Jet Tempur Su-34 Rusia Menabrak Apartemen di Rusia, 13 Tewas

Jet tempur Su-34 milik Rusia menabrak sebuah gedung apartemen di Rusia.


zoom-inlihat foto
jet-tempur-Su-34.jpg
HANDOUT / TELEGRAM / PROC_23 / AFP
Foto yang diunggah oleh Kantor Kejaksaan Wilayah Krasnodar di Rusia memperlihatkan bangunan apartemen di Kota Yesk, Rusia, terbakar setelah sebuah jet tempur Su-34 menabrak apartemen itu, (17/10/2022).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Sebuah jet tempur Su-34 Rusia jatuh dan menabrak gedung apartemen di Kota Yeysk, Rusia, dan menyebabkan kebakaran, (17/10/2022).

Video yang beredar di media sosial memperlihatkan adanya bola api besar yang muncul dari gedung berlantai sembilan itu.

Kantor berita Interfax mengatakan setidaknya ada 13 orang yang tewas dalam peristiwa itu. Tiga di antaranya masih anak-anak.

"Tim penyelemat telah selesai menggali puing-puing. Total ada 13 orang yang tewas, termasuk 3 anak, sedangkan 19 orang lainnya mengalami luka," demikian pernyataan dari Kementerian Situasi Darurat Rusia, dikutip dari Al Jazeera.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, awak jet tersebut berhasil melontarkan diri sebelum pesawat terjatuh.

"Ketika terbang naik untuk melakukan latihan penerbangan dari landasan militer di distrik militer selatan, sebuah jet Su-34 jatuh," kata kementerian itu dalam pernyataannya.

Baca: Viral Video Jet Tempur Rusia Jatuh & Meledak setelah Mendarat

Dilaporkan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh adanya kebakaran pada salah satu mesin saat jet lepas landas.

"Bisa jadi ada ledakan. Segalanya yang ada di dalam terbakar. Ada asap," kata Oksana, seorang warga, kepada AFP.

"Saya sangat kaget. Anak saya sedirian di rumah. Tiap hari kami telah terbiasa tidur dalam ketakutan, Mariupol tepat di seberang kami," kata dia. Kota Yeysk memang berada di dekat perbatasan Rusia-Ukraina dan menjadi lokasi landasan udara besar milik Rusia.

Baca: 8 Jet Tempur Rusia di Pangkalan Udara Krimea Dikabarkan Hancur, Moskwa Bantah

Interfax mengatakan kebakaran terjadi di lima lantai di gedung itu. Lantai atas telah runtuh, sedangkan jumlah kamar yang rusak mencapai 45. Dilaporkan api menyebar hingga area 2.000 meter persegi.

Pejabat setempat mengatakan apartemen itu biasanya dihuni sekitar 600 orang.

Baca: Tahu Ada Komponen Made in China, AS Tunda Pengiriman Jet Tempur F-35

Kremlin mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin telah diberi tahu tentang kecelakaan itu. Dia meminta dinas darurat dan Kementerian Kesehatan untuk menyambangi lokasi kecelakaan.

Beberapa jam setelah jet itu jatuh, Gubernur Veniamin Kondratyev mengatakan dinas darurat berhasil menjinakkan api. "Informasi tentang korban tewas dan luka sedang diklarifikasi. Kru ambulans sedang berada di tempat kejadian," kata Kondratyev.

Komite Penyelidikan Rusia kemudian mengumumkan digelarnya penyelidikan tentang kecelakaan itu. "Penyelidik militer sedang menyelidikai situasi dan penyebab kecelakaan itu," kata komite tersebut.

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Rusia di sini







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2023 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved