Mengenal Sosok Wiku Adisasmito, Guru Besar UI yang Gantikan Achmad Yurianto Jadi Jubir Pemerintah

Wiku Adisasmito menjadi jubir pemerintah untuk penanganan Covid-19, dia juga memprakarsai dibentuknya Indonesia One Health University Network.


zoom-inlihat foto
ketua-tim-pakar-gugus-tugas-percepatan-penanganan-covid-19-wiku-adisasmito.jpg
Dok. BNPB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.(Dok. BNPB)


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Wiku Adisasmito ditunjuk sebagai juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 mulai 21 Juli 2020.

Sebelumnya posisi ini dijabat oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto.

Sedangkan Wiku menjabat sebagai Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Akan tetapi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menjadi salah satu dari 18 lembaga negara yang dibubarkan oleh Presiden Jokowi.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Baca: Wiku Adisasmito

Baca: Gantikan Posisi Achmad Yurianto, Wiku Adisasmito Hanya Akan Beri Kabar Baik Terkait Kasus Covid-19

Wiku Adisasmito tampil perdana sebagai jubir Gugus Percepatan Penanganan Covid-19, Selasa (21/7/2020).
Wiku Adisasmito tampil perdana sebagai jubir Gugus Percepatan Penanganan Covid-19, Selasa (21/7/2020). (YouTube/Kompas TV)

Wiku Adisasmito atau dikenal sebagai Prof. drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M.Sc., PhD, adalah seorang ahli dalam bidang kebijakan kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi yang memprakarsai dibentuknya Indonesia One Health University Network (INDOHUN).

Mengutip dari staff.blog.ui.ac.id, Wiku juga telah berperan sebagai anggota panel ahli dalam Komisi Nasional Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza (Komnas FBPI).

Wiku memiliki peran signifikan sebagai Steering Committee mewakili Indonesia dalam jejaring Asian Partnership for Emerging Infectious Disease Research (APEIR).

Pada tahun 2011, dia dipercaya sebagai Dewan Eksekutif CORDS (Coordinating Organizations of Regional Disease Surveillance) dalam jejaring internasional surveilans penyakit.

Wiku juga berperan aktif dalam South East Asia One Health University Network (SEAOHUN) antar universitas se-Asia Tenggara.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved