Trending Topik Potensi Gempa dan Tsunami 20 Meter di Selatan Pulau Jawa, Begini Penjelasannya

Hasil riset para peneliti ITB tunjukkan adanya potensi gempa magnitudo 9,1 hingga tsunami setinggi 20 meter di Selatan Pulau Jawa.


zoom-inlihat foto
ilustrasi-gempa.jpg
Tribunwow.com
Ilustrasi gempa


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Berita mengenai potensi adanya gempa magnitudo 9,1 hingga tsunami 20 meter mendebarkan banyak pihak.

Bahkan kabar bencana alam yang diduga akan terjadi di Selatan Pulau Jawa itu menjadi trending topik di Twitter.

Hasil riset para peneliti Institut Teknologi Bandung ( ITB) yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Report pekan lalu mengungkapkan adanya potensi tsunami 20 meter di selatan Pulau Jawa.

Salah satu anggota tim peneliti tersebut, Endra Gunawan mengatakan riset ini menggunakan analisis multi-data dari berbagai peneliti.

Selama ini, sejarah gempa besar di kawasan Pulau Jawa tidak diketahui atau tidak terdokumentasi.

"Pascagempa 2004 di Aceh, beberapa peneliti melakukan pengambilan sampel, atau yang dikenal dengan paleoseismologi, untuk mengetahui sejarah gempa besar di masa lalu di kawasan tersebut," ungkap Endra yang dikutip dari Kompas.com, Jumat (25/9/2020)

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa gempa besar yang di Aceh pada tahun 2004 lalu, pernah terjadi 600 tahun yang lalu.

Sedangkan di Jawa, dokumentasi tentang sejarah gempa besar tidak terdokumentasi dan tidak diketahui.

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa Kanto Tewaskan 140 Ribu Jiwa, Sebabkan Tsunami dan Tornado Api Dahsyat

Baca: Gempa 6,9 SR yang Guncang Larantuka Termasuk Kategori Deep Focus Earthquake, Apa Itu?

Riset yang dimulai sejak 5 tahun tersebut, mengusulkan pemodelan potensi bencana gempa bumi di zona subduksi di sepanjang selatan Jawa berbasis analisis multi-hazard dan multi-data untuk pengurangan risiko atau mitigasi bencana.

Terkait potensi tsunami dan gempa besar di selatan Jawa, Endra menjelaskan hasil riset itu berasal dari analisis data GPS dan data gempa yang terekam.









KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved