Konflik Laut Cina Selatan: Kunjungan Jackie Chan ke Vietnam Batal karena Dianggap Mendukung Cina

Kunjungan bintang film seni bela diri, Jackie Chan, ke Vietnam dalam sebuah acara amal dilaporkan ditunda lantaran dianggap mendukung Cina


Konflik Laut Cina Selatan: Kunjungan Jackie Chan ke Vietnam Batal karena Dianggap Mendukung Cina
Fan World
Agenda Jackie Chan ke Vietnam dalam acara amal dilaporkan batal lantaran ia dianggap berpihak kepada Cina dalam persoalan sengketa wilayah perairan di Laut Cina Selatan 


Kunjungan bintang film seni bela diri, Jackie Chan, ke Vietnam dalam sebuah acara amal dilaporkan ditunda lantaran dianggap mendukung Cina

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Agenda kunjungan bintang film seni bela diri, Jackie Chan, ke Vietnam dalam sebuah acara amal dilaporkan ditunda lantaran banyaknya komentar marah dari pengguna media sosial berkaitan dengan konflik sengketa di Laut Cina Selatan.

Aktor kelahiran Hong Kong ini diagendakan untuk mengunjungi Hanoi, Vietnam untuk datang pada acara amal Operation Smile, sebuah kegiatan yang memberikan operasi gratis kepada anak-anak yang memiliki kerusakan di bagian wajah.

Agenda yang telah dipersiapkan ini berujung batal setelah diperkirakan ribuan pengguna media sosial Facebook marah dan membanjiri komentar di laman resmi situs amal penyelanggara kegiatan yang menyebut bahwa Jackie Chan diduga berpihak kepada Cina atas sengketa wilayah perairan Laut Cina Selatan.

Para pengguna media sosial tersebut marah usai penyelenggara menyebut kedatangan Jackie Chan minggu lalu, seperti dilaporkan AFP, (8/11/2019).

Sebelumnya Beijing telah melakukan klaim atas ekspansi wilayah teritorial di Laut Cina Selatan.

Beberapa dari komentar mengklaim bahwa ujaran Jackie Chan pernah mengandung dukungan terhadap Cina dalam hal ini yang disebut Beijing sebagai 'Sembilan Garis Putus / Nine-Dash-Line' yang merupakan klaim Beijing terhadap kawasan perairan di bagian selatan Cina.

Sengketa wilayah perairan di Laut Cina Selatan
Sengketa wilayah perairan di Laut Cina Selatan (SCMP via CSIS Asia Maritime Transparancy Initiative)

 

Jachie Chan Tak Bermaksud Dukung Wilayah Tersebut

Namun demikian, ujaran dan ekspresi Jackie Chan tidak secara eksplisit menerangkan bahwa ia mendukung wilayah tersebut.

Negara-negara seperti Vietnam, Malaysia, Filipina, Taiwan, Brunei, dan Indonesia sebelumnya berkompetisi melakukan klaim atas wilayah laut di bagian Cina selatan.

Di beberapa perbatasan laut sering terjadi ketegangan yang cukup memanas antara para penjaga batas laut.





Halaman
1234






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved