Erupsi Merapi Semakin Dekat, BPPTKG Sebut Letusan Tak Akan Sebesar 2010, Ini Penjelasannya

Saat ini, setiap hari terjadi enam kali gempa gempa dangkal di kawasan Merapi, 23 kali gempa dangkal, dan deformasi sebesar 2 sentimeter


zoom-inlihat foto
merapia.jpg
www.niagawisata.com/sonydsc
Gunung Merapi, difoto dari Kaliurang.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta ingatkan potensi erupsi Gunung Merapi dalam waktu dekat, diperkirakan tak sebesar 2010.

BPPTKG Yogyakarta menyatakan erupsi Gunung Merapi selanjutnya semakin dekat.

Hal tersebut berdasarkan pengamatan aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang meningkat, secara kegempaan dan deformasi atau perubahan bentuk gunung.

Hingga kini, secara rata-rata, terjadi enam kali gempa gempa dangkal, 23 kali gempa dangkal, dan deformasi sebesar 2 sentimeter dalam setiap hari.

Meski demikian, letusan dalam waktu dekat diperkirakan tidak sebesar yang terjadi pada 2010.

"Hal ini menunjukkan waktu erupsi berikutnya semakin dekat, diperkirakan tidak akan sebesar 2010 dan cenderung mengikuti perilaku erupsi pada tahun 2006. Status Gunung Merapi masih waspada dan aktivitas masih berlangsung, kita harus siap," jelas Hanik saat peringatan dasawarsa erupsi merapi 2010, yang disiarkan melalui daring, Senin (26/10/2020).

Puncak Gunung Merapi dilihat dari Wisata Kali Talang, Klaten
Puncak Gunung Merapi dilihat dari Wisata Kali Talang, Klaten (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Sebagai informasi, letusan Gunung Merapi yang terjadi November hingga Desember 2010 membuat lebih dari 300.000 orang mengungsi dan sedikitnya 353 orang tewas.

Menurut Hanik, peningkatan aktivitas Gunung Merapi yang terjadi belakangan ini berbeda dengan jelang letusan pada 2010 dan 2006.

"Sudah dua tahun lebih di mana erupsi didominasi dengan gas, bersifat eksplosif tetapi dengan indeks eksplosif rendah yaitu satu. Atau jika dibanding dengan erupsi 2010 seperseribu, dan seperseratus jika dibandingkan dengan erupsi tahun 2006," katanya.

Baca: Museum Gunung Merapi

Letusan Gunung Merapi pada 2010 tercatat memiliki indeks erupsi 4.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved