Tak Kenakan Sabuk Pengaman, PM Inggris Rishi Sunak Didenda Polisi

Denda itu dijatuhkan setelah video Sunak tidak menggunakan sabuk beredar di media sosial.


zoom-inlihat foto
Inggris-Rishi-Sunak.jpg
JESSICA TAYLOR / UK PARLIAMENT / AFP
Rishi Sunak, saat masih menjadi Menteri Keuangan Inggris, menghadiri sidang Majelis Rendah Inggris, (26/5/2022).


TRIBUNNESWIKI.COM - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak didenda oleh polisi lantaran tidak mengenakan sabuk pengaman saat berkendara dengan mobil.

Denda itu dijatuhkan setelah video Sunak tidak menggunakan sabuk beredar di media sosial. Dalam foto itu Sunak terlihat berada di kursi belakang.

Video itu awalnya diunggah sendiri oleh Sunak. Namun, para pengguna media sosial kemudian sadar bahwa Sunak tidak mengenakan sabuk. Video tersebut kemudian dibagikan secara luas.

Sunak meminta maaf atas kelalaiannya itu. Polisi setempat mengatakan telah menyelidiki video itu. Kemudian, polisi menyebut ada pelanggaran yang dilakukan Sunak.

Ini adalah kedua kalinya polisi menganggap Sunak melakukan pelanggaran. Sebelumnya, Sunak dianggap melanggar aturan lockdown Covid-19 tahun lalu.

Baca: Rishi Sunak

Sunak menjadi perdana menteri kedua setelah Boris Johnson yang melakukan pelanggaran seperti itu.

Pelanggaran itu dianggap menjadi gangguan bagi Sunak yang berasal dari Partai Konservatif. Menurut jajak pendapat, partai itu kini tertinggal di belakang Partai Buruh. Pemilu di Inggris akan digelar paling lambat bulan Januari 2025.

Baca: PM Inggris Rishi Sunak: Kaya, Keturunan India, & Kemenangan yang Tertunda

"Perdana Menteri sepenuh mengakui bahwa ini sebuah kesalahan dan telah meminta maaf. Dia pastinya akan patuh sesuai dengan hukumannya," kata juru bicara kantor Perdana Menteri Inggris dalam pernyataannya, dikutip dari Reuters.

Sementara itu, dalam pernyataannya, polisi di Lancashire mengatakan ada seorang pria berusia 41 tahun dari London yang ditilang.

Di Inggris seseorang bisa didenda hingga 500 pound atau sekitar Rp9,3 juta jika tidak mengenakan sabuk pengaman, kecuali dalam situasi darurat.

Penilangan terhadap Sunak dikomentari oleh Cat Smith, seorang anggota majelis rendah dari Partai Buruh,

"Terima kasih, polisi Lancashire, atas semua yang kalian lakukan dalam kampanye keselamatan di jalan sepanjang tahun. Juga, mengingatkan kita bahwa tidak ada orang yang kebal hukum," kata Cat Smith melalui Twitter.

Baca: Pemilihan PM Inggris: Johnson Mundur, Sunak di Ambang Kemenangan

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Rishi Sunak di sini.

 

 







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved