Ilmuwan Inggris Temukan Alat Tes Covid-19 Baru, Tak Perlu Laboratorium, Hasil Keluar dalam 90 Menit

Ilmuwan berhasil meenmukan alat tes covid-19 yang cepat, hanya butuh waktu 90 menit


zoom-inlihat foto
warga-menunggu-giliran-tes-covid-19.jpg
NHAC NGUYEN / AFP
ILUSTRASI Tes Covid-19 --- Warga menunggu giliran tes Covid-19 di pusat kedokteran distrik Hoan Kiem, Hanoi, Vietnam, pada 13 Agustus 2020. WHO menyebut Covid-19 banyak ditularkan oleh kelompok umur 20-an hingga 40-an tahun.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Tes PCR selama ini diyakini sebagai tes paling tepat untuk menguji virus corona.

Namun, untuk melakukan tes ini membutuhkan waktu yang agak lama.

Pasalnya, spesimen perlu dicek lebih dulu di laboratorium.

Namun, kini sudah ada alat yang jauh lebih cepat.

Dalam studi baru di Inggris, para ilmuwan menemukan alat tes Covid-19 yang hasilnya akan keluar dalam waktu 90 menit, saat ini telah terbukti memiliki sensitivitas lebih dari 94 persen, dan spesifisitas 100 persen.

Dalam siaran pers yang dikirimkan kepada Kompas.com, Jumat (18/9/2020) pekerjaan yang diterbitkan jurnal The Lancet Microbe yang dipimpin oleh ilmuwan dari Imperial College London.

Dalam penelitian tersebut ditemukan alat tes Covid-19 dengan kecepatan tinggi, yang tidak memerlukan laboratorium dan dapat dilakukan dengan Cartridge.

Ilustrasi tes Covid-19
Ilustrasi tes Covid-19 (Tribun Palu)

Baca: Awalnya Klaim Mandi Lumpur dan Tiup Keong Cegah Corona, Pria Ini Justru Dinyatakan Positif Covid-19

Perangkat pengujian cepat Cartridge, dapat dilakukan di samping tempat tidur pasien, dengan tingkat akurasi yang tinggi dan menghasilkan sangat sedikit hasil negatif palsu dan hampir tidak ada kesalahan hasil positif.

Ukuran Cartridge ini lebih kecil dari ponsel dan telah digunakan pada 386 staf dan pasien National Health Service (NHS).

Untuk melakukan tes, usap hidung dimasukkan ke hidung dari seorang pasien dimasukkan ke dalam perangkat tersebut, selanjutnya akan dicari jejak materi genetik milik virus SARS-CoV-2, yang menyebabkan Covid-19.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved