Ratusan Warga Ogan Ilir Demo, Tuduh Bupati Gunakan Dana Bantuan Covid-19 untuk Kampanye Terselubung

Mereka menuding Ilyas memanfaatkan bantuan sosial Covid-19 dengan cara menempelkan foto yang bersangkutan di kemasan beras ukuran 10 kg.


zoom-inlihat foto
bupati-ogan-ilir-hm-ilyas-panji-alam.jpg
Kompas.com/AMRIZA NURSATRIA HUTAGALUNG
Ratusan warga Ogan Ilir, Sumatera Selatan melakukan aksi unjuk rasa di depan gerbang kantor Komisi Pemilihan Umum Ogan Ilir, Senin (7/9/2020).


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Ratusan warga Ogan Ilir, Sumatera Selatan melakukan aksi unjuk rasa di depan gerbang kantor Komisi Pemilihan Umum Ogan Ilir, Senin (7/9/2020).

Bukan tanpa tujuan, mereka meminta Bupati Ilyas Panji Alam yang maju kembali sebagai calon bupati Ogan Ilir didiskualifikasi.

Mereka menganggap Ilyas melakukan pelanggaran PKPU Nomor 1 Tahun 2020 pasal 89 huruf A dan B tentang larangan kampanye.

Mereka menuding Ilyas Panji Alam sebagai calon bupati petahana telah mencuri "start" kampanye yang memanfaatkan bantuan sosial Covid-19 dengan cara menempelkan foto yang bersangkutan di kemasan beras ukuran 10 kilogram.

Padahal dana pembelian beras tersebut berasal dari dari dana APBD Ogan Ilir.

Baca: Bupati Ogan Ilir Tak Akan Pekerjakan Kembali 109 Tenaga Medis yang Sudah Dipecat, Ini Alasannya

Baca: Video Pasien Dikeluarkan Paksa oleh RSUD Ogan Ilir Beredar di Facebook, Direktur RS Beri Keterangan

Beras dengan kemasan 5 Kg terdapat wajah Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam membuat heboh warga di media sosial karena dianggap mencuri start. Ilyas Panji Alam sendiri merupakan calon bupati petahana.
Beras dengan kemasan 5 Kg terdapat wajah Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam membuat heboh warga di media sosial karena dianggap mencuri start. Ilyas Panji Alam sendiri merupakan calon bupati petahana. (Dok. HANDOUT)

Para warga tersebut unjuk rasa sambal membawa pamflet bertuliskan tuntutan.

Mereka tiba di depan gerbang kantor KPU Ogan Ilir di sisi jalan lintas timur Palembang-Ogan Ilir kilometer 35.

Kedatangan massa langsung dihadang oleh puluhan polisi dan petugas Satpol PP yang telah bersiaga di depan gerbang kantor tersebut.

Dalam orasinya, perwakilan pengunjuk rasa, Yongki Ariansyah mendesak KPU Ogan Ilir mengusut dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh calon bupati petahana Ilyas Panji Alam yang dianggap memanfaatkan bantuan sosial tersebut untuk kepentingan politik pribadinya.

"Aliansi masyarakat Ogan Ilir menemukan kecurangan yang diduga dilakukan oleh petahana dengan memasang foto di (kemasan) beras bantuan Covid-19.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved