Partainya Menang, Giorgia Meloni Akan Jadi PM Perempuan Pertama di Italia

Meloni diperkirakan bakal menjadi perdana menteri perempuan pertama di Italia dan memimpin pemerintahan sayap kanan.


zoom-inlihat foto
Giorgia-Meloni-pemimpin.jpg
ANDREAS SOLARO / AFP
Giorgia Meloni, pemimpin Partai Persaudaraan Italia, saat menyatakan kemenangan partainya dalam pemilu legislatif Italia, (26/9/2022).


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemimpin Partai Persaudaraan Italia, Giorgia Meloni, telah mengklaim partainya telah menang pada pemilu Italia.

Meloni diperkirakan bakal menjadi perdana menteri perempuan pertama di Italia. Dia akan memimpin pemerintahan sayap kanan.

"Ini adalah kemenangan yang ingin saya dedikasikan kepada setiap orang yang sudah tidak lagi bersama kita dan menginginkan malam [kemenangan] ini," kata Meloni dikutip dari CNN International.

"Mulai besok kita akan menunjukkan pentingnya kita. Rakyat Italia memilih kita, dan kita tidak akan mengkhianatinya."

Hasil hitung cepat menunjukkan Partai Persaudaraan Italia memenangkan pemilu dengan raupan suara setidaknya 44 persen.

Jumlah suara yang sudah resmi dihitung mencapai 63%. Partai Meloni memenangkan setidaknya 26% suara. Sementara itu, Partai Liga meraup sekitar 9%, sedangkan Partai Forza Italia mendapatkan 8%.

Baca: Pernah Sebut Putin Pemimpin Nomor Satu, Mantan PM Italia Berlusconi Kini Kecewa dengan Putin

Giorgia Meloni 2
Giorgia Meloni, pemimpin Partai Persaudaraan Italia, merayakan kemenangan partainya pada pemilu Italia, (26/9/2022).

Hasil penghitungan diperkirakan diumumkan hari ini. Namun, pembentukan pemerintahan baru kemungkinan butuh waktu berminggu-minggu.

Partai Persaudaraan Italia makin populer dalam beberapa tahun terakhir. Padahal, pada pemilu terakhir, yakni tahun 2018, partai itu hanya mendapat 4,5% suara.

Popularitas itu menunjukkan bahwa rakyat Italia sering menolak politik arus utama. Beberapa waktu belakangan muncul penolakan terhadap partai besar seperti Gerakan Bintang Lima, dan Partai Liga yang dipimpin Matteo Salvini.

Partai Liga menjadi sekutu Partai Persaudaraan Italia.

"Sayap tengah-kanan jelas menang di DPR dan Senat. Ini akan menjadi malam yang panjang, tetapi sekarang saya ingin mengucapkan TERIMA KASIH," kata Salvini melalui Twitter.

Meloni yang kini berusia 45 tahun menggunakan slogan "Tuhan, negara, dan keluarga" dalam kampanyenya. Parta yang dipimpinnya mengkritik Uni Eropa, mendukung kebijakan antiimigrasi, dan ingin membatasi LGBTQ serta hak aborsi.

Sementara itu, koalisi tengah-kiri yang dipimpin oleh Partai Demokrasi dan +Europe setidaknya meraih 26% suara. Adapun Partai Gerakan Bintang Lima hanya mendapat 15% suara.

Partai Demokrasi sudah mengakui kekalahannya pada Senin dini hari. Partai itu menyebut hasil pemilu kali ini sebagai "malam yang menyedihkan bagi Italia".

(Tribunnewswiki)

Baca berita lain tentang Italia di sini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved