Telah Rilis, Berikut Jadwal serta Tata Cara Mendaftar PPPK Guru 2022

Cara daftar seleksi calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Guru 2022 oleh Kemendikbudristek, begini tahapannya.


zoom-inlihat foto
Tangkapan-layudgoidhttpsgurupppkkemdikbudgoid.jpg
https://gurupppk.kemdikbud.go.id/
Tangkapan layar halaman utama situs https://gurupppk.kemdikbud.go.id/. Cara daftar seleksi calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Guru 2022 oleh Kemendikbudristek, begini tahapannya.


TRIBUNNEWSWIKI.COM - Cara daftar seleksi calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Guru 2022 telah dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Adapun tata cara mendaftar PPPK Guru 2022 tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kepmendikbudristek) Nomor 349/P/2022.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek Anang Ristanto, petunjuk teknis itu bisa dilihat di laman Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kemendikbudristek.

"Petunjuk teknis pelaksanaan seleksi calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja untuk jabatan guru pada instansi daerah tahun 2022 dapat dilihat pada laman jdih.kemdikbud.go.id/detail_peraturan?main=3196," jelasnya, Jumat (23/9/2022), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Sebagai informasi, pendaftaran PPPK Guru 2022 ini dibuka untuk 319.716 orang.

Berikut adalah cara daftar beserta jadwal PPPK Guru 2022.

Cara Daftar PPPK Guru 2022

Inilah tata cara pendaftaran PPPK guru melalui laman resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), yakni https://sscasn.bkn.go.id bagi pelamar dengan kategori prioritas dan umum melakukan pendaftaran: 

1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses seleksi calon PPPK Guru.

2. Pelamar yang telah memiliki akun dapat melakukan pengkinian (update) akun pada portal nasional.

3. Bagi pelamar yang belum memiliki akun, wajib membuat akun secara daring terlebih dahulu menggunakan NIK yang terintegrasi dengan data dukcapil pada portal nasional.

4. Pelamar mengunggah (upload) KTP dan swafoto ketika membuat akun.

5. Pelamar yang telah memiliki akun melakukan pendaftaran sesuai dengan tahapan pada portal nasional.

6. Pelamar melakukan pemilihan kebutuhan PPPK guru 2022 yang dibuka lowongannya pada portal nasional.

7. Pemilihan kebutuhan PPPK guru bagi pelamar prioritas dengan ketentuan sebagai berikut:

- Pelamar prioritas wajib mendaftar pada sekolah tempat bertugas sepanjang tersedia kebutuhan yang sesuai dengan sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi akademik yang dimiliki.

- Dalam hal tidak tersedia kebutuhan yang sesuai dengan sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi akademik yang dimiliki pada sekolah tempat bertugas, pelamar prioritas dapat mendaftar ke sekolah lain yang masih tersedia kebutuhannya.

8. Pelamar memilih jabatan pada portal nasional sesuai dengan kualifikasi pendidikan/akademik dan/atau sertifikat pendidik berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 4757/B/GT.01.01/2022.

9. Pelamar mengisi data pada portal nasional.

10. Pelamar mengunggah dokumen persyaratan pendaftaran meliputi:







KOMENTAR

ARTIKEL TERKINI

Artikel POPULER

© 2022 tribunnnewswiki.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved