Pantai Bandengan

Pantai Bandengan adalah destinasi wisata pantai yang terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.


Pantai Bandengan
travelingyuk.com
Pantai Bandengan, Jepara. 

Pantai Bandengan adalah destinasi wisata pantai yang terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pantai Bandengan atau Pantai Tirto Samodra atau Pantai Klein Scheveningen adalah salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Jepara, Jawa Tengah.

Pantai Bandengan terletak di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Pantai Bandengan terletak kurang lebih 7 km dari pusat Kabupaten Jepara.

Pantai Bandengan dikenal dahulu sebagai tempat yang sering didatangi oleh pahlawan nasional, R.A. Kartini.

Pantai Bandengan merupakan pantai yang menghadap ke utara laut Jawa.

  • Asal usul


Pantai Bandengan atau yang sering disebut juga Pantai Tirta Samudra ini memiliki asal usul cerita dibalik namanya tersebut.

Menurut cerita masyarakat, konon ketika seorang pemuda yang masih memiliki kekerabatan dengan Sunan Muria yang bernama Amir Hasan sedang mengembara untuk mengembangkan ilmu agama Islamnya.

Beliau pada saat itu sedang dalam perjalanannya menuju Kepulauan Karimunjawa yang terkenal dengan keindahannya. (1)

Ditengah perjalanannya itu, ia memutuskan untuk singgah di sebuah desa yang sekarang dikenal dengan nama Desa "nyamplungan".

Nama Nyamplungan sendiri didapat dari panggilan lain Amir Hasan, yaitu Sunan Nyamplungan.

Konon katanya disebut "nyamplungan" karena pada saat itu ia membawa biji nyamplungan yang hendak ia tanam di Kepulauan Karimunjawa nantinya.

Sunan Nyamplungan, yang pada saat itu ditenami dua pengawalnya, mengamati hamparan pantai luas dengan pasir putih dan airnya yang jernih yang ada di desa tersebut.

Ketika sedang menikmati pemandangan pantai nan indah tersebut, ia melihat indahnya karang-karang dan ikan-ikan berenang terlihat jelas dari atas permukaan lautnya.

Ia melihat banyaknya ikan bandeng yang berenang kesana kemari, sehingga ia memutuskan untuk memberi nama pantai tersebut dengan nama Pantai Bandengan.

Setelah selesai bersinggah di Pantai Bandengan, Amir Hasan dan para pengawalnya pun melanjutkan perjalanan mereka ke Kepulauan Karimunjawa untuk melanjutkan studi ilmu Islamnya.

Sebelum tahun 1987, pantai ini dinamakan Tirta Samudra yang dikelola oleh warga sekitar. Setelah tahun 1987 pengelolaannya berpindah ke Pemkab Jepara. Walau demikian tetap dengan melibatkan masyarakat setempat.

Cerita R.A Kartini

Menjelang kenaikan kelas di saat liburan pertama, Ny. Ovink Soer beserta suaminya mengajak R.A. Kartini beserta adik-adiknya Roekmini dan Kardinah menikmati keindahan Pantai Bandengan yang ternyata kelak pahlawan nasional yang menjadi simbol emansipasi perempuan Indonesia itu jatuh hati pada Pantai Bandengan.

Kemudian Ny. Ovink Soer mengatakan bahwa di Holland pun ada sebuah pantai yang hampir sama dengan Pantai Bndengan namanya Klein Scheveningen.

Secara spontan, mendengar itu RA Kartini menyela kalau begitu kita sebut saja Pantai Bandengan ini dengan nama Klein Scheveningen. (2)

Baca: Pantai Widarapayung

Baca: Pantai Menganti

Pantai Bandengan.
Pantai Bandengan. (Tribun)

  • Lokasi dan Akses


Pantai Bandengan merupakan Pantai yang berlokasi di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Jarak Pantai Bandengan ini dari Kota Jepara terpaut kurang lebih 7 kilometer.

Pantai Bandengan ini juga terletak di sebelah timur kota Semarang bahkan tidak begitu jauh dari Kota Semarang.

Selanjutnya, jika Anda ingin mendatangi Pantai Bandengan ini maka kendaraan yang digunakan bisa beragam. Kendaraan tersebut misalnya motor, mobil, maupun bus.

Rute yang dilalui untuk mencapai Pantai Bandengan ini menggunakan motor maupun mobil yaitu dengan melewati jalan raya yang menuju ke arah Kota Jepara yang dapat dilalui dari Kota Demak ataupun Kota Kudus yang seara dengan Kota Jepara.

Apabila Anda masih mengalami kesulitan dalam mencapai Pantai Bandengan ini, maka Anda dapat menggunakan fasilitas Google Maps maupun dengan menggunakan aplikasi GPS yang ada pada smartphone Anda.

Apabila Anda telah mencapai pusat Kota Jepara, maka selanjutnya Anda dapat mencari petunjuk jalan yang mengarahkan ke Pantai Bandengan Jepara.

Jika Anda berangkat dari Kota Kudus menuju Kota Jepara, maka waktu yang ditempuh yaitu kurang lebih 1 jam apabila kondisi jalan dalam keadaan normal. (3)

Namun, apabila Anda berangkat dari Kota Semarang menuju ke Kota Jepara maka waktu tempuhnya yaitu selama kurang lebih 2 jam.

Sebagai tambahan, tentunya Anda tidak perlu khawatir mengenai kondisi jalan menuju ke Pantai Bandengan Jepara ini, karena kondisi jalannya sudah sangat baik dan juga sudah mampu dilewati oleh kendaraan baik motor, mobil, maupun bus.

Baca: Pantai Karang Jahe

Baca: Pantai Teluk Penyu

  • Daya Tarik


Berikut ini beberapa hal menarik yang bisa diekplorasi selama berwisata di Pantai Bandengan. (4)

  • Water Sport

Salah satu daya tarik dari kawasan ini tersedianya persewaan fasilitas Watersport.

Salah satu yang paling sederhana berupa penyewaan ban.

Jadi, wisatawan yang berenang bisa menggunakan ban.

Untuk wahana yang lebih menantang, pengunjung bisa menyewa permainan banana boat.

Dengan wahana ini, adrenalin akan terpacu.

Hal paling mendebarkan adalah saat banana memecah ombak dengan kecepatan tinggi.

Bagi yang suka olahraga jetski, disinilah tempat yang paling tepat untuk menyalurkan keinginan tersebut.

Pihak pengelola menyewakan jetski dengan kondisi yang bisa dibilang sempurna. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar olahraga jetski dengan trainer-trainer yang sudah profesional.

Bandengan beach water sports.
Bandengan beach water sports. (katalogpiknik)
  • Gazebo Pantai

Di sekitar pantai juga terdapat deretan gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Jika anda tidak kebagian gazebo, beberapa orang biasanya akan menawarkan jasa penyewaan tikar dengan tarif Rp 10.000.

Gazebo dibangun menjorok ke arah laut. Gazebo ini dibuat terpisah satu sama lain sehingga saat menggunakannya tidak saling ganggu antar gazebo.

Keberadaan gazebo ini menambah keindahan panorama alam yang memang sudah indah. 

Banyak pengunjung yang tertarik berfoto mengambil beberapa pose di Gazebo tersebut. Hasil foto sangat menarik, dan cocok diposting di media sosial.

  • Festival

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Pantai Bandengan ini adalah adanya festival kebudayaan. Pada waktu tertentu diselenggarakan beberapa festival yang mengasyikkan.

Beberapa festival tersebut di antaranya adalah festival layang- layang, festival boat, dan festival motorcross.

Festival tersebut tentunya dapat dinikmati pengunjung. Kesempatan mengikuti festival akan menjadi pengalaman yang menarik untuk dikenang di Pantai ini.

Pantai Bandengan siang hari.
Pantai Bandengan siang hari. (pantainesia.com)
  • Mendayung perahu kano

Untuk dapat menikmati aktifitas ini, anda akan dikenakan biaya lain sebesar Rp. 10.000 – Rp. 20.000 selama 2 jam. Biaya tersebut tergolong cukup murah untuk aktifitas yang sangat mengasyikan ini.

  • Mengelilingi Pulau dengan ATV

Anda juga dapat mengelilingi pulau dengan menaiki ATV. Anda cukup dikenakan tariff sebesar Rp. 20.000 / 30 menit.

  • Serunya bermain Banana Boat

Siapa yang tidak mengetahui banana boat. Permainan mengasyikan sekaligus menantang adrenalin dapat anda cicipi disini cukup dengan membayar Rp. 30.000 / orang.

  • Bermain Jet Sky

Selain banana boat dan kano anda juga dapat mencicipi Jet Sky di pantai Bandengan dengan harga Rp. 120.000 untuk 15 menit permainan. Tentu harga tesebut merupakan harga yang wajar dan pas dikantong para wisatawan.

Wisata Terdekat Pantai Bandengan

Banyak wisata lain di dekat Pantai Bandengan yang sayang untuk anda lewatkan.

  • Jepara Ourland Park

Jepara Ourland Park atau JOP ini merupakan salah satu obyek wisata terbaru yang dimiliki oleh Jepara. Obyek wisata ini merupakan taman bermain air terlengkap dan terbesar yang dipunyai oleh Jepara.

Berbagai macam wahana dapat anda cicipi jika anda berkunjung kesini, seperti banana boat, jet sky, perahu tradisional, perahu mesin, panit ball, kora-kora, Flying elephant, dan kereta mini mall.

Selain itu ada juga berbagai wahana untuk anak dan dewasa lainnya seperti bianglala, bombom car, komedi putar, water jetpack, dan Flying Kate. Jadi jika anda mengunjungi jepara jangan lupa untuk mampir kesini.

  • Museum R.A Kartini

Museum ini merupakan hal wajib yang harus anda kunjungi jika anda sedang berada di kota Jepara.

Selain untuk menghargai jasa R.A Kartini atas segala jasanya yang telah memperjungkan hak dan emansipasi pada wanita kita juga dapat melihat berbagai benda peninggalan R.A Kartini tersebut.

Bukan hanya benda milik Raden Ajeng Kartini, tetapi ada pula benda peninggalan kakaknya yaitu RMP Sosrokartono dan juga benda kuno yang ditemukan di kota Jepara. 

  • Pantai Ombak Mati

Dari namanya saja sudah membuat penasaran dan bertanya-tanya tentang maksud dan artinya.

Pantai Ombak Mati ini terkenal akan air nya yang sangat jernih dan juga bersih dengan ditambah pasir yang berwarna putih kecoklatan menambah elok jika dipandang.

Hal unik yang terdapat di pantai ini adalah karena pantainya yang hamper tidak memiliki ombak, yup seperti namanya. Pantai Ombak Mati. Kondisi ini meminimalisir korban untuk terseret arus lautan

  • Fasilitas dan Retribusi


Pantai Bandengan dibuka untuk kunjungan mulai jam 06.00 sampai dengan jam 18.00.

Biaya tiket masuk yang harus dibayarkan pengunjung untuk dapat menikmati pemandangan indah pantai ini hanya sebesar Rp 5.000 pada hari biasa, Rp 7.000 pada akhir pekan dan hari libur.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Bandengan sangat beragam berikut fasilitas yang bisa anda nikmati :

  • Penginapan

Bagi anda yang ingin berlibur dan bermalam di Pantai Bandengan, di pantai ini banyak dibangun hotel dengan harga yang bervariasi. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk bermalam karena disini banyak disediakan fasilitas yang sesuai isi dompet anda.

  • Kuliner

Anda bisa menjumpai banyak tempat makan di dekat area pantai, bahkan anda bisa juga memesan makanan khas pantai ini yang letaknya terdapat di dekat area pantai.

  • Kamar Mandi & MCK

Seusai berenang anda tidak perlu kebingungan mencari tempat untuk membersihkan diri anda karena banyak tersedia kamar mandi di area pantai, biasanya dikenakan tarif 2-5 ribu rupiah untuk mandi dan bilas.

  • Mushola

Di Pantai Bandengan ini juga disediakan mushola untuk keperluan ibadah bagi anda yang beragama muslim.

  • Oleh-Oleh

Jika anda ingin membawa buah tangan untuk keluarga anda di rumah, di sekitar Pantai Bandengan, anda bisa memilih aneka buah tangan yang anda sukai dengan harga yang bervariasi sesuai budget yang anda miliki.

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Nama Pantai Bandengan
Lokasi Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.
Google Map google.com/maps/place/Pantai+Bandengan
Kategori Wisata pantai
   


Sumber :


1. budaya-indonesia.org
2. www.scribd.com
3. www.pantainesia.com
4. www.nativeindonesia.com


Penulis: Haris Chaebar
Editor: Ekarista Rahmawati Putri






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved