Wiku Adisasmito

Prof. drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M.Sc., PhD, adalah seorang ahli dalam bidang kebijakan kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi yang memprakarsai dibentuknya Indonesia One Health University Network (INDOHUN).


zoom-inlihat foto
ketua-tim-pakar-gugus-tugas-percepatan-penanganan-covid-19-wiku-adisasmito.jpg
Dok. BNPB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.(Dok. BNPB)

Prof. drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M.Sc., PhD, adalah seorang ahli dalam bidang kebijakan kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi yang memprakarsai dibentuknya Indonesia One Health University Network (INDOHUN).




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Wiku Adisasmito ditunjuk sebagai juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 mulai 21 Juli 2020.

Sebelumnya posisi ini dijabat oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto.(1)

Wiku merupakan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Covid-19.

Wiku Adisasmito lahir di Malang, Jawa Timur pada 20 Februari 1964.(2)

Dia menikah pada Juli 1995 dengan Dr. Lilik Sudarwati Adisasmito, S.Psi, M.H, seorang ahli psikologi dan hukum.

Mereka dikaruniai dua orang anak: Prananda D. Adisasmito dan Shitta Aspendira D. Adisasmito.(3)

Baca: Tak Lagi Jadi Jubir Pemerintah untuk Covid-19, Achmad Yurianto: Saya fokus di P2P Kemenkes

Baca: Achmad Yurianto Tak Lagi Jabat Jubir Pemerintah untuk Covid-19, Digantikan Wiku Adisasmito

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito 2
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan di Graha BNPB, Jakarta, Senin (30/3/2020).(Dok. BNPB)

  • Pendidikan


Prof. drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M.Sc., PhD, mengenyam bangku pendidikan di SD Santa Maria II Malang dan lulus pada 1976.

Selanjutnya dia melanjutkan ke SMPN 1 Malang, lulus tahun 1980.

Wiku kemudian merantau ke Bogor untuk mengenyam pendidikan S1 untuk menjadi Dokter Hewan. Ia lulus pada tahun 1988 dan mendapatkan gelar drh.

Menjadi Dokter Hewan tidak membuat Wiku berdiam diri, tidak lama setelahnya Ia langsung melanjutkan studi di bidang Kesehatan Lingkungan di Colorado State University, dan lulus pada 1990 dengan gelar Master of Science (M.Sc).

Ia kemudian melanjutkan pendidikan di universitas yang sama di bidang Environmental Health & Policy, lulus pada 1995 dengan gelar PhD.(4)

Baca: Universitas Indonesia (UI)

Baca: Achmad Yurianto

Wiku Adisasmito 3
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (3/4/2020).(Dok. BNPB)

  • Karier


Wiku merupakan seorang dosen dan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia yang mendalami kebijakan kesehatan di sistem kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi.

Selain pendidikan formal, Wiku juga menggali potensinya melalui Ketahanan Nasional (Lemhannas) tahun 2012.

Dia memulai penelitian sejak tahun 1992 dimana dari sebagian besar penelitian tersebut bertemakan sistem kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi.

Beberapa judul penelitian yang telah dilakukannya satu di antaranya adalah Pandemic Influenza Preparedness: Policy Analysis,The Asia Flu Capacity: Health System Analysis to Support Capacity Development to Respond to Pandemic Influenza in Asia, Molecular Epidemiology of Influenza A in Bali (BaliMEI), Surge in demand for health services (Surge Capacity), dan Eco Health Field Building Leadership Initiative merupakan hasil kolaborasi antar institusi internasional di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia.

Baca: Penyakit Flu (Influenza)

Baca: Flu Babi

Selain itu, Wiku Adisasmito juga memiliki publikasi ilmiah lainnyanya.

Satu di antaranya ialah Avian and Pandemic Human Influenza Policy in South-East Asia: The Interface between Economic and Public Health Imperatives dan Critical Interactions between Global Fund-supported Programmes and Health Systems: A Case Study in Indonesia yang dimuat di Health Policy and Planning Journal ditahun 2011 dan 2010.

Ada pula Pandemic Influenza Preparedness and Health Systems Challenges in Asia: Results from Rapid Analyses in 6 Asian Countries yang dimuat dalam BMC Public Health di tahun 2010 serta Effectiveness of Antiviral Treatment in Human Influenza H5N1 Infections: Analysis from A Global Patient Registry yang dimuat dalam Journal of Infectious Disease di tahun 2010.

Dia juga telah menerbitkan tiga buku yang tersebar nasional dan telah mencapai cetakan ke-7 lebih dari 14.000 eksemplar berjudul “Sistem Kesehatan”, “Sistem Manajemen Lingkungan RumahSakit”, dan “Audit Lingkungan Rumah Sakit”.

Sebelum menjadi Guru Besak DKM di UI, dia pernah menduduki jabatan lainnya di universitas bergengsi tersebut.

Jabatan yang diembannya antara lain menjadi Sekretaris Program Studi KARS UI tahun 1996 – 1999, Ketua Unit Riset dan Pengabdian Masyarakat FKM UI tahun 2005 – 2006, Deputi DirekturRiset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI tahun 2006 – 2007, dan Direktur Kemitraan & Inkubator Bisnis UI di tahun 2007- sekarang.

Selain beberapa posisi di UI, pria kelahiran Malang, Jawa Timur itu juga memiliki pengalaman dalam beberapa jabatan publik.

Seperti menjadi Direktur Eksekutif PELANGI INDONESIA ditahun 1994 – 1999, Kepala Bidang Fund Raising Kompartemen Lingkungan KADIN tahun 1998 – 2000, Senior Vice President BPPN tahun 2000 – 2004, dan Wakil Ketua Matsushita Gobel Foundation (MGF) untuk tahun 2007.(3)

Dia juga telah berperan sebagai anggota panel ahli dalam Komisi Nasional Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza (Komnas FBPI).

Wiku memiliki peran signifikan sebagai Steering Committee mewakili Indonesia dalam jejaring Asian Partnership for Emerging Infectious Disease Research (APEIR).

Pada tahun 2011, dia dipercaya sebagai Dewan Eksekutif CORDS (Coordinating Organizations of Regional Disease Surveillance) dalam jejaring internasional surveilans penyakit.

Wiku juga berperan aktif dalam South East Asia One Health University Network (SEAOHUN) antar universitas se-Asia Tenggara.

Pada periode 2007-2012, dirinya dipercaya menjadi Direktur Direktorat Kemitraan dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk mengelola kerjasama dan upaya melindungi serta memanfaatkan hak kekayaan intelektual UI.(5)

(Tribunnewswiki.com/SO)



Nama Wiku Bakti Bawono Adisasmito
Lahir 20 Februari 1964, Malang, Jawa Timur, Indonesia
Pasangan Lilik Sudarwati Adisasmito
Anak Prananda D. Adisasmito
Shitta Aspendira D. Adisasmito
Alma mater Institut Pertanian Bogor
Colorado State University
Profesi Ahli Kebijakan Kesehatan
Guru Besar di Universitas Indonesia
Guru Besar di Tufts University
Guru Besar di University of Minnesota
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19
Koordinator INDOHUN
Penghargaan sipil Satyalencana Karya
Satya Academic Leader Award Kemenristekdikti








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved