Salat Idulfitri Harus Ada Khotbah? Berikut Fatwa Negara-negara Arab Soal Pelaksanaan Salat Ied

Bagaimana seharusnya pelaksanaan salat Idulfitri? Harus ada khotbah atau bisa tanpa khotbah? Berikut fatwa MUI dan negara-negara Arab tentang itu.


zoom-inlihat foto
tarawih-ramadhan-salat-munfarid.jpg
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi salat id sendiri di rumah - Bagaimana seharusnya pelaksanaan salat Idulfitri? Harus ada khotbah atau bisa tanpa khotbah? Berikut fatwa MUI dan negara-negara Arab tentang itu.


Bagaimana seharusnya pelaksanaan salat Idulfitri? Harus ada khotbah atau bisa tanpa khotbah? Berikut fatwa MUI dan negara-negara Arab tentang itu.

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Di tengah pandemi Covid-19 dan menjelang Hari Raya Idulfitri 1441, banyak pertanyaan seputar pelaksanaan salat Id yang muncul.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat Idulfitri di rumah.

Sejalan dengan hal itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa terkait panduan kaifiat (tata cara) takbir dan salah Idulfitri di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19).

Dalam fatwa tersebut, MUI menyebut bahwa salat Idulfitri boleh dilakukan di rumah secara berjamaah maupun sendiri.

Sementara, untuk khotbah salat Id sendiri, MUI mengatakan bahwa khotbah dalam rangkaian salat Idulfitri merupakan sunah muakad atau sunah yang sangat dianjurkan.

Namun, jika seandainya jumlah anggota keluarga yang salat kurang dari 4 atau lebih dari 4, namun tak ada yang mampu memberikan khotbah, maka pelaksanaan salat id tersebut tetap sah.

Meskipun telah banyak informasi dan penjelasan mengenai salat Id, namun masih ada banyak orang yang mempertanyakan legalitas hukum syariat tentang pelaksanaan salat Idulfitri di rumah.

Baca: Inilah Tata Cara Salat Ied di Rumah yang Perlu Diketahui, Dilakukan dengan Berjamaah atau Sendiri

Baca: Amalan Sunah yang Dicontohkan Rasulullah SAW untuk Dikerjakan Sebelum Melaksanakan Salat Idulfitri

Berikut fatwa dari dewan ulama di negara-negara Arab soal pelaksanaan salat Idulfitri selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Arab Saudi

Ketua Dewan Ulama Senior sekaligus Mufti Arab Saudi Abdul Aziz bin Abdullah, Senin (18/5/2020), mengatakan, jika situasi pada Hari Raya Idulfitri tak kunjung membaik, maka salat Idulfitri dilakukan di rumah tanpa menggunakan khotbah.





Halaman
1234
Penulis: Ronna Qurrata Ayun
Editor: Putradi Pamungkas






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved