Hari Ini Dalam Sejarah: 16 Januari 1969 - Aksi Bakar Diri Jan Palach Menentang Invasi Uni Soviet

Hari ini dalam sejarah, 16 Januari 1969, seorang mahasiswa asal Ceko memutuskan untuk membakar dirinya dalam sebuah demonstrasi anti-invasi Soviet di Cekoslovakia.


Hari Ini Dalam Sejarah: 16 Januari 1969 - Aksi Bakar Diri Jan Palach Menentang Invasi Uni Soviet
Kolase Foto (findagrave.com dan atlasobscura.com)
Hari ini dalam sejarah, 16 Januari 1969, aksi bakar diri oleh seorang mahasiswa asal Ceko, Jan Palach (kiri) dilakukan untuk menentang invasi Uni Soviet. Setelah jatuhnya komunis di Soviet, memorial Jan Palach di Republik Ceko dibangun untuk menghormati jasa-jasanya (kanan) 

Hari ini dalam sejarah, 16 Januari 1969, seorang mahasiswa asal Ceko memutuskan untuk membakar dirinya dalam sebuah demonstrasi anti-invasi Soviet di Cekoslovakia.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Hari ini dalam sejarah, 16 Januari 1969, seorang mahasiswa asal Ceko, Jan Palach memutuskan untuk membakar dirinya dalam sebuah demonstrasi anti-invasi Soviet di Cekoslovakia.

Jan Palach adalah mahasiswa jurusan sejarah dan ekonomi-politik asal Ceko yang kuliah di Charles University di Prague, Cekoslovakia.

Aksi bunuh diri dengan cara bakar diri merupakan bentuk dari kemuakan Jan Palach terhadap invasi Uni Soviet terhadap Cekoslovakia pada masa Prague Spring, sebuah periode protes di Cekoslovakia yang terjadis setelah Perang Dunia ke-11 yang dimulai pada 5 Januari 1968.

Invasi Uni Soviet ke Cekoslovakia dilakukan oleh tentara Warsaw Treaty Organization (WTO) atau yang lebih dikenal dengan nama Pakta Warsawa, sebuah aliansi militer negara-negara Blok Timur di Eropa Timur yang dibentuk dengan tujuan untuk mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari aliansi North Atlantic Treaty Organization (NATO) atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara.

Aksi bakar diri yang dilakukan Jan Palach merupakan aksi kedua setelah tindakan seperti itu pernah dilakukan pertama kali oleh Pole Ryszard Siwiec yang berhasil membuat pemerintahan komunisme jatuh. [1]

Baca: Hari Ini 18 Tahun yang Lalu, Pesawat Garuda Mendarat di Bengawan Solo, Mesin Mati, Terjang Badai Es

Jan Palach pada tahun 1967
Jan Palach pada tahun 1967 (gdb.rferl.or)

  • Kematian


Pada bulan Agustus 1968, Uni Soviet resmi menginvasi Cekoslovakia dengan tujuan menghancurkan gerakan reformasi liberalisme dari pemerintahan Alexander Dubcek yang terjadi sepanjang masa Prague Spring.

Jan Palach yang saat itu tergabung dalam massa demonstrasi memutuskan mengorbankan dirinya dengan membakar tubuhnya di Wenceslas Square pada 16 Januari 1969.

Palach meninggal di rumah sakit beberapa hari setelah aksinya tersebut.

Ia meninggal karena luka bakar yang cukup parah.

Di tempatnya menghembuskan nafas terakhir, ia dikunjungi oleh sejumlah teman-teman perempuan dari kampusnya dan oleh beberapa pemimpin mahasiswa.

Kepada para rombongan inilah, sebuah salinan surat terbuka Jan Palach yang berisi seruan dan tuntutannya ditemukan.

Sebelum ia meninggal, tertulis dalam suratnya, ia meminta orang lain untuk tidak melakukan apa yang telah ia lakukan.

Ia mendorong orang-orang untuk melanjutkan perjuangan dengan cara-cara lain.

Jaroslava Moserova, seorang ahli luka bakar, orang pertama yang merawat Palach di Rumah Sakit di Universitas Charles menyebut bahwa Palach tidak membakar dirinya untuk memprotes kependudukan Soviet.

Aksi Palach, menurut Jeroslava, dilakukan untuk memprotes 'demoralisasi' warga Cekoslovakia yang disebabkan karena pendudukan Soviet. [2]

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: 2 Juta Galon Tetes Tebu Banjiri Boston setelah Tanki Meledak, Tewaskan 21

Memorian Jan Palach dan Jan Zajic di depan Museum Nasional di Wenceslas Square, Prague, Republik Ceko yang dibuat oleh artis asal Ceko, Barbora Cesela
Memorian Jan Palach dan Jan Zajic di depan Museum Nasional di Wenceslas Square, Prague, Republik Ceko yang dibuat oleh artis asal Ceko, Barbora Cesela (Wikimedia)

  • Surat Terbuka


Berdasarkan sebuah surat terbuka yang Jan Palach kirim ke beberapa tokoh publik, seluruh organisasi rahasia yang berada di balik massa demonstrasi tersebut siap melakukan bakar diri sampai tuntutan mereka dipenuhi.

Namun demikian, kendati surat tersebut mengklaim terdapat organisasi rahasia, namun organisasi semacam itu tak pernah ada dalam gerakan protes.

Isi dari surat terbuka adalah tuntutan berupa penghapusan sensor dan penghentian distribusi surat kabar Zpravy (surat kabar milik Uni Soviet).

Selain itu, dalam surat terbuka Jan Palach tersebut menyerukan agar orang-orang Ceko dan Slovakia melakukan pemogokan massa demi mendukung tuntutan ini.

Surat terbuka yang draft awalnya ditulis oleh Jan Palach ini juga menyerukan agar sejumlah politisi Cekoslovakia yang pro-Soviet untuk mengundurkan diri.

Namun demikian permintaan terakhir ini tidak masuk dalam draft final surat terbuka, termasuk penegasan bahwa ide mencantumkan kalimat 'tuntutan kami tidak ekstrim' juga tidak ikut masuk dalam surat terbuka. [3]

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Mohammad Reza Pahlavi, Syah Terakhir Iran, Lari ke Mesir karena Revolusi

Memorial Jan Palach dan Jan Zajic terlihat dikunjungi oleh warga dan banyak bunga serta lilin untuk menghormati jasa-jasanya
Memorial Jan Palach dan Jan Zajic terlihat dikunjungi oleh warga dan banyak bunga serta lilin untuk menghormati jasa-jasanya (Wikimedia)

  • Pemakaman


Pemakaman jenazah Jan Palach menjadi pemantik munculnya protes besar terhadap invasi Soviet di Cekoslovakia.

Sebulan kemudian, seorang mahasiswa lainnya, Jan Zajic, membakar dirinya sendiri hingga meninggal di tempat yang sama.

Kejadian ini terjadi serupa pada April pada tahun yang sama oleh Evzen Plocek. [4]

Kematian Jan Palach memantik ribuan mahasiswa turun ke jalan untuk memprotes invasi Soviet di Cekoslovakia
Kematian Jan Palach memantik ribuan mahasiswa turun ke jalan untuk memprotes invasi Soviet di Cekoslovakia (gdb.rferl.org)

--

(TRIBUNNEWSWIKI.COM/Dinar Fitra Maghiszha)



Informasi Detail
Nama Hari Ini Dalam Sejarah
Tanggal 16 Januari 1969
Peristiwa Aksi Bakar Diri Mahasiswa, Jan Palach menentang Invasi Uni Soviet
   


Sumber :


1. www.janpalach.cz
2. www.radio.cz
3. www.findagrave.com
4. www.rferl.org


Penulis: Dinar Fitra Maghiszha
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved