Sumur Minyak Tua Peninggalan Belanda di Gresik Lagi, Sempat Meledak dan Semburkan Lumpur

Sumur minyak tua peninggalan Belanda di Gresik, Jawa Timur tiba-tiba aktif lagi dengan menyemburkan lumpur disertai bau menyengat.


zoom-inlihat foto
sumur-minyak-tua-di-gresik-aktif-lagi.jpg
SURYA.co.id/Sugiyono
Luberan sumur minyak peninggalan Belanda di Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas terlihat lebar. Semburan lumpur bercampur minyak dan gas masih terus berlangsung. Rata-rata semburan lumpur setinggi satu meter, Sabtu (21/9/2019).


TRIBUNNEWSWIKI.COM – Sumur minyak tua yang merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda tiba-tiba aktif lagi.

Sumur minyak tua yang berada di lahan milik Nanang Zamroni, Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur itu tiba-tiba menyemburkan material campuran yang menyerupai lumpur, Kamis (19/9/2019).

Nanang mendapati materal menyerupai lumpur disertai dengan bau minyak menyengat menyembur keluar sumur sekitar pukul 08.00 WIB.

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (22/9/2019), sumur tersebut tertutup dengan batang besi milik perusahaan yang tak jauh dari lokasi, sehingga semburan lumpur tidak tinggi.

Namun meski begitu di sekitar lokasi tercium bau minyak yang diduga kuat berasal dari material campuran yang menyerupai lumpur.

"Kalau sumur ini sudah lama ada, kata orangtua sudah berpuluh-puluh tahun lalu. Sejak zaman penjajahan Belanda dulu sudah ada sumur ini," ujar Nanang, di lokasi, Kamis (19/9/2019).

"Tadi bahkan sempat terdengar suara seperti ledakan dulu, enggak tahu malah keluar semburan lumpur campur bau minyak kayak begini," terang dia.

Nanang tidak menyangka, sumur yang sudah lama ditutup olehnya tersebut kembali aktif.

"Sudah tidak aktif lagi, dan sudah lama saya tutup juga, sejak belasan tahun lalu," ucap dia.

Guna menghindari hal yang tidak diinginkan, petugas keamanan sudah memasang garis polisi di sekeliling area lokasi sumur minyak tua tersebut.

Baca: Manfaat Tak Terduga Minyak Kelapa untuk Kesehatan Gigi

Nanang Zamroni (kanan) saat memperlihatkan sumur minyak tua bekas peninggalan zaman kolonial Belanda di lahan miliknya, yang tiba-tiba menyemburkan material campuran menyerupai lumpur dan berbau minyak, Kamis (19/9/2019).
Nanang Zamroni (kanan) saat memperlihatkan sumur minyak tua bekas peninggalan zaman kolonial Belanda di lahan miliknya, yang tiba-tiba menyemburkan material campuran menyerupai lumpur dan berbau minyak, Kamis (19/9/2019). (KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH)




Halaman
1234
Penulis: Widi Pradana Riswan Hermawan
Editor: Natalia Bulan Retno Palupi






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2021 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved