Angkatan Laut Jepang dan India Gelar Latihan Militer Bersama, Peringatan untuk China?

Latihan gabungan angkatan laut Jepang-India menunjukkan bahwa persaingan geopolitik memanas di Samudra Hindia dan Pasifik.


zoom-inlihat foto
jepang-india.jpg
Twitter/@jmsdf_pao_eng
Latihan gabungan angkatan laut Jepang-India menunjukkan bahwa persaingan geopolitik memanas di Samudra Hindia dan Pasifik. Foto: Pasukan Bela Diri Maritim Jepang melalui Twitter


Latihan gabungan angkatan laut Jepang-India menunjukkan bahwa persaingan geopolitik memanas di Samudra Hindia dan Pasifik.

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Latihan bersama oleh angkatan laut India dan Jepang di Samudra Hindia pada akhir pekan mengindikasikan kedekatan kedua negara dalam menghadapi apa yang mereka anggap sebagai ancaman bersama dari China, kata para analis, Minggu (28/6/2020).

Latihan militer bersama ini dilakukan di tengah memanasnya hubungan India dengan China dan Jepang dengan China.

Jepang dan India diketahui rutin melakukan latihan militer bersama.

Namun, kali ini keduanya melakukan saat India dan China bersitegang.

Baru-baru ini, tentara India dan China terlibat dalam bentrokan ‘berdarah’ di sepanjang perbatasan Himalaya yang disengketakan, dan akibatnya 20 tentara India terbunuh dalam peristiwa tersebut.

New Delhi dan Beijing saling menyalahkan atas bentrokan yang memakan korban jiwa di Himalaya.

Dilansir oleh South China Morning Post, Senin (29/6/2020), Duta Besar Tiongkok untuk India Sun Weidong mengatakan pasukan India bertanggung jawab atas bentrokan itu karena mereka telah "melewati Garis Kontrol Aktual" yang bertindak sebagai perbatasan de facto.

Kemudian sebagai tanggapan, Duta Besar India untuk China Vikram Misri memperingatkan "riak dan dampak" dalam hubungan diplomatik karena China berusaha mengubah status quo di darat dengan paksa.

Baca: Jepang Awasi Aktivitas Membahayakan yang Dilakukan China di Laut Perbatasan India-Hong Kong

Baca: AS Berencana Tempatkan Rudal Jarak Menengah di Jepang, China: Kami Tak Akan Tinggal Diam

Sementara itu, Jepang dan China terlibat dalam perang kata-kata atas langkah Jepang untuk mengubah status administrasi Kepulauan Senkaku, yang diklaim dan disebut oleh China sebagai Kepulauan Diaoyu.

Kementerian Luar Negeri China menyebut langkah Jepang sebagai "provokasi serius terhadap kedaulatan wilayah China".











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved