17 AGUSTUS - Hari Ini 74 Tahun Lalu, Tanggal 15 Agustus 1945: Pemuda Mendesak & Mengancam Soekarno

Hari Ini 74 Tahun Lalu, pada tanggal 15 Agustus 1945 para pemuda dan mahasiswa mendesak Soekarno-Hatta untuk segera menyelenggarakan proklamasi


Melia Istighfaroh

17 AGUSTUS - Hari Ini 74 Tahun Lalu, Tanggal 15 Agustus 1945: Pemuda Mendesak & Mengancam Soekarno
(Wikimedia)
Pada tanggal 15 Agustus 1945, para pemuda dari berbagai golongan mendesak Soekarno dan Hatta untuk segera melaksanakan proklamasi 


Hari Ini 74 Tahun Lalu, pada tanggal 15 Agustus 1945 para pemuda dan mahasiswa mendesak Soekarno-Hatta untuk segera menyelenggarakan proklamasi

TRIBUNNEWSWIKI.COM -  Berita mengenai kekalahan Jepang dan penyerahan kekuasaannya kepada Sekutu telah beredar luas di berbagai radio di Indonesia, khususnya di Jakarta, pada tanggal 15 Agustus 1945 setelah sempat muncul pada sehari sebelumnya (14 Agustus 1945).

Walaupun pemerintahan Jepang di Indonesia menyita berbagai radio, namun ada beberapa radio yang sempat diamankan oleh para pemuda untuk memantau berita-berita perang pasifik di kancah internasional.

Pada tanggal 15 Agustus 1945, Soekarno, Hatta, Soebardjo serta tokoh-tokoh yang semula tidak percaya mengenai berita kekalahan Jepang kali ini mendengarkan sendiri berita tersebut melalui siaran radio.

Di tempat terpisah, para pemuda dan mahasiswa pada tanggal 15 Agustus 1945 juga melakukan pertemuan guna membahas persoalan langkah-langkah yang dipersiapkan untuk merespon berita kekalahan Jepang dari Sekutu.

  • Soekarno, Hatta dan Subardjo: Kunjungan ke Rumah Laksamana Tadeshi Maeda

Sejak diberitahu kabar terkait berita kekalahan Jepang  dari Sutan Syahrir pada sehari sebelumnya, pada tanggal 15 Agustus 1945, Soekarno, Hatta, Subardjo serta tokoh - tokoh lainnya di Indonesia kali ini mengetahuinya sendiri.

Untuk membuktikan kebenaran tersebut, Soekarno kemudian berusaha untuk mengunjungi  Gunseikanbu atau Kepala Staf Departemen Urusan Umum.

Bersama dengan Mohammad Hatta dan Subardjo, Soekarno mengunjungi kantor Gunseikanbu di Jawa yang beralamat di Gedung Battafsche Petroleum Maatschappij (sekarang Gedung Pertamina Pusat, Jl. Perwira).

Sesampainya di tempat, ternyata Gunseikan tidak ada di tempat.

Mereka bertiga kemudian pergi kantor Laksamana Tadeshi Maeda.

Saat bertemu dengan Maeda, Soekarno memberitahu perihal berita kekalahan Jepang.





Halaman
1234
Editor: Melia Istighfaroh






KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2019 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved