Kapolri Ancam Copot Kapolda/Kapolres yang Suka Main Proyek: Saya Bisa Copot 10-15 Kapolres

Kapolri Idham Azis menegaskan, bukan rahasia lagi banyak kapolda dan kapolres yang meminta jatah proyek ke gubernur atau bupati/wali kota setempat.


zoom-inlihat foto
kapolriidham00999.jpg
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kapolri Jenderal Idham Azis bersalaman dengan mantan Kapolri yang jadi Mendagri Tito Karnavian saat pelantikan Idham Azis menjadi Kapolri di Istana Negara, Jumat (1/11/2019). Kapolri Ancam Copot Kapolda/Kapolres yang Suka Main Proyek: Saya Bisa Copot 10-15 Kapolres.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Polisi Idham Azis mengungkapkan dirinya tidak bila harus mencopot 10 sampai 15 pejabat polisi selevel kapolda dan kapolres yang terbukti meminta dan bermain proyek dengan pemerintah daerah.

Kapolri Idham Azis menegaskan, bukan rahasia lagi banyak kapolda dan kapolres yang meminta jatah proyek ke gubernur atau bupati/wali kota setempat.

"Saya tegas kepada kasatwil-kasatwil (kepala satuan wilayah; kapolda/kapolres) saya yang bermain dengan pemda, yang bermain dengan proyek. Ini memang bukan rahasia umum, saya pernah dinas di luar wilayah," kata Idham dalam Rapat Kerja dengan Komisi III DPR RI, Rabu, (20/11/219).

Menurut Idham oknum-oknum tersebut harus ditindak.

Ia tidak akan segan untuk mencopot kapolres yang meminta atau bermain proyek dengan Pemda.

"Obatnya harus kita tindak. Saya kira kita copot 10 sampai 15 kapolres ini, tidak akan goyang organisasi ini, Pak,"kata Idham.

Baca: Kapolri Idham Aziz Copot AKBP Asep Darmawan dari Jabatan, Padahal Baru 2 Bulan Jadi Kapolres Kampar

Baca: Baru Dilantik, Jokowi Beri Waktu Satu Bulan kepada Kapolri Baru untuk Ungkap Kasus Novel Baswedan

Kapolri Jendral Pol Idham Azis di ruang konferensi pers kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019). Idham mengunjungi kantor KPK untuk bersilaturahmi sekaligus membangun sinergi Polri dengan lembaga-lembaga atau kementrian di Indonesia. TRIBUNNEWS.COM/IQBAL FIRDAUS
Kapolri Jendral Pol Idham Azis di ruang konferensi pers kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019). Idham mengunjungi kantor KPK untuk bersilaturahmi sekaligus membangun sinergi Polri dengan lembaga-lembaga atau kementrian di Indonesia. TRIBUNNEWS.COM/IQBAL FIRDAUS (TRIBUNNEWS.COM/IQBAL FIRDAUS)

Sebelumnya Anggota Komisi III dari Fraksi PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan menanyakan mengenai adanya aduan kapolres yang meminta proyek ke pemda.

"Tolong dicek apakah jalan perintah Kadiv Propam itu dan apa yang disampaikan Presiden Jokowi, kapolda, kapolres jangan menyusahkan bupati, itu memang fakta yang tak terbantahkan," kata Trimedya.

Menurut Trimedya, banyak kepala daerah terutama yang diusung PDIP mengeluhkan adanya kapolres yang meminta proyek tersebut.

Ia meminta Kapolri turun langsung ke lapangan mengecek kebenaran informasi itu.

"Sehingga bagi gubernur dan kepala daerah yang lain, bupati, wali kota ada anggaran APK, aparat penegak hukum, bahkan ada alokasi proyek sekian untuk kapolda sekian, kapolres sekian dari total ini. Nah itu bagaimana," kata Trimedia.

Copot Kapolres Kampar

Soal mencopot kapolres, bukanlah perkara sulit bagi Kapolri yang baru ini.

Ia sudah membuktikan beberapa waktu lalu saat mencopot Kapolres Kampar, Bangkinang, Riau, AKBP Asep Darmawan.

Penyebabnya bukan kapolres terbukti main proyek, melainkan pelanggaran indisipliner.  

AKBP Asep Darmawan kedapatan datang terlambat dan ngobrol saat Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz tengah memberi arahan dalam rapat resmi nasional.

Kapolres Kampar Provinsi Riau, AKBP Asep Darmawan pun ditegur terbuka.

Selang empat hari setelahnya, AKBP Asep Darmawan resmi dicopit dari jabatan yang baru didudukinya sekitar dua bulan itu.

Dilansir oleh Tribun Kaltim, Surat perintah pencopotan Asep oleh Kapolri turun dengan nomor telegram; ST 3094 IX KEP 2019, tertanggal Senin 18 November 2019.

Surat resmi itu diteken Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Mabes Polri Irjen Pol Dr Eko Indra Heri, Senin (18/11/2019) pagi.

Baca: Idham Azis

Baca: Terpilih Secara Aklamasi Jabat Kapolri, Berikut Sederet “PR” yang Menanti Komjen Idham Azis

Untuk kepentingan pemeriksaan,  dengan status terperiksa, Asep kini diparkir sementara sebagai periwira Pelayanan Masyarakat (Yanma) di Mabes Polri di Jakarta.

Pengganti sang kapolres adalah Kepala Sub Direktorat III Direktur Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Riau AKBP Muh Kholid.











KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved