Menolak Lepas Jilbab, Dua Guru di Kanada Dipecat

Dua orang guru di Montreal, Kanada, dipecat dari pekerjaan mereka setelah menolak untuk melepas jilbab mereka di tempat kerja.


Melia Istighfaroh

Menolak Lepas Jilbab, Dua Guru di Kanada Dipecat
Pixabay
Ilustrasi Islamophobia 


Dua orang guru di Montreal, Kanada, dipecat dari pekerjaan mereka setelah menolak untuk melepas jilbab mereka di tempat kerja.

TRIBUNNEWSWIKI.COM – Dua orang guru di Montreal, Kanada, dipecat dari pekerjaan mereka setelah menolak untuk melepas jilbab mereka di tempat kerja.

Instruksi itu didasarkan pada undang-undang kontroversial yang baru-baru ini disahkan oleh pemerintah setempat.

Dalam aturan tersebut, disebutkan bahwa karyawan publik dilarang untuk memakai simbol agama.

Dikutip dari Daily Sabah, Rabu (11/9/2019), aturan tersebut pertama kali diberlakukan di Provinsi Quebec, Kanada, pada Juni lalu.

Otoritas setempat melarang pegawai negeri, guru, perawat, sopir bus, pengacara, serta orang-orang yang berinteraksi dengan masyarakat luas untuk menggunakan simbol-simbol agama saat bekerja.

Aturan tersebut tidak hanya untuk umat muslim, tapi juga Sikh, Kristen, serta Yahudi.

Baca: Kisah Hayfa Adi, Imigran Australia yang Diculik ISIS, Suaminya Dihilangkan

Catherine Beauvais-St-Pierre, ketua aliansi serikat pekerja professional yang mewakili guru di tempat itu mengatakan bahwa dua guru Muslim yang dipecat itu diminta oleh dewan sekolah untuk melepas jilbab mereka atau memilih untuk dipecat.

“Kami mendengar tentang beberapa guru kami yang bekerja dalam kondisi tegang, ditanya pertanyaan yang sangat pribadi tentang iman mereka,” kata Beauvais-St-Pierre seperti dilaporkan Daily Sabah.

“Hukum telah membuka pintu bagi pertanyaan dan perilaku semacam ini,” lanjutnya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan di Quebec, Jean-François Roberge mengatakan bahwa pelarangan mengenakan jilbab oleh dewan sekolah itu bukanlah hal yang mengejutkan.





Halaman
12
Penulis: Widi Pradana Riswan Hermawan
Editor: Melia Istighfaroh






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved