Bandara Lokasi Kecelakaan Pesawat di India Dikenal Berbahaya, Bisa Ciptakan Ilusi Optik

Landasan pacu di bandara ini menciptakan ilusi optik yang membuatnya tampak setinggi dataran di bawahnya, pilot harus ekstra hati-hati.


zoom-inlihat foto
kecelakaan-pesawat-air-india-express.jpg
AFP
Pesawat Boeing 737 Air India Express, yang membawa lebih dari 190 penumpang dan awak dari Dubai tergelincir di landasan pacu Bandara Internasional Calicut di Karipur, Kerala, pada Jumat (7/8/2020) malam. Setidaknya 18 orang tewas dan 100 lainnya luka-luka.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pesawat Air India Express tergelincir saat mendarat di bandara internasional Kozhikode di Kerala, Jumat (7/8/2020) tadi malam.

Dilansir moneycontrol.com, sedikitnya 18 orang meninggal dalam insiden yang terjadi pada pukul 19.41 waktu setempat.

Dua di antaranya merupakan pilot peswat tersebut, Kpaten Deepak Sathe dan co-pilot Akhilesh Kumar.

Selanjutnya, sekitar 100 orang penumpang lainnya menderita luka-luka.

Air India Express dengan nomor penerbangan IX 1344 tersebut dioperasikan sebagai bagian dari misi Vande Bharat dengna membawa lebih dari 180 penumpang.

Pesawat Boeing 737 tersebut menempuh perjalanan dari Dubai menuju Kerala.

Kecelakaan pesawat Air India Express
Pesawat Boeing 737 Air India Express, yang membawa lebih dari 190 penumpang dan awak dari Dubai tergelincir di landasan pacu Bandara Internasional Calicut di Karipur, Kerala, pada Jumat (7/8/2020) malam. Setidaknya 18 orang tewas dan 100 lainnya luka-luka.

Kepala Menteri Kerala Pinarayi Vijayan mengatakan, Perdana Menteri India Narendra Modi mengungkapkan kesedihannya atas tragedi tersebut.

"Saya telah menginstruksikan polisi dan petugas pemadam untuk mengambil tindakan segera setelah kecelakaan pesawat di Bandara Internasional Kozhikode (CCJ) di Karipur," kata Vijayan.

Pesawat Boeing 737 Air India Express berusaha mendarat saat cuaca buruk terjadi.

Dikutip dari indiatimes.com, saat itu pilot pesawat tersebut berniat mendarat di landasan pacu 28.

Baca: Dua Jet Tempur AS Pepet Pesawat Komersial Iran, Penumpang Alami Luka-luka

"Pilot pesawat tersebut berniat mendarat di landasan pacu 28 namun mereka kesulitan. Mereka berputar dua kali dan datang dari sisi berlawanan di landasan pacu 10 dan pesawat itu jatuh di bandara Kozhikode Kerala," ungkap seorang penyelidik senior dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Ketika melesat di landasan pacu sekitar pukul 19.40, pesawat tergelincir dan badan pesawat terbelah menjadi dua setelah menukik ke lembah sedalam 35 kaki.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara setempat mengatakan, jaak pandang saat itu sekitar 2.000 meter dan ada hujan lebat.

Operasi penyelamatan, yang berlangsung hingga pukul 11 ​​malam waktu setempat.

Tim penyelamat berada di sekitar jet Air India Express yang membawa lebih dari 190 penumpang dan kru dari Dubai, setelah pesawat itu jatuh tergelincir di landasan pacu Bandara Internasional Calicut, Karipur, Kerala, India pada Jumat, 7 Agustus 2020.
Tim penyelamat berada di sekitar jet Air India Express yang membawa lebih dari 190 penumpang dan kru dari Dubai, setelah pesawat itu jatuh tergelincir di landasan pacu Bandara Internasional Calicut, Karipur, Kerala, India pada Jumat, 7 Agustus 2020. (AFP)

Topografi Bandara 

Dilansir moneycontrol.com, bandara udara yang juga disebut Bandara Internasional Calicut, tempat kejadian kecelakaan tersebut memang dikenal berbahaya.

Bandara Internasional Calicut merupakan bandara bandara meja, artinya, terletak di atas dataran tinggi atau bukit.

Di bandara seperti itu, biasanya salah satu ujung atau kedua ujungnya menghadapi jurang yang dalam.

Landasan pacu di bandara ini menciptakan ilusi optik yang membuatnya tampak setinggi dataran di bawahnya, yang mengharuskan pilot untuk ekstra hati-hati saat mendarat.

kecelakaan pesawat Air India Express 1
Bandara Internasional Calicut atau Bandara Kozikhode merupakan bandara bandara meja, artinya, terletak di atas dataran tinggi atau bukit.

Bandara meja diyakini lebih rentan terhadap kecelakaan.

Misalnya, setelah kecelakaan Udara Mangalore tahun 2010, para ahli menyimpulkan bahwa topografi Bandara Mangalore, yang juga merupakan bandara di atas meja, adalah penyebab kecelakaan tersebut.







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved