaan yaitu membahas pencegahan korupsi dalam program bantuan pemerintah dalam bentuk subsidi upah sebesar Rp600 ribu.
Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata (kiri), bersama Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, memberikan keterangan usai pertemuan tertutup antara KPK dengan Kementerian Ketenagakerjaan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020). Pertemuan antara KPK dengan Kementerian Ketenagakerjaan yaitu membahas pencegahan korupsi dalam program bantuan pemerintah dalam bentuk subsidi upah sebesar Rp600 ribu. (Tribun Images/Irwan Rismawan)

Baca: Bertambah, Kini Ada 28 Provinsi Putuskan Tidak Menaikkan Upah Minimum Tahun 2021

Sejauh ini, ada dua daerah yang tidak mengikuti surat edaran dari Menaker dan tetap menaikkan UMP pada tahun depan, kedua provinsi tersebut yakni DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Sementara itu, DKI Jakarta menerapkan kenaikan UMP dengan prinsip fleksibilitas atau kenaikan upah minimum hanya berlaku untuk perusahaan yang tidak terdampak pandemi Covid-19.

UMP dan UMK tertinggi di Indonesia





Halaman
12
Penulis: Febri Ady Prasetyo
Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved