Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu adalah destinasi wisata pantai yang terletak di Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.


zoom-inlihat foto
pantai-teluk-penyu.jpg
Youtube.com/lyriclagu
Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu adalah destinasi wisata pantai yang terletak di Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.




  • Informasi Awal


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pantai Teluk Penyu adalah salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Teluk Penyu terletak di Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Pantai Teluk Penyu merupakan pantai yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia.

Pantai Teluk Penyu dekat dengan Pulau Nusakambangan yang merupakan salah satu lembaga pemasyarakatan terkenal di Indonesia dan situs bersejarah Benteng Pendem.

  • Sejarah


Dibalik namanya, Pantai Teluk Penyu memang memiliki sejarahnya sendiri. Menurut cerita masyarakat setempat dulunya di Pantai Teluk Penyu ini banyak terdapat penyu yang hidup dan berkembang biak.

Namun kini penyu-penyu tersebut berimigrasi ke Bali dan Lombok karena padatnya lalu lintas kapal - kapal milik Pertamina.

Kondisi Pantai Teluk Penyu yang cukup sejuk dan tidak terlalu panas menjadi alasan uatam kenapa penyu - penyu itu datang untuk bertelur.

Terlebih didukung dengan tidak adanya hewan predator yang mau memakan penyu - penyu tersebut. Karena banyaknya penyu-penyu di pinggir tepi pantai maka pantai ini disebut Pantai Teluk Penyu. (1)

Teluk Penyu memiliki kontur pantai yang landai sehingga para pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas disini seperti berjemur, bermain bola, berlain, bermain voli pantai, bahkan membuat istana pasir.

Disini juga terdapat banyak beton-beton pemecah ombak yang bisa dijadikan untuk duduk sambil menikmati angin laut, tempat lompatan untuk berenang, dan banyak juga yang menggunakan pemecah ombak ini sebagai tempat untuk memancing.

Pantai Teluk Penyu juga terkenal dengan tradisi sedekah laut-nya.

Setiap tahun, Teluk Penyu sellu dipadati wisatawan yang ingin melihat bagaimana prosesi sedekah laut tersebut.

Tradisi sedekah laut merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki dan perlindungan berupa keselamatan saat melaut.

Tradisi ini juga sebagai wujud penghormatan kepada Ratu Pantai Selatan, Nyai Roro Kidul.

Baca: Pantai Glagah

Baca: Pantai Ngrenehan

Pantai Teluk Penyu, Cilacap.
Pantai Teluk Penyu, Cilacap. (Tribun)

  • Situs Bersejarah


Di sekitaran area Pantai Teluk Penyu, ada dua tempat ikonik yakni Benteng Pendem dan Pulau Nusakambangan (lembaga pemasyarakatan).

Benteng Pendem Cilacap merupakan bangunan bersejarah peninggalan pemerintah kolonial Belanda.

Kustbatterij op de Landtong te Cilacap adalah nama lama dari Benteng Pendem Cilacap, yang maknanya dalam bahasa Indonesia adalah benteng yang terpendam.

Benteng Pendem Cilacap mulai dibangun 1861 dan selesai pada 1879 di area seluas 6,5 hektar atau dibutuhkan waktu sekitar 18 tahun.

Benteng Pendem Cilacap pernah terbengkalai selama puluhan karena tertutup tanah pesisir pantai Teluk Penyu. (2)

Pada 1986 oleh pemerintah Kabupaten Cilacap dilakukan penggalian dan pemugaran di area Benteng Pendem Cilacap dan dibuka untuk umum pada 1987. 

Sejak saat itu, Benteng Pendem Cilacap menjadi objek wisata sejarah.

Dahulu, Benteng Pendem Cilacap merupakan markas pertahanan tentara kolonial Belanda di Cilacap untuk menahan serangan musuh dari arah laut Selatan Pulau Jawa.

Pertahanan tentara kolonial Belanda di perkokoh dengan dukungan benteng-benteng yang lain di sekelilingnya seperti Benteng Cepiring, Benteng Klingker, dan Benteng Karang Bolong yang berada di Pulau Nusakambangan.

Pendirian Benteng Pendem Cilacap hampir bersamaan dengan munculnya aturan Tanam Paksa yang dicanangkan oleh gubernur pemerinah kolonial Belanda, Jenderal Johannes van den Bosch.

Pada saat itu Cilacap memang menjadi pelabuhan penting untuk mengangkut hasil perkebunan Tanam Paksa yang berasal dari Yogyakarta dan Purworejo.

Pada masa jayanya pelabuhan Cilacap pernah menjadi saingan pelabuhan Semarang karena Jawa Tengah selatan dan sebagian Jawa Barat selalu mengirimkan hasil buminya melalui Cilacap.

Dengan demikian kedudukan Benteng Pendem Cilacap bernilai strategis bagi Belanda dalam mengamankan ekspor hasil perkebunan yang telah menyumbangkan dana yang berlimpah bagi negeri Belanda.

Pelabuhan Cilacap menjadi sepi karena jalan darat di daerah pedalaman mulai dibangun baik jalan kereta api maupun untuk kendaraan bermotor lainnya.

Baca: Pantai Baron

Baca: Pantai Slili

Benteng Pendem Cilacap.
Benteng Pendem Cilacap. (majalahpajak.net)

Sehingga barang ekspor maupun impor dapat dikirim atau didistribusikan dari dan ke pedalaman Jawa Tengah melalui pelabuhan Semarang.

Namun pada 1942, kawasan Benteng Pendem Cilacap dan benteng-benteng disekelilingnya berhasil diambil alih kekuatan tentara Jepang setelah pergantian kekuasaan di Indonesia.

Selang beberapa tahun kemudian pada 1945, tentara Jepang meninggalkan Benteng Pendem Cilacap dan lain-lainnya setelah kota Nagasaki dan Hiroshima dibom oleh tentara Amerika Serikat.

Setelah itu Benteng Pendem Cilacap jatuh kembali ke tangan pemerintahan kolonial Belanda, tentara KNIL dan baru terlepas lagi pada 1950 setelah pengakuan kedaulatan Indonesia secara resmi oleh Kerajaan Belanda.

Kuasa Benteng Pendem Cilacap yang sempat mengalami vacuum of power, lalu akhirnya Benteng Pendem Cilacap menjadi tempat latihan pertempuran dan pendaratan laut oleh pasukan RPKAD (Resimen Para Komando Angkatan Darat) sejak 1952 hingga 1965.

Selain Benteng Pendem, adapulan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan.

Semula terdapat sembilan Lapas di Nusakambangan (untuk narapidana dan tahanan politik), tetapi kini yang masih beroperasi hanya tinggal empat, yaitu Lapas Batu (dibangun 1925), Lapas Besi (dibangun 1929), Lapas Kembang Kuning (tahun 1950), dan Lapas Permisan (tertua, dibangun 1908).

Lima lainnya, yaitu Nirbaya, Karang Tengah, Limus Buntu, Karang Anyar, dan Gleger, telah ditutup. Wilayah selatan pulau menghadap langsung ke Samudra Hindia dengan pantai berkarang dan berombak besar.

Wilayah utara menghadap Kota Cilacap dan dikelilingi kampung-kampung nelayan sepanjang hutan bakau, antara lain Kampung Laut dan Jojog.

Penghuni pulau hanya para narapidana dan pegawai Lapas beserta keluarganya, di bawah pengawasan Kementerian Kehakiman dan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Keluar-masuk pulau ini mensyaratkan adanya izin khusus dengan prosedur tertentu.

Anak-anak para pegawai bersekolah di SD yang tersedia di dalam pulau. Untuk meneruskan ke tingkat lanjutan (SMP, SMA, atau perguruan tinggi), mereka harus bersekolah di Cilacap atau kota lainnya di Pulau Jawa.

Pelabuhan feri utama yang ada di Nusakambangan adalah Pelabuhan Sodong, khusus untuk kepentingan transportasi keluarga dan pegawai serta narapidana.

Lembaga pemasyarakatan Nusakambangan.
Lembaga pemasyarakatan Nusakambangan. (Tribun)

  • Lokasi dan Akses


Pantai Teluk Penyu terletak di Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Akses menuju Pantai Teluk Penyu tergolong bagus dan sangat nyaman dilalui kendaraan karena dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Cilacap. (3)

Pantai Teluk Penyu berjarak 2 Km ke arah timur dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi.

Teluk ini cukup memiliki pemandangan yang indah dengan luas kira-kira 14 ha.

Area Teluk Penyu yang biasa dikunjungi oleh para pengunjung (utamanya penduduk dan wisatawan lokal) biasanya mulai dari pelabuhan perikanan Samudera dari hingga bibir pantai yang biasa disebut Areal 70 (merujuk kepada sebutan masyarakat sekitar terhadap kawasan tangki-tangki penimbunan bahan bakar dari PT Pertamina UP IV) dimana para wisatawan atau pengunjung bisa melihat langsung Pulau Nusakambangan dari bibir pantai.

Terdapat beraneka kerajinan kerang dan souvenir lainnya yang dijual di sepanjang koridor jalan masuk lokasi wisata ini.

Kawasan wisata ini ramai dikunjungi pada waktu pagi dan sore hari oleh para penduduk Kota Cilacap sedangkan pada siang hari lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal, utamanya pada masa-masa libur sekolah atau pada hari-hari besar/libur.

Di sekitar Teluk Penyu terdapat benteng yang disebut Benteng Pendem.

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Pantai Teluk Penyu di Cilacap Jawa Tengah dengan memakai kendaraan pribadi seperti : mobil atau motor pribadi.

Anda bisa meminta panduan arah ke Wisata Pantai Teluk Penyu di Cilacap Jawa Tengah di google maps yang terpasang di smartphone anda.

Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan anda.

 Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju lokasi Wisata Pantai Teluk Penyu di Cilacap Jawa Tengah tersebut.

  • Daya Tarik dan Fasilitas


Wisata Pantai Teluk Penyu di Cilacap Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya.

Penduduk lokal daerah Cilacap juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. (4)

Kota cilacap juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya, salah satunya contohnya adalah Wisata Pantai Teluk Penyu di Cilacap Jawa Tengah ini.

Pantai Teluk Penyu terletak di kecamatan Cilacap, Jawa Tengah. Jika dari pusat kabupaten Cilacap berjarak sekitar 2 km.

Akses menuju lokasi Pantai Teluk Penyu sangat mudah karena dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi.

Menurut cerita yang beredar, dahulunya pantai Teluk Penyu ini merupakan tempat hidup dan tempat berkembang biak bagi penyu-penyu.

Pantai Teluk Penyu dan pemecah ombaknya.
Pantai Teluk Penyu dan pemecah ombaknya. (ksmtour.com)

Keberadaan penyu inilah yang membuat pantai ini dinamakan Pantai Teluk Penyu.Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai Teluk Penyu, seperti bermain bola, berenang, memancing, bersantai dan lainnya.

Jika beruntung, anda bisa menyaksikan tradisi sedekah laut yang rutin dilakukan oleh nelayan sekitar pantai.

Salah satu kegiatan favorit di Pantai Teluk Penyu adalah memancing di tengah laut. Untuk bisa memancing di tengah laut, Anda akan dikenakan tarif perahu nelayan sekitar Rp 70.000 sampai dengan 100.000.

Sedangkan bagi anda yang ingin berenang, tapi takut ombaknya yang besar tidak perlu takut karena Pantai Teluk Penyu memiliki penjaga pantai yang siap untuk menolong layaknya Baywatch.

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan lembutnya pasir pantai teluk penyu sebagai media penghangat badan.

Bermain pasir di Pantai Teluk Penyu.
Bermain pasir di Pantai Teluk Penyu. (jejakpiknik.com)

Anda bisa mengubur sebagian tubuh di dalam pasir tersebut sembari menikmati hembusan angin yang sejuk.

  • Bermain air

Meskipun tidak dilarang, para pengunjung yang datang ke teluk penyu sebaiknya tidak berenang ke tengah laut.

Hal ini, dimaksudkan untuk menghindari kejadian-kejadian buruk yang bisa diakibatkan oleh gelombang ombaknya yang sangat besar.

Sebagai gantinya, anda bisa mengajak pasangan atau buah hati bermain air di sepanjang bibir pantai. Namun tetaplah berhati-hat dan menjaga jarak agar tidak terkena hempasan ombak.

  • Memancing

Aktivitas satu ini menjadi aktivitas yang lazim dilihat ketika kita berkunjung ke teluk penyu.

Di pinggir pantai atapun di jembatan yang mengarah ke tengah laut, ratusan nelayan dan wisatawan biasanya menghabiskan waktu bersama pancing-pancing mereka.

Nah jika andapun menyukai aktivitas ini, maka anda juga bisa mencobanya.

Bilapun lupa membawa pancing, para nelayan dan wisatawan lain, mungkin akan bersedia meminjamkan salah satu alat pancing mereka untuk anda.

  • Berburu sunset dan Cinderamata

Berlibur di teluk penyu belumlah lengkap tanpa menyaksikan indahnya detik-detik matahari tenggelam atau biasa disebut sunset.

Karena itu bila memungkinkan, tinggallah di sini sampai sore atau sampai selesainya momen sunset tersebut.

Selain menyaksikannya secara langsung, anda juga bisa menjadikan sunset ini sebagai objek foto atau yang lebih kekinian, momen tenggelamnya matahari tersebut, bisa anda jadikan latar belakang ketika berswafoto.

Aktivitas terakhir yang bisa dilakukan sebagai penutup kunjungan anda di pantai ini ialah berburu cinderamata khas teluk penyu. Beberapa cinderamata seperti gelang, hiasan kerang dan cinderamata lainnya bisa anda beli di beberapa penjual di sekitaran pantai.

Cinderamata ini selanjutnya bisa anda jadikan oleh-oleh ataupun hiasan rumah.

Wisata Pantai Teluk Penyu di Cilacap Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

Area Parkir kendaraan

    • Mushola
    • Kamar mandi / MCK
    • Penginapan
    • dan masih banyak lainya

(Tribunnewswiki.com/Haris)



Nama Pantai Teluk Penyu
Lokasi Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
Google Map https://www.google.com/maps/place/Pantai+Tlk.+Penyu
Kategori Wisata pantai
   








KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2020 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved