Dari Sukoharjo untuk Korban Gempa Cianjur: 'Superhero' Beri Trauma Healing kepada Anak-Anak

Sekelompok relawan superhero asal Sukoharjo, Jawa Tengah, menggelar kegiatan trauma healing untuk anak-anak korban gempa di Cianjur, Jawa Barat.


zoom-inlihat foto
Superhero-trauma-healing-di-cianjur.jpg
Istimewa
Sekelompok relawan bernama Superhero Mendongeng asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), menggelar kegiatan trauma healing kepada anak-anak yang terdampak gempa di Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenung, Kabupaten Cianjur, Selasa, 24 Januari 2023.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bencana gempa berkekuatan magnitudo 5,6 yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar), pada Senin, 21 November 2022, menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan semua orang yang ditinggalkan.

Akibat bencana tersebut, setidaknya 600 orang meninggal dunia, ribuan orang mengalami luka-luka, dan ribuan bangunan rumah rusak terkena guncangan gempa yang terjadi pada siang hari itu.

Pascakejadian, ribuan orang yang kehilangan rumahnya pun terpaksa harus mengungsi di posko pengungsian yang sudah sudah disediakan oleh relawan setempat.

Bantuan demi bantuan pun juga terus mengalir dari seluruh pelosok di tanah air sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban bencana alam ini.

Salah satunya, bantuan datang dari sekelompok relawan bernama Superhero Mendongeng asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), pasca dua bulan bencana, tepatnya pada Selasa, 24 Januari 2023.

Baca: Komunitas Musik dan Mahasiswa di Sukoharjo Galang Dana Kemanusiaan untuk Korban Gempa Cianjur

Sambil membawa banyak mainan khusus anak-anak dan bantuan uang donasi, relawan yang berjumlah 17 orang itu mengunjungi langsung tenda pengungsian yang ada di Kampung Cipicung RT 01 RW 02, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenung, Kabupaten Cianjur.

Sorakan bahagia dari anak-anak mewarnai kedatangan para relawan berkostum superhero yang turun dari bus Elf yang mereka tumpangi dari Sukoharjo untuk menuju posko pengungsian.

Setibanya di sana, superhero yang terdiri dari Gatotkaca, Spider-Man, Batman, hingga Superman itu langsung melakukan aksinya dengan menghibur anak-anak yang sudah menunggu kedatangan mereka.

Mereka menggelar kegiatan trauma healing sebagai bentuk pemulihan emosi korban dari ketakutan masa lalu. Bernyanyi, mendongeng, dan berbagi mainan, mereka lalukan demi kebahagiaan anak-anak itu.

Sekelompok relawan bernama Superhero Mendongeng asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), membagikan mainan untuk anak-anak yang terdampak gempa di Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenung, Kabupaten Cianjur, Selasa, 24 Januari 2023.
Sekelompok relawan bernama Superhero Mendongeng asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), membagikan mainan untuk anak-anak yang terdampak gempa di Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenung, Kabupaten Cianjur, Selasa, 24 Januari 2023. (Istimewa)

Koordinator aksi Agus Widanarko alias Danar, pegiat sosial sekaligus penyuluh antinarkoba asal Sukoharjo, ini mengatakan timnya juga menyerahkan bantuan berupa uang donasi, snack, dan buku dongeng hasil dari penggalangan dana selama satu bulan di Sukoharjo.

Baca: Superhero Asal Sukoharjo Hibur dan Salurkan Bantuan ke Anak-anak Pengungsi Gunung Semeru

Danar berujar bahwa ia dan timnya telah merencanakan kedatangannya ke Cianjur pasca dua bulan bencana gempa itu, sehingga dalam waktu tersebut bisa melakukan penggalangan dana terlebih dahulu.

"Aksi ini bertajuk superhero team trauma healing mengunjnugi tempat pengungsian anak-anak korban gempa Cianjur. Dan ternyata, ketika kita datang terjadi juga gempa berkekuatan magnitudo 4,5. Ternyata anak-anak kecil ini masih trauma setiap ada gempa susulan," kata Danar kepada TribunnewsWiki, Selasa, 24 Januari 2023.

"Kita bawakan lima karung mainan anak-anak, ada remote control juga. Terus kasih lagu-lagu, kita mendongeng kisah Si Kancil dan Malin Kundang, pokoknya menghibur mereka agar bahagia dan mereka sedikit melupakan trauma terhadap gempa," imbuhnya.

Aksi semacam ini cukup sering Danar lakukan. Ia dan timnya pernah melakukan aksi serupa saat adanya bencana erupsi Gunung Merapi pada 2020 dan Gunung Semeru pada 2021.

"Kita juga memberikan santunan uang hasil dari penggalangan donatur, mainan anak, makanan ringan, obat-obatan dan masih banyak lagi," ujarnya.

Dikatakan Danar, rombongannya berangkat dari Sukoharjo menuju Cianjur dengan menggunakan bus ELF.

"Kita berangkat menggunakan ELF travel sumbangan dipinjami dari ELF mania Sukoharjo," pungkasnya.

(tribunnewswiki.com/Rakli Almughni)

Baca lebih lengkap seputar berita terkait lainnya di sini







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved