Jika Hukuman untuk Manchester City Terlaksana, Klub Inggris Ini bakal 'Kejatuhan Durian Runtuh'

Klub asal Liga Inggris, Manchester City dijatuhi hukuman oleh otoritas sepak bola Eropa, UEFA dua tahun larangan berkompetisi di level Eropa.


zoom-inlihat foto
ciitnes.jpg
AFP
David Silva dan Bernardo Silva, para pemain Manchester City. Mereka terancam tak bisa bermain di Liga Champions di dua musim kedepan.


Klub asal Liga Inggris, Manchester City dijatuhi hukuman oleh otoritas sepak bola Eropa, UEFA dua tahun larangan berkompetisi di level Eropa.

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Klub kaya raya asal Inggris, Manchester City resmi dihukum oleh UEFA terkait skandal manipulasi laporan keuangan mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan temuan UEFA, Manchester City disebut telah melakukan pelebih-lebihan catatan pendapatan sponsor klub demi menghindari aturan Financial Fair Play (FFP) yang diterapkan federasi sepak bola Eropa tersebut.

Financial Fair Play (FFP) adalah peraturan yang harus dipatuhi oleh semua klub yang berpartisipasi dalam kompetisi naungan UEFA, disusun pada 2009 dan mulai diperkenalkan pada awal musim 2011/12.

Klub harus menyeimbangkan neraca keunagan mereka selama tiga musim berurutan.

Penghasilan dari klub seperti tiket pertandingan, pendapatan TV, iklan, sponsor, penjualan pemain, dan hadiah uang termasuk dalam catatan keuangan yang masuk fitur penghitungan untuk FFP.

Baca: Terbukti Manipulasi Laporan Keuangan, Manchester City Dihukum UEFA Dua Tahun Larangan Main di Eropa

Baca: Jika Liverpool Juara Liga Inggris, Juventus Sodorkan Rp 2,6 Triliun untuk Rekrut Virgil Van Dijk

Manchester City, terancam dua musim kedepan tak akan berpartisipasi di Liga Champions.
Manchester City, terancam dua musim kedepan tak akan berpartisipasi di Liga Champions. (AFP)

Ada berbagai sanksi yang bakal berlaku andai klub tidak patuh pada FFP.

Mulai dari sanksi teguran, peringatan, diskualifikasi, larangan berpartisipasi di kompetisi naungan UEFA, bahkan pencabutan gelar juara.

Selain itu, klub-klub yang melanggar aturan FFP juga bisa dikenai denda, pengurangan poin, larangan transfer pemain dan pembatasan registrasi untuk kompetisi di Eropa.

Berikut pernyataan resmi hukuman terhadap Manchester City yang Tribunnewswiki.com kutip dari laman resmi UEFA pada Sabtu (15/2/2020):

“Menyusul sidang yang diadakan pada 22 Januari 2020, Adjudicatory Chamber UEFA yakni Club Financial Control Body (CFCB), yang diketuai oleh José da Cunha Rodrigues, hari ini (Jumat, 14/2/2020 waktu Swiss) telah memberi tahukan bahwa Manchester City Football Club tentang keputusan akhir tentang kasus yang dirujuk oleh Kepala Investigator CFCB.”











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved