Timnas Indonesia U-19 Kini Diisi 4 Pemain Keturunan, Bagaimana Cara Shin Tae-yong Menyeleksi Mereka?

Shin Tae-yong menceritakan proses perekrutan pemain keturunan di Timnas Indonesia U-19 pada masa kepelatihannya.


zoom-inlihat foto
brown-gol.jpg
Dokumen PSSI
Jack Brown, mencetak gol ke gawang Makedonia Utara kala Timnas Indonesia U-19 menang 4-1 di Stadion NK Njunak Sinj, Split, Kroasia, Minggu (11/10/2020).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Timnas Indonesia U-19 masih menjalani agenda pemusatan latihan atau training center (TC) di Kota Split, Kroasia hingga kini.

Akibat tidak kunjung mendapat lawan uji coba, sehingga PSSI memutuskan bahwa Timnas Indonesia U-19 untuk tetap berada di Kroasia dan hanya berpindah tempat latihan.

Masa pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 memang diperpanjang mengingat ajang Piala Asia U-19 2020 yang seharusnya digelar di Uzbekistan, Oktober 2020 ini mundur ke tahun depan akibat pandemi Covid-19.

Tak terasa, pemusatan latihan yang dijalani Timnas Indonesia U-19 di Kroasia telah berjalan selama kurang lebih dua bulan.

David Maulana dkk telah menginjakkan kaki di negara Balkan itu sejak 30 Agustus 2020.

Selama berada di Kroasia, pasukan Garuda Muda telah menjalani 11 laga uji coba baik itu dengan klub atau pun timnas.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, membongkar cara mencari pemain keturunan untuk dimasukkan ke skuad Garuda Nusantara.

Sejak diminta melatih timnas Indonesia di berbagai level sejak akhir 2019 lalu, Shin Tae-yong telah melakukan sejumlah eksperimen.

Salah satunya adalah memanggil beberapa pemain keturunan ke Timnas Indonesia U-19.

Sejauh ini, juru taktik asal Korea Selatan itu telah memanggil empat pemain keturunan ke skuad Garuda Nusantara muda.

Baca: Rapat Bersama Jokowi, Ketum PSSI Sebut 3 Peningkatan Timnas Indonesia Sejak Dilatih Shin Tae-yong

Baca: Jack Brown

Empat pemain yang dimaksud adalah Jack Brown, Elkan Baggott, serta Luah Mahesa dan Kelana Mahesa yang baru bergabung pada Minggu (18/10/2020).

Empat pemain itu sudah turut serta dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 yang digelar di Kroasia.

Timnas Indonesia U-19 kala mengalahkan Makedonia Utara kala dengan skor 4-1 di Stadion NK Njunak Sinj, Split, Kroasia, Minggu (11/10/2020).
Timnas Indonesia U-19 kala mengalahkan Makedonia Utara kala dengan skor 4-1 di Stadion NK Njunak Sinj, Split, Kroasia, Minggu (11/10/2020). Jack Brown (nomor 10) dan Elkan Baggott (belakang), merupakan beberapa pemain keturunan di Timnas Indonesia U-19 saat ini. (Dokumen PSSI)

Keempatnya juga bahkan sudah diturunkan dalam satu pertandingan yang sama, yakni saat Bagas Kaffa dkk membantai Hajduk Split 4-0 dalam laga uji coba pada Selasa (20/10/2020).

Shin Tae-yong lantas membongkar cara pihaknya mencari pemain keturunan.

Menurutnya, dalam pencarian pemain keturunan yang berkualitas, pihaknya mendapat bantuan dari PSSI dan ofisial Timnas Indonesia U-19.

Penilaian awal para pemain keturunan dilakukan dengan cara melihat curriculum vitae (CV), administrasi, dan analisis video.

Baca: Elkan Baggott

"Dalam pencarian pemain keturunan kami dibantu PSSI, tim pelatih dan ofisial timnas U-19," ucap Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI.

"Kami sudah mempunyai data beberapa nama pemain dan sudah melakukan pembicaraan ke sejumlah pemain keturunan."

"Pemain kami lihat dari curriculum vitae (CV), administrasi, analisis video dan setelah itu kami datangkan saat menjalani pemusatan latihan (TC) untuk melihat kualitasnya secara langsung,"  kata Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dokumen PSSI)

Di sisi lain, Shin Tae-yong tidak menutup kemungkinan untuk kembali mendatangkan pemain keturunan dalam TC selanjutnya.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved